Antusiasnya Relawan Belajar Membungkus Bacang

Jurnalis : Felicite Angela Maria (He Qi Pusat), Fotografer : Felicite Angela Maria (He Qi Pusat)

Like Hermansyah memberikan pengarahan singkat kepada para relawan.

"Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus."
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Pagi itu sebanyak 50 relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Pusat hadir dan berkumpul di depo pendidikan pelestarian lingkungan Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat, Kamis 28 Desember 2023. Para relawan tampak semangat dan antusias belajar cara membungkus bacang.

“Ini sebagai persiapan kegiatan inti membungkus bacang bersama, di mana dalam kegiatan inti ini nanti kami relawan dari He Qi Pusat semua akan mempersiapkan 1.000 bacang untuk dibagikan sebagai bingkisan cinta kasih kepada para tamu pada acara Pemberkahan Akhir Tahun 2023,” terang Lie Herlina selaku penanggung jawab.

Para relawan menyiapkan bahan isian bacang berbahan dasar nabati.

Tampak relawan sedang merebus daun bambu yang akan digunakan sebagai pembungkus bahan isian bacang.

Para relawan, pertama-tama diberikan pengarahan singkat tata cara membungkus bacang yang baik dan benar oleh relawan senior Like Hermansyah, didampingi, Lie Herlina dan relawan komite Lani Muliana. “Bacang-bacang ini akan menjadi hadiah dan suvenir kepada tamu-tamu, jadi bacang-bacang ini mewakili perwujudan cinta kasih Tzu Chi yang utuh, untuk itulah kita berkumpul bersama-sama belajar supaya mempunyai keseragaman,” ungkap Like Hermansyah.

Para relawan menyiapkan tali kenur untuk mengikat dan menggantung bacang.

Terlihat di beberapa sudut, ada relawan yang menyiapkan bahan-bahan nabati (vegetarian) sebagai isian bacang seperti beras ketan, berbagai jamur,  bumbu masak.  Ada pula relawan yang mencuci dan merebus daun bambu yang akan digunakan sebagai pembungkus bacang. Tidak luput juga beberapa relawan yang tampak menyiapkan tali kenur yang akan digunakan sebagai pengikat, juga untuk menggantung daun-daun bungkus bacang.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berbagi Bacang Bagi Penerima Bantuan

Berbagi Bacang Bagi Penerima Bantuan

02 Juli 2012 Pada hari Minggu, 17 Juni 2012, Relawan Tzu Chi dari Kantor Penghubung Singkawang bersama Tzu Ching mengadakan acara pembagian bacang kepada para penerima bantuan bulanan.
Antusiasnya Relawan Belajar Membungkus Bacang

Antusiasnya Relawan Belajar Membungkus Bacang

02 Januari 2024

Lima puluh relawan Tzu Chi sangat bersemangat belajar cara membungkus bacang di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Jayakarta, Jakarta Pusat. 

Melindungi Kehidupan dengan Bacang Vegetarian

Melindungi Kehidupan dengan Bacang Vegetarian

03 Juli 2023
Relawan Tzu Chi Batam pada 10, 19,dan 20 Juni 2023 merayakan Festival Perahu Naga dengan menjual bacang vegetarian. Kegiatan ini  salah satu cara mensosialisasikan pola hidup vegetarian sekaligus melindungi bumi dan kehidupan.
Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -