Berita

Super Meriah, Pengumuman Juara Teratai Cup Diwarnai Keceriaan dan Sukacita

23 Juli 2024
Rangkaian perlombaan Teratai Cup 2024 akhirnya sudah menemukan juaranya. Tak hanya juara, Teratai Cup ternyata telah menumbuhkan bakat-bakat luar biasa dari Anak Teratai.

Dengan Welas Asih Melindungi Bumi

Dengan Welas Asih Melindungi Bumi

02 Juli 2009 Pembangunan depo daur ulang ini diselesaikan dalam waktu sekitar 3 bulan. Berkat semangat gotong royong yang tinggi dari para donatur dan insan Tzu Chi , maka berdirilah “Pusat Daur Ulang Sumber Daya Alam Tzu Chi” yang berlokasi di halaman belakang Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Perwakilan Medan Jl. Cemara Boulevard Blok G1 No. 1-3.
Rifki Masih Butuh Bimbingan

Rifki Masih Butuh Bimbingan

02 Juli 2009 Sambil menggosokkan sabun di punggung Rifki, Nasturoh berkata, “Diem ntar juga baekan.” Nasturoh mengiranya hanya sebuah benjolan biasa. Tetapi lama-kelamaan postur tubuh Rifki terlihat makin tidak normal, badannya terlihat miring, melengkung ke kiri. Salah satu tetangganya berpendapat kepada Nasturoh mungkin Rifki pernah terjatuh dan menyarankan kepada Nasturoh agar Rifki dibawa ke ahli tulang untuk diurut.
Wujud Nyata Kepedulian

Wujud Nyata Kepedulian

01 Juli 2009 Demi kelancaran kegiatan baksos yang diadakan oleh Tzu Chi Medan, 5 relawan Tzu Chi pada tiga hari sebelumnya telah menuju lokasi dan mempersiapkan baksos. Para relawan yang telah memiliki banyak pengalaman dalam baksos ini menghias lapangan golf tersebut dengan indah. Tanggal 30 Mei, 25 relawan Tzu Chi telah tiba lebih dulu untuk membantu persiapan.
Bersyukur dan Bersumbangsih

Bersyukur dan Bersumbangsih

01 Juli 2009 “Kegiatan bakti sosial berupa pengobatan massal ini merupakan bentuk kepedulian TNI dengan Yayasan Buddha Tzu Chi sehingga menimbulkan rasa kebersamaan dan kepedulian. Melalui pengobatan massal ini diharapkan mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat kita dan mampu menanggulangi berbagai penyakit yang diderita oleh masyarakat terutama keluarga kurang mampu,”.
Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

30 Juni 2009 Ketika pertama kali Tzu Chi mengadakan baksos kesehatan, hampir 90% para santri mendaftar karena mengeluh terkena berbagai penyakit. Tapi perlahan-lahan, jumlah ini semakin menurun setiap tahunnya. Kini, dalam baksos kesehatan yang pertama di tahun 2009, jumlah santri yang mendaftar hanya 1.100 orang.
Griya Pelestarian Lingkungan Pluit

Griya Pelestarian Lingkungan Pluit

30 Juni 2009 Timbunan botol plastik, kertas koran, maupun barang pecah belah yang terdapat di sebuah ruko besar berpapan nama ”Depo Pelestarian Lingkungan Pluit” adalah timbunan emas yang sangat bernilai. Bahkan, di tempat ini pula insan Tzu Chi belajar untuk menanam kebajikan dalam kehidupannya.
Kisah Ahmad Husein (Bagian 2)

Kisah Ahmad Husein (Bagian 2)

29 Juni 2009 “Berapa hari ini?” tanya Tunjung kepada Subaidi. “Baru satu malam, Pak. Memang waktu itu saya masuk ke sini tuh hari Sabtu, Minggunya tutup,” jawab Subaidi. “Di Pati itu gimana?” Tunjung kembali bertanya. “Tidak bisa, Pak. Di sana mengajukan untuk diamputasi,” jelas Subaidi lirih. “Kemari itu atas dasar kamu sendiri apa dari dokter? “Ya saya minta surat izinnya dari dokter untuk pindah kemari, Pak. Cuma saya ditanya mau dipindah ke Semarang apa ke Solo. Saya minta di Solo biar ditangani oleh dr Tunjung,” terang Subaidi.
Pagi yang Mengukir Cerita Indah

Pagi yang Mengukir Cerita Indah

29 Juni 2009 Selintas, hari ini, 8 Juni 2009, masih saja menyerupai terangnya hari kemarin, namun sedikit kecupan sinar matahari mampu membawa tuturan dan belaian cinta kasih universal membahana ke Panti Wreda Karitas Cimahi. Tepat pukul 08.00 pagi, 17 relawan Tzu Chi Bandung melaju ke panti yang dihuni 35 oma dan 9 opa itu.
Tangan Kita yang Menyelamatkan

Tangan Kita yang Menyelamatkan

26 Juni 2009 Meskipun sudah sering menjadi buah bibir di beberapa seminar, dan menghiasi sampul muka (headline) beberapa media massa di Indonesia, pada kenyataanya pengetahuan akan dampak buruk sampah dan pengolahannya masih belum dapat tersosialisasikan dengan baik.
Kampus Terbaik bagi Calon Guru Agama

Kampus Terbaik bagi Calon Guru Agama

26 Juni 2009 Setahun lalu, relawan Tzu Chi melakukan survei terhadap sejumlah Sekolah Tinggi Agama Buddha di Indonesia, terutama di sekitar Jakarta. “Waktu itu kita melihat di (STABN) Sriwijaya kondisinya masih memprihatinkan, di mana tempat belajar, tempat tidur, tempat cuci, tempat masak, juga tempat beribadah masih jadi satu,” kenang relawan Tzu Chi, Hong Tjhin.
Kebajikan Menggerakkan Hati

Kebajikan Menggerakkan Hati

26 Juni 2009 Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Tzu Chi kepada sesama manusia dan pelestarian alam. Saya berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi atas diselenggarakannya screening TBC ini, dan berharap agar dapat dilakukan kembali untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan tidaklah cukup hanya diselenggarakan sekali saja. Penyakit TBC tersebut kadang–kadang tidak disadari oleh penderita dan bila dibiarkan, maka dapat berkembang.
Area Kantin Aula Jing Si Mulai Berdiri

Area Kantin Aula Jing Si Mulai Berdiri

25 Juni 2009 Lima minggu setelah peletakan batu pertama pada tanggal 10 Mei 2009 lalu, pembangunan Aula Jing Si terus berlanjut. Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Sugianto Kusuma dan relawan Tzu Chi Eka Tjandra Widjaja memimpin rapat mingguan yang dihadiri beberapa relawan Tzu Chi dan seluruh kontraktor.
Kisah Ahmad Husein (Bagian 1)

Kisah Ahmad Husein (Bagian 1)

25 Juni 2009 Di usia yang masih belasan tahun, Subaidi telah menikah dengan Siti Rohmah yang saat itu juga masih berusia belasan tahun. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai dua putra dan satu putri. Ahmad Husein adalah anak ketiga (bungsu). Sebelum membuka warung sate di muka Pasar Ngablak, Subaidi yang asli dari Madura ini pernah lama tinggal di Pasar Rumput, Manggarai Jakarta Selatan.
Membangun Masyarakat Sehat Bersama Tzu Chi

Membangun Masyarakat Sehat Bersama Tzu Chi

24 Juni 2009 Siang itu, laju kereta api yang melintas di jalur rel jl. Laswi, Bandung terdengar begitu pekat. Sesekali, ketika sebuah kereta lewat, sisi-sisi tenda yang tengah digunakan sebagai penutup batas antara jalur kereta api dengan tempat bakti sosial (baksos) pengobatan terlihat berkibar-kibar terkena hantaman angin akibat laju angkutan transportasi itu.
“Simpan Sampah Pada Tempatnya”

“Simpan Sampah Pada Tempatnya”

23 Juni 2009 Joko Heru dari Yayasan KIRAI mengatakan, jika kita menjalankan program pemanfaatan sampah rumah tangga, ini berarti minimal kita sudah membantu program pemerintah dalam hal penanggulangan sampah yang saat ini sangat mengkhawatirkan. “Tujuannya mengurangi sampah di lingkungan sekitar kita, mengurangi sampah di rumah kita,” ujar Joko.
Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -