Bahagia Relawan Tzu Chi Bantu Sesama dalam Paket Sembako

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Annie Widjaja dan relawan komunitas He Qi Utara 2 sedang mengemas paket sembako. Sejak Jumat 9 September 2022 area basement gedung Aula Jing Si PIK sudah menumpuk kardus-kardus mi instan, gula pasir, minyak goreng dan kardus-kardus.

Keringat masih mengucur deras dari wajah Annie. Baju seragam warna biru tua dan celana panjang putih yang dikenakannya tampak basah berkeringat. Annie merupakan ketua relawan komunitas He Qi Utara 2. Dia bersama 20 orang relawan dari He Qi Utara 2 dengan cekatan memasukkan 20 bungkus mi instan, dua kilo gula pasir dan dua liter minyak goreng yang berlangsung di basement Aula Jing si pada Jumat, 9 September 2022. Paket sembako dari Tzu Chi ini masing-masing masih akan ditambah dengan 5 kg beras yang saat ini berasnya sudah berada di Polda Metro Jaya dan Polda-Polda lainnya di Indonesia.

Para relawan berbagi tugas dalam mengemas paket sembako tersebut pada 3 lokasi mejapanjang. Satu buah kardus tengah disiapkan relawan untuk diisi dengan 20 bungkus mi instan, kardus bergeser ke sisi kiri dan diisi kembali dengan 2 kg gula pasir, kardus bergeser lagi dan diisi dengan dua liter minyak goreng, dan terakhir ada relawan yang bertugas merekatkan kardus dengan solatip dan ditumpuk dengan rapih.

Para relawan Tzu Chi masing-masing berbagi tugas. Relawan ada yang bertugas merekatkan kardus dengan isolasi, ada yang memasukkan mi instan, gula dan minyak goreng.

Relawan Tzu Chi sedang memasukkan dua kg gula pasir ke dalam paket kardus yang sudah terisi 20 bungkus mi instan.

Pengerjaan mengemas sembako ini ada tiga meja berukuran panjang yang pada sisi belakang meja sudah tersedia kardus-kardus mi instan, gula pasir, dan minyak goreng. Para relawan Tzu Chi saling berbagi tugas, ada yang membuat wadah kardus, ada yang membuka kardus gula, mi instan, dan gula pasir, dan ada yang mengemasnya menjadi satu pak sembako.

Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melakukan pengemasan 20 ribu paket sembako guna dikirim ke Polda Metro Jaya. Paket sembako ini selanjutnya segera disalurkan melalui Polres-Polres di Jabodetabek dan Kepulauan Seribu untuk masyarakat yang membutuhkan.

Selain dari He Qi Utara 2, relawan Tzu Chi dari seluruh komunitas di Jakarta juga hadir dalam mengemas sembako ini. Mereka dari komunitas He Qi Utara 1, He Qi Barat 1, He Qi Barat 2, He Qi Timur, dan He Qi Pusat. Masing-masing komunitas mengirimkan sekitar 20 orang relawan untuk melakukan mengemas sembako ini.     

Para relawan komunitas di Jakarta hadir dalam pembuatan paket sembako yang akan didistribusikan 20 ribu paket melalui Polda Metro Jaya.

Budi Susanti relawan dari He Qi Timur mendapat tugas membuka kardus mi instan yang berisi 40 bungkus mi instan untuk dibagi menjadi 20 bungkus dalam satu paket sembako.

“Kami senang dari He Qi Utara 2 ada 20 orang relawan hadir sejak pagi hari mengemas paket sembako,” ungkap Annie Widjaja. Penyaluran sembako ini pun mulai dilakukan pada Jumat 9 September 2022.

Budi Susanti relawan dari He Qi Timur juga turut hadir dalam pembuatan paket sembako ini. Budi Susanti tidak sendiri, dari He Qi Timur ada sekitar 15 orang relawan hadir dalam mengemas sembako ini. Budi mendapat tugas membuka kardus-kardus mi instan yang berisi 40 bungkus.

“Saya baru dikabari kemarin sore, katanya ada packing sembako di Jing Si Tang, jadi kami datang pagi-pagi kemari. Saya datang sudah menumpuk kardus-kardus mi instan, gula, dan minyak goreng, langsung kami bagi tugas,” tutur Budi.  

Polda Metro Jaya mulai mengambil 4 ribu paket sembako dari gedung Aula Jing si Tang yang berada di basement Tzu Chi center PIK Jakarta Utara pada Jumat 9 September 2022.            

Relawan Tzu Chi akan terus membuat paket sembako ini secara bertahap hingga 20 ribu paket sembako untuk wilayah di bawah naungan Polda Metro Jaya. Pada Jumat, 9 September 2022, Tzu Chi telah mendistribusikan 4 ribu paket sembako ke Polda Metro Jaya secara bertahap dari total 20 ribu paket sembako.

Selanjutnya relawan Tzu Chi juga segera membuat paket sembako ini sejumlah 200 ribu paket sembako yang segera didistribusikan ke seluruh Indonesia, tepatnya untuk Polda Makassar menerima 5 ribu paket, Polda Mamuju Sulawesi Tengah menerima 5 ribu paket, Polda Kendari Sulawesi Tenggara menerima 5 ribu paket, Polda Padang Sumatera Barat menerima 5 ribu paket, Polda Palembang Sumatera Selatan menerima 5 ribu paket, Polda Lombok NTB menerima 5 ribu paket.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Bahagia Relawan Tzu Chi Bantu Sesama dalam Paket Sembako

Bahagia Relawan Tzu Chi Bantu Sesama dalam Paket Sembako

12 September 2022

Mulai Jumat 9 September 2022 relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesi membuat 20 ribu paket sembako yang segera didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Polda Metro Jaya. 

Tak perlu khawatir bila kita belum memperoleh kemajuan, yang perlu dikhawatirkan adalah bila kita tidak pernah melangkah untuk meraihnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -