Berita

Program Bakti Sosial 5 KM di Jayapura: Bahagianya Ham Masita Bisa Melihat Kembali

18 Juli 2024
Ham Masita (90) menjadi salah satu peserta operasi katarak yang dilakukan relawan Xie Li Papua. Ini bagian dari Program Bakti Sosial 5 KM, untuk membebaskan masyarakat dari katarak, hernia, dan bibir sumbing dalam radius 5 kilometer operasional Sinar Mas.

Relawan Pelayanan dan Konsumsi: Pelayanan yang Tulus

Relawan Pelayanan dan Konsumsi: Pelayanan yang Tulus

14 Juli 2015
Kegiatan kerelawanan pada hari itu juga bertujuan membina para relawan baru untuk semakin giat bersumbangsih terutama dalam bidang pelayanan. Misalnya yang dilakukan oleh Hu Ai Kelapa Gading yang mana pada hari itu menghadirkan grup-grup kecil relawan baru binaan. Melalui kegiatan ini, mereka dapat belajar dan menyelami makna tugas sebagai relawan pelayanan.
Pembekalan Budaya Humanis untuk Para Guru

Pembekalan Budaya Humanis untuk Para Guru

10 Juli 2015

Menjadi seorang tenaga pengajar atau guru bukan hanya memberikan pendidikan formal semata tetapi juga bisa membentuk budi pekerti murid-murid  dengan baik. Selain itu, seoarang guru harus mengetahui masalah pada murid dan menghargai kekurangan dan kelebihan para muridnya.

Pendidikan Tzu Chi, Pendidikan Cinta Kasih

Pendidikan Tzu Chi, Pendidikan Cinta Kasih

10 Juli 2015 Di hari kedua pelatihan pendidikan guru humanis di Aula Jing Si, Pantai Indah kapuk, Jakarta Utara yang dilaksanakan pada Minggu, 5 Juli 2015, peserta tidak hanya berasal dari kalangan para guru tetapi juga dari relawan pendamping di misi pendidikan Tzu Chi atau biasa dikenal dengan sebutan Daai Mama atau Daai Papa
Paket Cinta Kasih Menyambut Hari yang Fitri

Paket Cinta Kasih Menyambut Hari yang Fitri

10 Juli 2015 Beberapa di antaranya tengah menjalani ibadah puasa namun tetap bersemangat bersumbangsih. Salah satunya Suryana. Pria yang tergugah setelah mendapat bantuan itu kini ikut menambah barisan relawan Tzu Chi. Baginya, bersumbangsih dalam bazar kali ini tidak menghalanginya menjalani ibadah puasa.
Belajar Cara Recycle

Belajar Cara Recycle

09 Juli 2015

Salah satu sekolah yang peduli akan Bumi ini adalah Sekolah SMPK 6 Penabur Muara Karang yang mengirim 9 Guru dan total 167 murid kelas 8 melaksanakan program sekolah yang bertajuk Go Green dan 3R (reuse, reduce, recycle) yang memang sudah diprogramkan setiap tahun, dengan melakukan kunjungan ke Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi wilayah Cengkareng pada Rabu, 20 Mei 2015 pukul 08.00 WIB.

Kasih Ibu Tiada Batasnya

Kasih Ibu Tiada Batasnya

08 Juli 2015

Minggu pagi, 24 Mei 2015 terdengar alunan lagu “Lukisan Anak Kambing Berlutut”.  Pagi yang spesial karena sebanyak 95 relawan berkumpul di Aula lantai 2 SMK Sekolah Cinta Kasih Cengkareng, Jakarta Barat. Mereka berkumpul pada acara Kunjungan Kasih Pasien Kasus (KKPK) yang bertema  “Hari Ibu”.

Berbakti Kepada Orang Tua, Sekaranglah Saatnya

Berbakti Kepada Orang Tua, Sekaranglah Saatnya

08 Juli 2015

KKPK dengan tema "Hari Ibu”  rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dengan harapan baik para relawan maupun para Gan En Hu (penerima bantuan) memiliki kesempatan menunjukkan baktinya pada orang tua khususnya kepada Ibu.

Bersih-Bersih Rumah Kedua

Bersih-Bersih Rumah Kedua

08 Juli 2015
“Saya membayangkan kamar-kamar yang sudah kita bersihkan ini tentunya akan nyaman ditinggali oleh para relawan yang menginap di sini. Dengan membayangkan hal ini saja, hati saya terasa sangat bahagia,” ujar wanita yang akrab disapa Ahun itu.
Mencari Kembali Cinta Kasih

Mencari Kembali Cinta Kasih

07 Juli 2015 Pada tanggal 6 Juli 2015 bertempat di Aula Jing Si diadakan Pelatihan Pendidikan Guru Humanis dengan bertemakan “Mencari kembali cinta kasih” yang diikuti oleh 182 guru-guru Sekolah Tzu Chi guna meluruskan pemahaman yang keliru dan mewujudkan cinta kasih antara guru dengan murid.
Menjadi Guru Humanis

Menjadi Guru Humanis

06 Juli 2015

Selama dua hari, yaitu 4 – 5 Juli 2015 mereka berkumpul untuk mengikuti “Pelatihan Pendidikan Guru Humanis” bersama enam guru dari Taiwan mengenai bagaimana mendidik murid dengan cinta kasih. Sebanyak 118 peserta dari Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng dan sekolah-sekolah yang tergabung dalam BKPBI (Badan Koordinasi Pendidikan Buddhis Indonesia), seperti Sekolah Triratna, Ehipassiko School, Sekolah Buddhis Silaparamita, dan Sekolah Maha Bodhi Vidya hadir dalam pelatihan ini.

Kebersamaan dalam Buka Puasa Bersama TIMA, RSKB, dan Tenaga Pendidik

Kebersamaan dalam Buka Puasa Bersama TIMA, RSKB, dan Tenaga Pendidik

06 Juli 2015
“Terima kasih kepada anggota TIMA, RSKB, dan tenaga pendidik. Tak terasa sudah satu tahun berlalu sejak kita melakukan buka puasa bersama dan sangat bersyukur kita dapat melewati satau tahun dengan damai. Mudah-mudahan kita bisa melakukan hal serupa di tahun yang akan datang,” ujar Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi, Liu Su Mei.
Bedah Buku: Memahami Mazhab Tzu Chi

Bedah Buku: Memahami Mazhab Tzu Chi

06 Juli 2015
Saat seseorang melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh orang lain, melakukan  hal ini adalah salah satu pelatihan diri,” ujar Like.
Tetesan Kepedulian di Bulan Ramadhan

Tetesan Kepedulian di Bulan Ramadhan

01 Juli 2015 Menjelang minggu-minggu terakhir Bulan Ramadhan, DAAI TV Indonesia mengundang staf DAAI TV dan Yayasan Buddha Tzu Chi serta masyarakat umum untuk mendonorkan darah dalam kegiatan donor darah bertemakan “Berbagi untuk Sesama di Bulan Ramadhan”. 
Manfaatkan Kali Ciliwung dengan Baik

Manfaatkan Kali Ciliwung dengan Baik

30 Juni 2015

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan donasi tempat sampah ke masing-masing KODIM sebanyak 600 buah, KODIM 0505 Jakarta Timur, KODIM 0504 Jakarta Selatan, KODIM 0502 Jakarta Utara, KODIM 0503 Jakarta Barat dan KODIM 0501 Jakarta Pusat untuk menunjang kebersihan sungai Ciliwung. 

Memberikan Edukasi Sejak Usia Dini

Memberikan Edukasi Sejak Usia Dini

29 Juni 2015 Di antara 29 orang peserta yang hadir, nampak juga tangan-tangan mungil indah yang cekatan turut melakukan pemilahan barang daur ulang. Sesekali terlihat senyum polos di wajah Feden, seorang balita yang  turut  bergiat dalam kegiatan tersebut.
Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -