Berita

Program Bakti Sosial 5 KM di Jayapura: Bahagianya Ham Masita Bisa Melihat Kembali

18 Juli 2024
Ham Masita (90) menjadi salah satu peserta operasi katarak yang dilakukan relawan Xie Li Papua. Ini bagian dari Program Bakti Sosial 5 KM, untuk membebaskan masyarakat dari katarak, hernia, dan bibir sumbing dalam radius 5 kilometer operasional Sinar Mas.

Jalan Tanpa Penyesalan

Jalan Tanpa Penyesalan

03 Juli 2012 Sulit untuk terlahir sebagai manusia, dan sulit untuk bertemu dengan guru yang bijaksana. Dapat bergabung menjadi relawan komite Tzu Chi adalah jalinan jodoh istimewa yang telah terjalin di kehidupan ini.
Suara Kasih : Membangun Ladang Berkah

Suara Kasih : Membangun Ladang Berkah

03 Juli 2012 Kita harus memiliki kesatuan hati yang murni bagai kristal. Kita harus menjaga pikiran kita dengan baik agar tidak tercemar oleh kotoran batin, menciptakan karma buruk, atau menjalin jodoh buruk. Kita harus memahami hukum sebab akibat dengan sangat jelas agar tidak menjalani hidup tanpa arah.
Suara Kasih: Memanfaatkan Teknologi

Suara Kasih: Memanfaatkan Teknologi

02 Juli 2012 Kita harus melangkah maju dengan berani. Kita harus lebih berinisiatif untuk menjadi guru yang tidak diundang. Jika ada orang yang mengkritik tindakan kita, kita harus berterima kasih, berintrospeksi diri, dan bertobat. Jika kita terus berintrospeksi dan bertobat, batin kita akan menjadi bersih dan murni.
Mempraktikkan Dharma Dalam Tindakan

Mempraktikkan Dharma Dalam Tindakan

29 Juni 2012 Pada tanggal 14 hingga 20 Juni 2012, insan Tzu Chi dari 23 Negara berkumpul di Taiwan untuk mengikuti Pelatihan Pengurus 4 in 1 Tzu Chi Sedunia. Sungguh pengalaman yang luar biasa dan tidak hanya bisa sekedar diungkapkan dengan kata-kata, hinga dalam hati saya pun berkata, “Master, saya telah pulang ke Hualien”.
Suara Kasih: Empat Pikiran Tanpa Batas

Suara Kasih: Empat Pikiran Tanpa Batas

29 Juni 2012
Kalian telah memiliki semangat untuk mewariskan ajaran Jing Si. Ajaran Jing Si adalah giat mempraktikkan jalan kebenaran. Dalam melatih diri, setiap orang harus meneguhkan pikiran, tidak takut akan kesulitan, dan harus tahu cara mengatasi berbagai kesulitandi dalam kehidupan.
Kelas Kerajinan Tangan

Kelas Kerajinan Tangan

28 Juni 2012 Setiap hari Sabtu pukul 14.00-16.00 WIB, relawan He Qi Selatan mengadakan kelas kerajinan tangan gratis dan terbuka untuk umum. Pada kelas tersebut, peserta yang hadir diajarkan merajut dan membuat hiasan souvenir dari manik-manik yang dibimbing oleh relawan Tzu Chi sendiri.
Menghangatkan Batin Warga

Menghangatkan Batin Warga

28 Juni 2012 “Bagi saya yang lalu ya sudah biar berlalu, toh sedih juga rumah nggak akan kembali seperti awal. Paling sekarang pelan-pelan nyicil untuk membangun rumah kembali,” jelas Tati, salah satu warga yang menjadi korban kebakaran dan menerima paket bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi ini dengan berlapang dada.
Menanam Benih Menyayangi Bumi

Menanam Benih Menyayangi Bumi

28 Juni 2012 Meski para duta sanitasi ini bukan pertama kali mendengar tentang konsep pemanasan global dan pelestarian lingkungan, mereka mengaku mendapat banyak pengetahuan baru melalui presentasi dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.
Suara Kasih: Memulihkan Bumi yang  Rusak

Suara Kasih: Memulihkan Bumi yang Rusak

28 Juni 2012 Manusia sungguh telah menciptakan banyak karma buruk. Karma kolektif semua makhluk mengakibatkan empat unsur alam menjadi tidak selaras. Lihatlah hujan terus turun bagaikan ada lubang di langit. Di wilayah pegunungan, tanah longsor yang terus terjadi bagaikan gunung yang sedang menangis. Bumi pertiwi tengah mengerang kesakitan.
Suara Kasih: Berbagi Melalui Celengan Beras

Suara Kasih: Berbagi Melalui Celengan Beras

27 Juni 2012 Salah seorang dari mereka berkata bahwa dia bisa makan lebih sedikit saat makan. Dia berkata pada istrinya, “Keluarga kita terdiri atas 4 orang, setiap kali akan memasak, kita bisa menyisihkan segenggam beras.” Setelah beras dimasukkan ke dalam panci, dia akan mengambil satu genggam dari panci dan menaruhnya kembali di sebuah guci plastik.
Rantai Jodoh yang Tidak Pernah Terputus

Rantai Jodoh yang Tidak Pernah Terputus

27 Juni 2012 Pada tanggal 10 Juni 2012, Bella dan yang lainnya serta relawan pemerhati dari Tzu Chi Sinar Mas mengantarkan bantuan kursi roda tersebut ke kediamannya Sopan di di Cirebon. “Berkesempatan mengenal dan mengunjungi keluarga Pak Sopandi merupakan pengalaman berharga,” ujar Viny Shijie dalam kunjungan kasih tersebut.
Hidup yang Bahagia

Hidup yang Bahagia

27 Juni 2012 Kebahagian yang sesungguhnya berasal dari batin kita sendiri, kebahagiaan akan muncul ketika batin kita merasa puas dan bersyukur, manfaatkanlah hidup kita untuk melakukan kebajikan terhadap sesama, latihlah batin kita untuk mencapai kebahagiaan.
Menggalang Hati di Setiap Waktu

Menggalang Hati di Setiap Waktu

26 Juni 2012
“Harapan kami akhirnya terkabul. Saya dah cari kesana-kemari di Serang untuk cari pengobatan gratis, eh nggak tahunya malah dapatnya di Jakarta,” kata Wawan, kakek dari pasien Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-85 dengan penuh rasa haru.
Dari “SMART” Menjadi “SLIM”

Dari “SMART” Menjadi “SLIM”

26 Juni 2012 Kamis, 21 Juni 2012, Bedah Buku He Qi Utara mengundang Martha Khosyahri, seorang relawan Tzu Ching Indonesia untuk menceritakan tentang bagaimana jalinan jodoh yang terbentuk antara dirinya dan Tzu Chi.
Suara Kasih: Meneladani Bodhisatwa

Suara Kasih: Meneladani Bodhisatwa

26 Juni 2012 Dengan memiliki hati yang tanpa pamrih, kita tidak akan memikirkan hasil yang kita dapatkan setelah menolong orang lain. Akan tetapi, saya harus mengingatkan kalian semua bahwa kalian harus yakin dan senantiasa bersumbangsih dengan tulus.
Semua manusia berkeinginan untuk "memiliki", padahal "memiliki" adalah sumber dari kerisauan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -