58 Tahun Menyebarkan Cinta Kasih Tanpa Pamrih

Jurnalis : Nuraina Ponidjan (Tzu Chi Medan), Fotografer : Amir Tan (Tzu Chi Medan)

Relawan dengan khidmat mengikuti kebaktian dan membaca Sutra Baysajyaguru. Kebaktian bersama ini sebagai wujud doa bersama untuk Master Cheng Yen dan juga mensyukuri telah 58 tahun Tzu Chi menyebarkan cinta kasih universal dan tanpa pamrih di dunia.

Setiap tahunnya di penanggalan lunar tanggal 24 bulan 3, Insan Tzu Chi mengadakan kebaktian bersama dengan membacakan Sutra Bhaisajyaguru (Yao Shi Jing) secara serentak di seluruh dunia melalui teleconferences langsung dengan Griya Jingsi Hualien, Taiwan, dan tahun ini jatuh pada tanggal 2 Mei 2024. Kebaktian bersama ini sebagai wujud doa bersama untuk Master Cheng Yen dan juga mensyukuri telah 58 tahun Tzu Chi menyebarkan cinta kasih universal dan tanpa pamrih di dunia.

Pembacaan Sutra Baysajyaguru menandakan semangat awal berdirinya Tzu Chi dan juga sebagai rasa Syukur dan doa paling tulus untuk seluruh insan di dunia agar kita semua sehat dan dijauhkan dari semua penyakit dan bagi yang sakit atau sedang menjalankan pengobatan, semoga segera memperoleh obat batin dan dengan siraman obat Dharma bagi semua makhluk dengan harapan semoga semua makhluk berbahagia.

Sebanyak 55 orang relawan mengikuti kebaktian di Kantor Tzu Chi Medan secara live (teleconference) dengan Griya Jing Si Taiwan.

Relawan Tzu Chi Medan sehari sebelumnya membuat 120 buah Pao (buah Persik) yang melambangkan Panjang umur dan kemakmuran.

Tzu Chi Medan juga tidak ketinggalan mengikuti Kebaktian Baysajyaguru setiap tahunnya. Dalam menyambut hari yang berbahagia ini dan juga untuk mendoakan agar Master Cheng Yen tetap sehat dan panjang umur maka sehari sebelumnya sebanyak 6 orang relawan membuat Pao buah persik. “Kita membuat Pao buah persik adalah sebagai wujud doa buat Master, karena Pao buah Persik melambangkan panjang umur dan kemakmuran,” kata Melinda, relawan yang menjadi koordinator pembuatan 120 buah Pao buah persik.

Selain membuat Pao buah Persik, pagi harinya tanggal 2 Mei 2024, beberapa relawan juga menyediakan Mi Panjang Umur dari produk Jing Si. Mi dan Pao buah Persik ini dibagikan kepada semua orang yang mengikuti kebaktian pembacaan Sutra Baysajyaguru.

Relawan juga menyiapkan Mi Panjang Umur yang berbahan dari produk-produk Jing Si.

Pembacaan Sutra Baysajyaguru Tzu Chi Medan diadakan di Kantor Tzu Chi di Jalan Boulevard komplek Cemara Asri Medan yang dihadiri 55 orang relawan. Para relawan dengan khidmat dan penuh sujud membacakan Sutra Baysajyaguru dan dengan tulus mendoakan agar Master sehat selalu dan Panjang umur sehingga bisa menyebarkan dan memutar roda Dharma ke seluruh dunia, dan dengan melantunkan Sutra, kita harapkan Cahaya Buddha senantiasa melengkapi dan senantiasa melindungi semua makhluk di dunia, menjauhi bencana dan mendatangkan Kebajikan dan berkah serta hidup dipenuhi sukacita.

Setelah pembacaan Sutra Baysajyaguru selesai, De Ning Fa Shi (Sefu De Ning dari Taiwan) memberikan ceramah yang mengatakan, “Hari ini Tzu Chi sudah 58 tahun, besok adalah hari pertama kita (Tzu Chi) melangkah ke-59 tahun. Hari ini kita juga mengenang masa awal Master Cheng Yen mendirikan Yayasan Buddha Tzu Chi dengan 30 orang Ibu rumah tangga yang begitu semangat mengajak orang untuk berbuat Kebajikan melalui celengan bambu, dimana dengan dana kecil akan bisa berbuat amal yang besar dan dengan semangat Master dan seluruh insan Tzu Chi, hari ini Tzu Chi sudah ada di 133 negara di dunia.”

Mi Panjang umur dari produk Jing Si dan Pao buah persik yang akan dibagikan kepada peserta kebaktian Sutra Bhaisajyaguru

Melihat semangat dan ketulusan para relawan, Rimba Khosasi selaku koordinator kebaktian ini merasa sangat terharu dan memberikan apresiasi kepada semua relawan yang bisa meluangkan waktunya untuk ikut pembacaan Sutra Baysajyaguru walaupun bukan di hari libur. “Saya sangat berterima kasih kepada semua relawan yang mendukung kebaktian ini, baik dari persiapan hingga waktu pelaksanaan. Saya juga terharu melihat para relawan dengan tulus dan khidmat membaca Sutra Baysajyaguru,” ungkap Rimba Kosasih.

Perasaan yang sama juga dirasakan Sylvia selaku Wakil Ketua Yayasan Tzu Chi Medan. “Pertama-tama saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Tzu Chi yang ke-58 dan kita semua sangat berterima kasih kepada Master Cheng Yen yang telah membuka ladang berkah ini dengan ajaran kebenaran sejati untuk kita semua di dalam membina diri di jalan Bodhisatwa. Saya juga sangat berterima kasih kepada seluruh relawan Tzu Chi Medan, karena berkat kesungguhan hati semua orang dalam berlatih dan bekerja sama, sehingga Tzu Chi Medan sudah 22 tahun. Harapan kami semoga semua relawan dapat mengengam erat sebersit niat awal dan selalu mewariskan dharma dengan penuh keyakinan serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari di dalam menyebarkan cinta kasih tanpa pamrih,” kata Sylvia.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Kebaktian Sutra Bhaisajyaguru untuk Memperingati Hut Tzu Chi ke 56

Kebaktian Sutra Bhaisajyaguru untuk Memperingati Hut Tzu Chi ke 56

10 Mei 2022

Dalam rangka memperingati ulang tahun Tzu Chi ke 56 dan ulang tahun Master Cheng Yen, relawan mengikuti kebaktian membaca Sutra Bhaisajyaguru dengan khidmat melalui sambungan langsung dengan Griya Jingsi di Hualien, Taiwan.

Kebaktian Bersama di Medan

Kebaktian Bersama di Medan

02 Mei 2013 Untuk lebih memahami jalan kebenaran dan agar murid Master Cheng Yen bisa berjalan di jalan bodhisatwa, maka Master menginginkan kita untuk lebih memahami Dharma.
Persiapan Tzu Chi Hospital dengan Kebaktian Sutra Bhaisajyaguru

Persiapan Tzu Chi Hospital dengan Kebaktian Sutra Bhaisajyaguru

03 Mei 2021

Kebaktian Sutra Bhaisajyguru dilakukan di lantai 9 Gedung Pandemi Tzu Chi Hospital, PIK, Jakarta Utara (30/04/2021). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka kelancaran operasional Pandemic Ward Tzu Chi Hospital yang rencananya akan berjalan mulai tanggal 5 Mei 2021.

Kehidupan masa lampau seseorang tidak perlu dipermasalahkan, yang terpenting adalah bagaimana ia menjalankan kehidupannya saat ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -