Berita

Program Bakti Sosial 5 KM di Jayapura: Bahagianya Ham Masita Bisa Melihat Kembali

18 Juli 2024
Ham Masita (90) salah satu peserta operasi katarak yang dilakukan relawan Xie Li Papua. Ini bagian dari Program Bakti Sosial 5 KM, untuk membebaskan masyarakat dari katarak, hernia, dan bibir sumbing.

Terus Berjalan dan Berkembang

Terus Berjalan dan Berkembang

31 Oktober 2011
Tujuan lain dari gathering ini adalah sebagai jembatan di antara sesama relawan untuk berbagi pengalaman dan mencoba mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh relawan 3 in 1.
Berbekal Tekad dan Niat

Berbekal Tekad dan Niat

31 Oktober 2011 Minggu, tanggal 30 Oktober 2011, pukul 08.00 WIB, suasana tenang dan khidmat memenuhi ruangan Aula Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang berada di Gedung ITC Mangga Dua, Jakarta. Suasana ini dapat terbangun karena kesungguhan hati dari sekitar 29 orang calon relawan komite dari 4 He Qi (Utara, Barat, Timur, dan Selatan) yang datang mengikuti pelatihan calon komite.
Membangkitkan Hati Buddha

Membangkitkan Hati Buddha

31 Oktober 2011 Buddha mengajarkan kita untuk memancarkan metta (kasih sayang dan cinta kasih) kepada semua makhluk tanpa kecuali. Terhadap manusia, janganlah membedakan suku, bangsa, ras, dan agama. Terhadap hewan, janganlah membedakan jenisnya.
Suara Kasih: Mempertahankan Niat Baik

Suara Kasih: Mempertahankan Niat Baik

31 Oktober 2011 Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus selalu menghimpun niat baik. Selain di keluarga dan komunitas, kita juga harus membangkitkan cinta kasih setiap orang di masyarakat. Kita harus menghargai tetes demi tetes cinta kasih setiap orang bagai menghargai air.
Menggapai Cita–cita

Menggapai Cita–cita

28 Oktober 2011 Yuniarti selain aktif di sekolah ternyata juga sangat aktif dalam mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Tzu Chi. Beberapa kali gathering anak asuh penerima beasiswa Tzu Chi diikutinya.
Suara Kasih: Kegigihan Staf Empat Misi

Suara Kasih: Kegigihan Staf Empat Misi

28 Oktober 2011 Para Staf empat misi mengikuti pelatihan dengan giat dan bersemangat. Mereka bekerja sama dengan harmonis untuk mendalami semangat dan filosofi Tzu Chi. Setiap orang sangat giat, bersemangat, dan saling berinteraksi dengan cinta kasih. Saya sungguh bersyukur dan tersentuh melihatnya.
Suara Kasih: Pemahaman Benar dan Salah

Suara Kasih: Pemahaman Benar dan Salah

27 Oktober 2011 Karena itu, selain memberi dukungan, kini para warga di komunitasnya juga berpartisipasi dalam daur ulang. Demikian pula dengan keluarganya. Inilah cara kita menginspirasi lebih banyak orang. Di dunia ini, tiada hal yang tak bisa dilakukan.
“Yuk, Bersih-bersih”

“Yuk, Bersih-bersih”

26 Oktober 2011 Semoga dengan kerja bakti ini, para relawan, dokter, perawat dan seluruh staf RSKB Cinta Kasih Tzu Chi dapat selalu He Xin (Bersatu Hati), He Qi (Ramah Tamah), Hu Ai (Saling Menyayangi), dan Xie Li (Gotong Royong) dalam melayani pasien sehingga pasien dapat merasakan rasa cinta kasih dan rasa kekeluargaan dalam rumah sakit yang kita cintai ini.
Kesabaran, Kunci Pelatihan Diri

Kesabaran, Kunci Pelatihan Diri

26 Oktober 2011
Demikian penggalan salah satu paragraf yang ada di dalam buku “20 Kesulitan dalam Kehidupan” mengenai kesulitan kedelapan, yaitu “Sulit Untuk Tidak Marah Ketika Dihina”.
Tercapainya Sebuah Niat

Tercapainya Sebuah Niat

26 Oktober 2011
Dokter Damayanti, seorang dokter  umum yang bertugas di RS Royal Progress turut pula menyumbangkan darahnya. Telah dua kali dr. Damayanti berniat untuk menyumbangkan darahnya dalam kegiataan donor darah yang diselenggarakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi di rumah sakit tempatnya bekerja.
Suara Kasih: Langkah Bodhisatwa

Suara Kasih: Langkah Bodhisatwa

26 Oktober 2011 Setelah melihat laporan berita, insan Tzu Chi segera mencari tahu kondisi di 8 wilayah tersebut. Karena musim dingin akan segera datang, kita pun mengimbau orang-orang untuk mendonasikan pakaian. Seluruh insan Tzu Chi di Taiwan segera dimobilisasi.
Belajar untuk Hidup Sehat

Belajar untuk Hidup Sehat

25 Oktober 2011 Baksos kesehatan ini dinilai sangat tepat sasaran karena warga sekitar pesantren banyak yang tidak mampu untuk menyembuhkan penyakitnya dikarenakan terkendala faktor biaya.
Suatu Jalan untuk Ditempuh

Suatu Jalan untuk Ditempuh

25 Oktober 2011 Dalam bentuk perumpamaan, Buddha bagaikan dokter mendiagnosa penyakit dan tahu pasti jenis penyakit. Dharma bagaikan obat penawar sakit yang diberikan seorang dokter ahli untuk membebaskan diri dari penyakit.
Suara Kasih: Menolong dan Melindungi Bumi

Suara Kasih: Menolong dan Melindungi Bumi

25 Oktober 2011 Sungguh, para relawan harus bekerja keras pada saat itu. Ini semua telah tercatat dalam sejarah Tzu Chi. Sungguh tak tega melihat kondisi pascabencana. Kita juga dapat melihat bahwa banjir di Thailand masih belum surut dan hujan juga masih turun.
Saatnya Menjadi Bodhisatwa Dunia

Saatnya Menjadi Bodhisatwa Dunia

24 Oktober 2011 Dalam kegiatan ini, para relawan yang akan dilantik diberikan materi dan pemahaman lebih mendalam mengenai visi dan misi Tzu Chi dengan tujuan agar para relawan lebih berani untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar lagi dan dapat dengan tulus membantu sesama dan dunia.
Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -