Anugerah yang Tak Ternilai

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat) , Fotografer : Susilawati, Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Relawan menghibur salah satu penghuni panti yang berkeluh kesah kepada relawan Tzu Chi yang merindukan keluarga.

Minggu 13 Oktober 2024, 22 relawan komunitas Xie Li Cipinang mengunjungi 38 orang penghuni Panti Sasana Tresna Werdha Mulia 3 Centex, Ciracas, Jakarta Timur. "Kehadiran para relawan Tzu Chi di tengah-tengah para penghuni panti adalah sebuah anugerah yang tak ternilai. Usia senja adalah sebuah fase kehidupan yang penuh hikmah dan pengalaman." Ujar Dyan yang membuka acara hari ini.

"Oma di sini berkisar di usia 60 tahun ke atas, di sini kami juga memberikan beberapa kegiatan seperti senam kebugaran, siraman rohani, dan keterampilan. Panti ini sudah berdiri sekitar 30 tahun." Ujar Abdul Kholik salah seorang pengurus panti. Diusia senja ini kunjungan relawan Tzu Chi yang mereka dapatkan senantiasa memberi makna dan keceriaan yang berbeda, memberi variasi di hari-hari yang mereka lalui.

Dzakira menggunting kuku kaki salah seorang oma yang sudha kesulitan menggunting kuku kakinya.

Relawan menggunting rambut oma yang sudah berantakan tidak tertata dengan rapih.

Acara dimulai dengan bernyanyi dan bergoyang bersama, Relawan yang hadir selain memberikan kebutuhan sehari-hari dan makanan ringan, juga membantu memotong rambut dan potong kuku agar lebih terlihat rapi, bersih, dan segar.

Salah satu penghuni panti Oma Magdalena (85) yang sedang dirapikan tata rambutnya oleh relawan mengungkapkan perasaannya kepada relawan. "Banyak pembelajaran di sini, para pengelola harus banyak bersabar di sini kita para Oma suka bawel, kesehatan di sini juga dijaga, bersyukur saja sih ada di sini bersama teman-teman semua" ujar Oma Magdalena yang sudah lima tahun menghuni panti Sasana Tresna Werdha Mulia 3.

Relawan bersama para oma bernyanyi dan bergoyang bersama menikmati kebersamaan yang ada.

Relawan menyerahkan bingkisan cinta kasih kepada para lansia yang ada, bingkisan berupa kebutuhan sehari-hari mereka.

Menjalin kasih di panti Werdha ini menciptakan berkah baik, membuat kita senantiasa mengingat dan menghargai orang tua yang kita miliki selaras dengan kata perenungan Master Cheng Yen "Ada dua hal yang tidak bisa ditunda dalam kehidupan, berbakti kepada orang tua dan berbuat kebajikan”.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Berkah dalam Senyuman Oma dan Opa

Berkah dalam Senyuman Oma dan Opa

11 September 2024

Para relawan Tzu Chi di Komunitas Xie Li Sukarami yang merupakan bagian dari Tzu Chi Palembang berkunjung ke Panti Werdha RS. Myria. Para oma dan opa sangat terhibur dengan rangkaian acara yang disiapkan para relawan.

Mengobati Kerinduan Opa dan Oma

Mengobati Kerinduan Opa dan Oma

16 Desember 2019

Relawan Tzu Chi Sinar Mas memberi perhatian kepada 71 orang penghuni Panti Werdha Wisma Mulia Jakarta pada Minggu, 8 Desember 2019. Relawan juga memberikan daster, sprei, selimut, serta makanan kepada opa dan oma di panti tersebut.

Anugerah yang Tak Ternilai

Anugerah yang Tak Ternilai

18 Oktober 2024

Minggu 13 Oktober 2024, 22 relawan komunitas Xie Li Cipinang mengunjungi 38 Oma di Panti Sasana Tresna Werdha Mulia 3 Centex, Ciracas, Jakarta Timur. Kegiatan selain memberikan bingkisan cinta kasih juga diisi dengan ramah tamah, memotong rambut dan kuku para oma.

Kehidupan masa lampau seseorang tidak perlu dipermasalahkan, yang terpenting adalah bagaimana ia menjalankan kehidupannya saat ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -