Berita

Program Bakti Sosial 5 KM di Jayapura: Bahagianya Ham Masita Bisa Melihat Kembali

18 Juli 2024
Ham Masita (90) salah satu peserta operasi katarak yang dilakukan relawan Xie Li Papua. Ini bagian dari Program Bakti Sosial 5 KM, untuk membebaskan masyarakat dari katarak, hernia, dan bibir sumbing.

Hati Buddha, Tekad Guru

Hati Buddha, Tekad Guru

14 November 2011
Master Cheng Yen sendiri mau meningkatkan welas asih maka kita harus memberi ketenangan dan ikut menghilangkan penderitaan di masyarakat. Bila sudah bisa memberi tanpa pamrih dan mewujudkan keharmonisan barulah manusia bisa bersatu.
Melatih Raga dan Mengasah Kebijaksanaan

Melatih Raga dan Mengasah Kebijaksanaan

14 November 2011 Jika kita hanya mempraktikkan bentuk, tetapi tidak mengembangkan tenaga berarti kita hanya mengembangkan unsur Yang dengan mengabaikan Yin. Ketenangan, akal, dan ketrampilan diwakili oleh Yin dan gerakan, tubuh,  penerapan diwakili oleh Yang.
Suara Kasih: Bersatu Hati Hadapi Bencana

Suara Kasih: Bersatu Hati Hadapi Bencana

14 November 2011 Sangatlah sulit untuk menyalurkan bantuan di tengah genangan air. Bencana telah berlangsung dalam waktu yang lama. Bukan hanya beberapa hari saja, melainkan sudah lebih dari 3 bulan. Kita juga dapat melihat demi menjaga kelancaran komunikasi, tukang pos terus berusaha melakukan tugasnya.
Sang Pejuang

Sang Pejuang

11 November 2011
Melihat kondisi Ervan yang demikian, hal ini membuat Vera merasa tersentuh. Lalu ia meminta bantuan Shixiong Pujo, suaminya untuk mengajukan Ervan sebagai anak asuh penerima beasiswa Tzu Chi.
Berderma dalam Keterbatasan (Bag.2)

Berderma dalam Keterbatasan (Bag.2)

11 November 2011 Dari kebiasaan ini, kemudian muncul keinginan A Fuk untuk mendirikan restoran vegetarian. Hebatnya, semua persiapan tempat hingga renovasi ruko di bilangan Taman Palem Cengkareng, Jakarta Barat ini dilakukan oleh A Fuk sendiri.
Berderma dalam Keterbatasan (Bag.1)

Berderma dalam Keterbatasan (Bag.1)

11 November 2011 Bersama sang istri ia mencari Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di Gedung ITC Mangga Dua Lt. 6 Jakarta. Dari semula hanya berniat menjadi donatur, pasangan suami-istri yang menikah di tahun 2005 ini pun kemudian tak menampik ketika diajak untuk menjadi relawan oleh salah seorang staf di Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.
Suara Kasih: Mempertahankan Niat  Baik

Suara Kasih: Mempertahankan Niat Baik

11 November 2011 Jika kita melakukan perbuatan baik dan bermakna, maka hal ini dapat diwariskan sepanjang masa. Begitu juga dengan hati Buddha. Selama lebih dari 2.000 tahun, orang masih terus mewariskan Dharma yang dibabarkan oleh-Nya.
Mengajak Orang Banyak untuk Berbuat Baik

Mengajak Orang Banyak untuk Berbuat Baik

11 November 2011 Suparman juga menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat umum untuk bisa ikut terjun di kegiatan Tzu Chi dan mengetahui lebih jelas mengenai “5R” (Reduce, Reuse, Recycle, Repair, Re-Think), sehingga mereka bisa lebih hemat dan lebih sadar lingkungan.
“Wah, Hujan Beras Nih!”

“Wah, Hujan Beras Nih!”

10 November 2011 Tidak ada yang menyangka bahwa sebagian relawan dengan postur tubuh yang kecil mampu mengangkat 20 kg beras sampai ke pintu gerbang. Ternyata resepnya adalah semangat dan kebahagiaan saat melihat senyum serta ucapan terima kasih para penerima bantuan.
Suara Kasih: Bekerja Sama dan Bersatu Hati

Suara Kasih: Bekerja Sama dan Bersatu Hati

10 November 2011 Meski hidup dalam kondisi minim, namum setiap hari mereka berbuat baik dan membangkitkan sebersit niat baik. Mereka turut menyisihkan uang di celengan bambu dengan penuh rasa syukur. Mereka melakukannya dengan penuh sukacita.
Belajar dan Berlatih Dharma

Belajar dan Berlatih Dharma

10 November 2011 Tapi di dunia Tzu Chi mereka dapat belajar mengembangkan kebajikan dengan berdana kepada masyarakat serta melenyapkan kesombongan mereka. Maka tidak sulit bagi orang kaya untuk belajar jalan kebenaran.
Jing Si Talk: Mengembangkan Kebijaksanaan

Jing Si Talk: Mengembangkan Kebijaksanaan

09 November 2011 Dengan melihat, mendengarkan dengan hati dan turut merasakan penderitaan orang lain dan makhluk lainnya seperti hewan, dan merasakan penderitaan mereka sebagai penderitaan kita sendiri, maka akan menimbulkan jiwa welas asih dan timbul rasa bersyukur dalam diri kita.
Meningkatkan Spirit  Tim Medis Tzu Chi

Meningkatkan Spirit Tim Medis Tzu Chi

09 November 2011 Berawal dari pemikiran inilah misi kesehatan Tzu Chi dijalankan dengan membantu pengobatan orang-orang yang kurang mampu melalui baksos kesehatan secara massal maupun memberi bantuan khusus kepada pasien kurang mampu.
Suara Kasih: Melakukan Daur Ulang

Suara Kasih: Melakukan Daur Ulang

09 November 2011 Saya sungguh bersyukur dan tersentuh melihat relawan kita di Sichuan yang begitu penuh semangat. Sudah 3 tahun lebih insan Tzu Chi memberi perhatian kepada korban gempa di Sichuan, dan selama jangka waktu itu, telah banyak orang yang ikut menjadi relawan.
Ikhlas Memberi, Ikhlas Menerima

Ikhlas Memberi, Ikhlas Menerima

08 November 2011 Pagi itu Sabtu 5 November 2011, ratusan warga yang akan menerima pembagian beras sudah berbaris menunggu antrian beras cinta kasih di Kantor Desa Kalijaya, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Sebanyak 79 ton beras akan dibagikan kepada 3.950 keluarga di tiga dusun.
Umur kita akan terus berkurang, sedangkan jiwa kebijaksanaan kita justru akan terus bertambah seiring perjalanan waktu.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -