Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-134: Setelah Absen Tiga Tahun, Baksos Operasi Kembali Hadir di Kota Batam

Jurnalis : Jia Hui (Tzu Chi Batam), Fotografer : Archa, Andy Tan, Santoso Xie (Tzu Chi Batam)
Tidak jarang relawan membutuhkan 30 menit untuk menemukan parkiran selama screening.

Hujan pagi di akhir pekan membuat sebagian besar masyarakat Batam memilih untuk berdiam di rumah. Tidak heran jalan raya Kota Batam pada 24 & 25 September 2022 sepi dengan pengendara. Pemandangan bertolak belakang terlihat pada jalan sekitar hingga parkiran Aula Jing Si Batam. Sejak pukul 7 pagi, arus calon pasien dan pendamping mulai berdatangan untuk mengikuti screening baksos kesehatan yang mana mereka berkesempatan besar menjalani operasi yang akan mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Screening Baksos ini adalah tahap awal untuk memastikan apakah pasien layak menjalani operasi di pekan berikutnya.  Seperti disampaikan oleh Rudi Tan pada Sesi Pembukaan Bakti Sosial Kesehatan.  

“Harta paling berharga bagi setiap orang adalah kesehatan, namun tidak sedikit orang yang terpaksa memilih mengorbankan kesehatan tubuhnya karena jerat kemiskinan sehingga tidak mampu menanggung biaya pengobatan,” ujarnya.

Rudi Tan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan donatur yang menfasilitasi terlaksananya baksos kesehatan ini.

Pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi, Master Cheng Yen menyadari bahwa penyakit adalah salah satu sumber dari kemiskinan, dari sini-lah Misi Kesehatan Tzu Chi dibentuk, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan mengadakan pengobatan dan operasi gratis.

Tzu Chi Batam kali ini kembali bekerja sama dengan RS Budi Kemuliaan untuk mengadakan Baksos Kesehatan ke-9 setelah tiga tahun absen. Penundaan ini tidak lain karena pandemi Covid-19. Ini juga merupakan screening perdana yang diadakan di Aula Jing Si Batam yang mana tahun sebelumnya dilaksanakan di Asrama Haji dan RS Budi Kemuliaan.

Akhir pekan, 24 dan 25 September 2022, Tzu Chi mengadakan screening baksos kesehatan di Aula Jing Si Batam.

Menurut Soehartieny yang akrab dipanggil Moi Moi, selaku Ketua Koordinator Baksos, tujuan baksos kembali diadakan adalah untuk menjangkau warga kurang mampu yang belum mendapatkan fasilitas kesehatan  memadai terutama selama pandemi.

“Karena mendengar banyak pasien luar pulau Batam yang kurang mampu karena pandemi dan pendapatan ekonomi keluarga menjadi terpengaruh, berobat mejadi susah. Kami juga mendengar keluhan katarak masih banyak dari keluarga kurang mampu. Melalui peduli kasih, dan relawan yang sering keluar masuk rumah sakit, jadi kami merasa terpanggil kembali melakukan baksos dengan tetap taat dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Semangat relawan tentunya tidak pupus diguyur bersama hujan melainkan semakin aktif memberi perhatian lebih seperti memayungi, dan menyambut kedatangan pasien di depan gerbang. Antusias relawan dapat dilihat dari setiap pos screening yang dipenuhi relawan yang sabar untuk mendampingi, mengarahkan, dan menggandeng pasien yang mempunyai keterbatasan penglihatan dan kendala berjalan, hingga menghibur pasien yang gagal mengambil kartu kuning, tanda lolos screening.

Johnson dan tim menyanggupi tantangan menyelesaikan sistem informasi screening dalam waktu 2-3 pekan.

Dengan semangat dan perhatian relawan, pasien dibimbing untuk menjalankan prosedur screening dengan baik. Proses screening berlangsung dengan teratur dan cepat. Hal ini juga tidak luput dari kehadiran program baru yang memudahkan akses data pasien dan data real-time screening. Program ini dikembangkan oleh Johnson. Program yang seharusnya membutuhkan waktu 3 bulan untuk selesai, Jhonson dan tim menyelesaikannya dalam waktu 2-3 pekan.

“Kehadiran program ini sangat menghemat waktu, tidak perlu mencatat lagi data pasien secara manual, data yang sudah diinput sebelumnya tinggal di-klik pada saat absensi kehadiran dan semua data sudah ada dari sistem dan tinggal print keluar, sehingga membantu pendaftaran yang lancar, sistem stabil dan sangat user friendly, kita juga dapat mengakses data secara real time dari pos screening mana saja.” kata Ponian, koordinator di bagian Pendaftaran.

Pasien Katarak, Hernia, Bibir Sumbing, dan Benjolan yang mendaftar berasal dari luar pulau seperti Dabo Singkep, Selat panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Uban, Tanjung Batu, Tanjung Balai Karimun dan Moro sebanyak 296 pasien dan Batam berjumlah 669 pasien.

Hujan deras tidak memupuskan semangat sumbangsih relawan Tzu Chi.

Tidak sedikit yang berdatangan adalah pasien paruh baya dan lanjut usia, namun di kursi tunggu pengecekan visus mata, gantungan tali warna merah tanda pasien katarak telihat pada seorang anak laki-laki. Afnan Ramadhan, anak usia 8 tahun asal Selat Panjang menderita katarak sejak umur 2 tahun. Katarak sejak usia balita, cukup menghambat perkembangannya. Bastiah, ibu Afnan harus memberi perhatian lebih kepada putra satu-satunya.

“Saya mengajak dia berdoa sama Allah, ‘sembuhkanlah mata Afnan. Afnan ingin belajar, ingin sekolah dan sholat.’ Di sekolah guru sudah tahu kondisinya, kalau belajar dia lancar pakai dikte dan hafal, kalau lihat dia lambat,” jawab Ibu Bastiah.

“Terima kasih dengan pelayanan Tzu Chi yang sangat baik. Tidak bisa diungkapkan tapi kami sangat puas dan salut sekali. Bersyukur bisa bertemu orang-orang baik yang mau membantu tanpa pandang suku. Semoga ke depannya Afnan berkesempatan untuk balik operasi”, tambahnya setelah mendapat informasi bahwa Afnan belum berjodoh untuk operasi ini karena menurut dokter kondisi Afnan yang masih kecil memerlukan bius total dan operasi khusus.

Afnan Ramadhan asal Selat Panjang menderita katarak sejak usia 2 tahun.

Screening baksos kesehatan berakhir pada Minggu sore dengan total pasien yang lolos screening untuk operasi di pekan berikutnya sebanyak 509, diantara 23 pasien Minor GA, 121 pasien Minor Lokal, 47 pasien Hernia, 249 pasien Katarak, 62 pasien Pterygium, dan 7 pasien Bibir Sumbing.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Screening Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-111: Doa Pipih untuk Nasrul

Screening Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-111: Doa Pipih untuk Nasrul

14 Maret 2016

Pipih, semringah kala dokter menyatakan anaknya, Muhammad Nasrul Fatah dapat mengikuti operasi hernia dalam screening Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-111 pada 13 Maret 2016 di Kodim 0608/ Cianjur, Jawa Barat.

Membentangkan Harapan Operasi Bagi Warga Di Pulau Terpencil

Membentangkan Harapan Operasi Bagi Warga Di Pulau Terpencil

22 September 2022

Agar Baksos Kesehatan Tzu Chi Indonesia yang mencakup operasi katarak, bibir sumbing, hernia dan benjolan dapat diikuti oleh warga yang benar-benar membutuhkan, Tzu Chi Batam memperluas jangkauan ke dearah yang minim sarana medis. 

Screening Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-111: Bersatu Tekad Menjalankan Misi

Screening Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-111: Bersatu Tekad Menjalankan Misi

28 Maret 2016
Dalam baksos kesehatan ini banyak pihak yang menjadi relawan, salah satunya adalah Jesica. Relawan ini tampak tak lelah mondar-mandir memanggil nomor calon pasien untuk diperiksa dan ia tak ragu untuk menuntun calon pasien yang sudah tua maupun yang kesulitan berjalan.
Semua manusia berkeinginan untuk "memiliki", padahal "memiliki" adalah sumber dari kerisauan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -