Berita

Buah Manis dari Keuletan dan Ketekunan Belajar

22 Juli 2024
Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Cikarang mengunjungi Marcellinus Gideon Yieskieln (18), salah satu anak asuh Tzu Chi yang masuk universitas negeri di Karawang, Jawa Barat.

Saatnya Menjadi Dewasa (Bag. 2)

Saatnya Menjadi Dewasa (Bag. 2)

30 September 2011 Setelah mandi para murid dan relawan kembali ke aula untuk mendengarkan ceramah Dharma dari Biksuni Guna Sasana. Pembabaran Dharma yang diberikan oleh biksuni membuat beberapa relawan dan murid terinspirasi untuk terus melakukan meditasi jika pulang nanti.
Saatnya Menjadi Dewasa (Bag. 1)

Saatnya Menjadi Dewasa (Bag. 1)

30 September 2011 Salah satu contohnya adalah tindak kekerasan antar teman sekolah maupun antar kelompok di masyarakat semakin sering terjadi akhir-akhir ini. Hal ini secara tidak langsung dikarenakan minimnya pemahaman etika, tata krama, dan norma-norma masyarakat yang diajarkan pada zaman dulu mulai hilang secara perlahan.
Suara Kasih: Menjernihkan Hati Demi Bumi

Suara Kasih: Menjernihkan Hati Demi Bumi

30 September 2011 Sungguh penderitaan tak terkira. Kondisi di Libya sungguh memprihatinkan. Ini telah berlangsung 6 bulan lebih. Warga setempat hidup penuh penderitaan. Setiap hari mereka hidup dalam kekhawatiran dan ketakutan. Penderitaan ini jauh lebih besar daripada derita akibat bencana alam.
Suara Kasih: Menyebarkan Cinta Kasih

Suara Kasih: Menyebarkan Cinta Kasih

29 September 2011 Saya sangat berterima kasih kepada mereka. Karena berasal dari negara yang berbeda, tentu saja ada hambatan dalam berkomunikasi. Meskipun mereka bisa melihat semua yang berlangsung di ruang kelas, namun tanpa terjemahan mungkin akan sulit bagi mereka untuk memahami apa yang dibicarakan di depan.
Semangat dan Tanggung Jawab Murid Jing Si

Semangat dan Tanggung Jawab Murid Jing Si

28 September 2011 Banyak sekali cerita dari Thomas Shixiong yang membuat kita bertepuk tangan untuknya, karena berawal dari tekad yang tertunda, hingga ia yakin untuk masuk ke barisan Tzu Chi dan pada akhirnya ia berjodoh pulang ke kampung halaman batin untuk bertemu dengan guru yang dirindukanya.
Suara Kasih: Sumbangsih Bodhisatwa Dunia

Suara Kasih: Sumbangsih Bodhisatwa Dunia

28 September 2011 Inilah pelatihan diri, inilah welas asih Bodhisatwa. Saat terjadi bencana, kita hendaknya membangkitkan hati welas asih kita dengan mempraktikkan sifat luhur Bodhisatwa agar dapat mengasihi dan membantu sesama.
Suara Kasih: Mengenang Perjalanan RS Tzu Chi

Suara Kasih: Mengenang Perjalanan RS Tzu Chi

27 September 2011 Ada seorang perawat yang telah bersumbangsih selama 25 tahun lamanya. Saat datang bekerja, ia telah berusia lebih dari 60 tahun dan kini usianya hampir mendekati 90 tahun. Namun, ia masih enerjik dan bersemangat dalam melayani pasien.
Menjalin Jodoh Baik

Menjalin Jodoh Baik

27 September 2011
Dalam kesempatan sosialisasi relawan baru, para relawan pun menampilkan segala aktivitas yang dilakukan oleh para relawan Tzu Chi yang menyangkut 4 misi dan 8 Jejak langkah. Salah satunya kegiatan misi amal yang dilakukan pada bulan Agustus 2011.
Atmosfer Cinta Kasih

Atmosfer Cinta Kasih

26 September 2011 Setiap karung beras cinta kasih diberikan secara langsung dari tangan relawan kepada warga. Para relawan juga begitu sigap dan siap untuk membantu para warga yang kesulitan untuk mengangkat karung beras cinta kasih.
Suara Kasih: Konflik Menimbulkan Penderitaan

Suara Kasih: Konflik Menimbulkan Penderitaan

26 September 2011 Kita dapat melihat negara ini mengalami bencana akibat kondisi iklim yang ekstrem. Seringkali menjelang musim dingin, kita dapat melihat tanaman pangan yang siap dipanen rusak total akibat perubahan cuaca. Negara ini juga dilanda banjir dan badai topan.
Suara Kasih: Hidup Sederhana

Suara Kasih: Hidup Sederhana

24 September 2011
Lenyapkanlah  ketamakan, kebencian, dan kebodohan serta hilangkanlah kesombongan. Kita harus mensyukuri dan menghargai berkah. Jika orang lain harus kenyang 100 persen, kita cukup kenyang 80 persen saja. Sisanya 20 persen dapat kita berikan pada orang-orang yang membutuhkan. Inilah yang sering saya imbau belakangan ini.
Jing Si Talk: Empat Cara Melepas

Jing Si Talk: Empat Cara Melepas

23 September 2011
Di awal acara, Livia Shijiemengajak 29 peserta yang hadir untuk menyanyikan lagu “Da Chan Hui” (Pertobatan Besar). Sesuai dengan pesan Master Cheng Yen, tahun ini merupakan tahun pertobatan, setiap orang hendaknya menyadari kesalahan, memperbaiki kesalahan, dan mendalami pertobatan dengan mengikis setiap noda batin.
Suara Kasih: Menyelamatkan Nyawa

Suara Kasih: Menyelamatkan Nyawa

23 September 2011
Di negara mana pun, asalkan ada relawan dan tenaga medis Tzu Chi, maka orang yang menderita pasti akan ditolong. Semua ini berkat adanya para tenaga medis yang memiliki cinta kasih dan tekad yang luhur.
Jing Si Talk: Semangat Pertobatan

Jing Si Talk: Semangat Pertobatan

22 September 2011
Sungguh membahagiakan dapat hadir di acara Jing Si Talk ini yang berisikan sharing dari relawan dengan tema, “Pulang kampung halaman batin”, yang diilhami dari sharing yang sama di acara bedah buku beberapa hari sebelumnya.
Kebijaksanaan dalam Sebuah Buku

Kebijaksanaan dalam Sebuah Buku

22 September 2011 Lulu Shigu menyampaikan secara umum 20 poin kesulitan kepada peserta bedah buku yang hadir agar dalam bedah buku selanjutnya bisa  para peserta dapat sama-sama membahas masing-masing kesulitan lebih mendalam.
Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -