“Saya Bangga Mereka Punya Cita-cita” (Bag. 2)

Jurnalis : Ivana, Fotografer : Ivana
 
 

fotoMaster Cheng Yen adalah guru bagi para guru Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Melalui kata perenungan, beliau memberi pedoman hidup dan pendidikan Tzu Chi.

Memasuki Lingkungan Itu
“Kami tidak hanya mendidik anak, tapi juga mendidik orang tua,” ia menerangkan. Bagaimanapun, waktu yang dilewatkan anak bersama orang tuanya lebih banyak dibandingkan dengan guru. Tapi ini baru berlaku kalau orang tua ada di rumah dan peduli pada anaknya. Dengan alasan untuk memudahkan para guru yang mengajar di sekolah, Tzu Chi mengalokasikan sejumlah rumah susun untuk ditinggali para guru yang menginginkannya. Ternyata, ini justru memberi kesempatan pada guru untuk terus memantau murid-murid hingga di luar jam sekolah, membuat mereka menambal sebagian peran orang tua yang kurang atau tak peduli, hingga muncul sebutan “guru 24 jam”.

Zainah menimbang dalam-dalam sewaktu memutuskan apakah akan ikut tinggal di Perumahan Cinta Kasih atau tidak. Ia seorang ibu, yang pasti mengkhawatirkan pergaulan anak-anaknya jika masuk ke lingkungan warga eks bantaran kali yang masih membawa kebiasaan lama mereka. Hanya saja bila pindah ke rumah susun, maka ia dapat menukar berjam-jam waktu perjalanannya menjadi lebih banyak waktu bersama anak-anaknya. Ketika masuk ke rumah susun, ia sangat membatasi anak-anaknya bergaul keluar supaya tidak ikut-ikutan bahasa percakapan tetangganya yang kasar terhadap anak mereka sendiri, yang lalu diikuti oleh anak-anak pada sebayanya. Di saat yang sama Zainah mulai membaurkan diri dengan beberapa tetangga yang juga adalah orang tua murid-muridnya. Dari sana ia jadi lebih memahami alasan sikap dan keputusan mereka.

Ia menemukan banyak keputusasaan di sana yang kemudian berkembang jadi ketidakpedulian. Kendala utama keputusasaan ini tumbuh dari rasa tidak berdaya karena terbatasnya keterampilan yang dialami para orang tua. Sejumlah ibu ataupun bapak yang baru usia 30-an, ternyata buta huruf. Karena tergerak rasa prihatin, Zainah ikut mengusulkan Pusat Kelompok Belajar Masyarakat (PKBM) di Sekolah Cinta Kasih, agar di pagi hari anak-anak sekolah, dan sore hari gantian para orang tua belajar menulis membaca berhitung dan keterampilan lainnya. Meski hanya berlangsung beberapa tahun, beberapa orang tua menjadi lebih berpendidikan dibanding sebelumnya.

Keterbatasan ekonomi adalah kendala kedua. SD dan SMP Cinta Kasih memasang biaya uang sekolah yang sangat rendah supaya terjangkau para orang tua yang rata-rata buruh atau pedagang kecil. Tapi, “Anak-anak setelah SMP tidak berpikir untuk melanjutkan lagi karena mereka melihat orang tuanya tidak mampu membiayai. Dalam benak mereka, setelah lulus SMP terus cari kerja seadanya lalu supaya dapat uang. Tapi pekerjaannya ya setingkat itu saja, tidak mungkin lebih baik dari orang tua mereka,” kata Zainah. Para guru berperan ikut memperjuangkan, agar Sekolah Cinta Kasih dengan biaya sangat murah ini, menambah tingkatan dengan SMK. Setidaknya dengan bekal ijazah itu, pekerjaan yang didapat anak-anak setelah lulus sedikit lebih menjanjikan. Dan Zainah mendapati perubahan sikap yang menakjubkan dari para orang tua ketika anak-anak mereka mendapat kesempatan melanjutkan hingga SMK. Mulai ada binar-binar harapan akan masa depan anak-anaknya. “Saya selalu coba menjelaskan pada orang tua bahwa anak adalah investasi keluarga yang paling bernilai. Jauh lebih besar nilainya daripada tanah atau emas. Maka kita harus membekali pendidikan pada anak-anak kita,” paparnya.

foto  foto

Ket : - Setelah pindah tinggal dalam kompleks Perumahan Cinta Kasih, Zainah semakin menyatu dengan             kehidupan murid-muridnya. (kiri)
          - Dalam mengajar, Zainah mulai memahami bahwa "Pengetahuan itu penting, tapi yang lebih penting             adalah pendidikan budi pekerti." (kanan)

Masa Depan untuk Mereka
Seperti garam yang diaduk dalam air, melarut tanpa sisa namun memberi rasa, Zainah semakin menyatu dengan murid-muridnya dan masalah mereka. Banyak kasus yang muncul bergantian dari anak yang satu ke anak yang lain. Cara pergaulan yang melebihi kewajaran usia salah satunya. Bila kasus seorang anak selesai diatasi, tak lama kasus yang sama muncul pada anak yang lain. Yang lain adalah kebiasaan anak-anak mengambil barang bukan milik mereka. Cukup frustasi harus berperang melawan lingkungan dan kebiasaan menahun yang sudah tertanam dalam perilaku anak-anak itu. Beberapa kali timbul kasus yang sangat fatal yang terpaksa membuat sekolah harus mengeluarkan seorang murid. Dan pernah ada yang membuat muridnya harus berurusan dengan pihak berwajib dalam usia yang baru belasan tahun. Sampai di titik ini, Zainah tak mampu menahan air matanya. “Saya membayangkan bagaimana kalau saya sendiri yang menjadi dia. Anak-anak ini juga tidak pernah menginginkan kehidupan yang seperti ini,” katanya terisak.

Berbagai keadaan tidak biasa yang muncul di sekolah seperti gelombang demi gelombang ombak yang menghempas pantai. Maka Zainah mengacungkan jempol pada rata-rata guru Sekolah Cinta Kasih yang menurutnya “tak hanya sekadar profesi”. Zainah yang saat ini menjabat Kepala Sekolah SD Cinta Kasih berpendapat, “Di sini seorang guru perlu menggunakan hatinya dan bersedia mengabdi.” Namun Zainah mengakui bahwa ia sendiri juga banyak belajar selama menjadi pengajar di sekolah tersebut. Setiap pagi satu sesi singkat pembacaan kata perenungan, membekali para guru sebelum masuk ke kelas. Bergantian guru-guru memilih Kata Perenungan Master Cheng Yen yang mereka sukai dan menjelaskan maknanya. Kata-kata “Pengetahuan sangat penting, tapi yang lebih penting adalah pendidikan budi pekerti” dibuktikan sendiri oleh Zainah sejak ia mengajar di Sekolah Cinta Kasih, dan membuat ia terinspirasi mendidik perilaku murid-muridnya agar lebih baik lagi. Keberadaan kata perenungan membuat ia merasa Master Cheng Yen selalu mendampingi para guru dalam mengajar dan menghadapi kesulitan mereka.

foto  foto

Ket: - Sebagai seorang guru, Zaenah dan guru-guru lainnya di Sekolah Cinta Kasih harus dapat menjadi contoh             dan teladan murid-muridnya, salah satunya dalam perilaku dan budi pekerti. (kiri).
         - Penampilan para murid Sekolah Cinta Kasih yang penuh percaya diri dalam berbagai even, membuat             Zainah berbangga dan bahagia. (kanan)

Ketika ia dan para guru pergi ke Taiwan untuk studi banding dengan Sekolah Tzu Chi di sana, mereka sempat bertemu dengan pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi itu. Zainah ditunjuk untuk mempresentasikan kemajuan sekolah dan menceritakan pengalamannya selama mengajar di sana. Ia tidak berhasil melewatkan sesi itu tanpa tangis. Segala emosi yang dipendam menghadapi segala permasalah sekolah seperti tertumpah bersama cucuran air matanya. “Orang-orang mungkin hanya melihat bahwa Sekolah Cinta Kasih yang sekarang bagus, murid-muridnya rapi dan tertib. Tapi mereka tidak mengalami bagaimana proses untuk meraih hari ini,” tuturnya. Setelah menyelesaikan presentasinya, Zainah bersujud dan mencium tangan Master Cheng Yen, “Kami sangat berterima kasih pada Master. Di sekolah, para murid selalu mencium tangan kami waktu bertemu kami sebagai gurunya, maka saya pun ingin mencium tangan Master sebagai guru kami.”

Ini adalah tahun ketujuh Sekolah Cinta Kasih berdiri. Zainah sungguh dilingkupi rasa bahagia sekaligus bangga ketika melihat murid-muridnya berdiri di atas pentas untuk memperagakan isyarat tangan, berpidato, mengikuti lomba bahasa Inggris atau apapun. Ketika tak tampak lagi bayangan bahwa mereka terdahulu pernah tinggal di pemukiman kumuh bantaran kali. Ia telah memasuki usia 44 tahun, dan berharap Sekolah Cinta Kasih menjadi perhentian terakhir, serta terus mewujudkan misi yang diberikan Master Cheng Yen padanya, “Anda adalah guru yang baik, didiklah anak-anak dengan baik.”

  
 
 

Artikel Terkait

Kerja Sama Tzu Chi dengan Kementerian Pertahanan dalam Bidang Kemanusiaan dan Kesehatan

Kerja Sama Tzu Chi dengan Kementerian Pertahanan dalam Bidang Kemanusiaan dan Kesehatan

24 Agustus 2022

Tzu Chi Indonesia dan Tzu Chi Hospital menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertahanan (RS. Suyoto Pusrehab Kemhan) dalam bidang baksos kesehatan, bantuan kesehatan dalam bencana alam, pelayanan kesehatan, dan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan.

Inspirasi dari Pintu ke Pintu

Inspirasi dari Pintu ke Pintu

02 Maret 2016
Tahun Baru Lunar atau biasa disebut Tahun Baru Imlek pada umumnya membawa kegembiraan dan keceriaan terutama bagi anak-anak. Orang-orang akan saling mengucapkan kata-kata yang mengandung harapan baik.
Menuangkan Kata Perenungan Master Cheng Yen dalam Bentuk Karya Seni

Menuangkan Kata Perenungan Master Cheng Yen dalam Bentuk Karya Seni

18 Februari 2019

Acara tahunan Jing Si Aphorism Inter School Competition kembali diadakan pada Sabtu, 16 Februari 2019. Di tahun keempat ini, untuk pertama kalinya Sekolah Tzu Chi Indonesia sebagai penyelenggara mengundang sekolah dari luar.

Kekuatan akan menjadi besar bila kebajikan dilakukan bersama-sama; berkah yang diperoleh akan menjadi besar pula.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -