Baksos Kesehatan Umum dan Gigi di Ponpes Nurul Iman

Jurnalis : Yuliawati, Wanda, Metta SW (He Qi Tangerang) , Fotografer : Vivi Angel, Wanda, Metta SW, Yuliawati (He Qi Tangerang)

Dokter Bobby Spkk memberikan penyuluhan tentang Scabies. Walaupun berasal jauh dari Magelang, Jawa Tengah, ia tetap semangat bersumbangsih dalam bakti sosial di Ponpes Nurul Iman.

He Qi Tangerang bersama tim medis Tzu Chi atau TIMA kembali menggelar baksos kesehatan umum dan gigi di Ponpes Nurul Iman, Parung, Bogor pada 5 Mei 2024. Kali ini ada yang spesial, yaitu adanya penyuluhan tentang kesehatan mulut dan gigi serta penyuluhan tentang penyakit kulit scabies. Penyuluhan ini dapat menjadi bekal pengetahuan bagi para santri untuk bisa lebih menjaga kesehatan dan kebersihan.

Penyuluhan tentang penyakit scabies disampaikan dr. Bobby, SpKK, sementara penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut dibawakan oleh drg. Linda. Ada juga penyuluhan tentang manfaat Eco Enzyme yang salah satunya untuk kesehatan kulit, disampaikan Juny Leong, relawan Tzu Chi. Untuk penyakit umum, jumlah pasien mencapai 850, sementara untuk gigi hampir 200 pasien.

Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut oleh drg. Linda.

Tampak drg. Stanley Halim sedang memeriksa kesehatan gigi seorang santri.

Baksos berjalan lancar dan selesai pada pukul 15.00 WIB. sebanyak 85 relawan Tzu Chi dan 15 Muda-mudi Tzu Chi atau Tzu Ching bekerjasama dengan relawan TIMA yang terdiri dari 27 dokter umum, 20 dokter gigi, 12 perawat. Tak hanya itu dari pihak pesantren, ada 58 santriwan dan 41 santriwati saling bahu membahu menangani 1.050 peserta hari itu.

Di antara tenaga medis yang berpartisipasi, ada drg. Stanley Halim bersama puterinya drg. Josephine.  Di sela-sela kesibukannya melakukan pemeriksaan awal kondisi gigi para santri, drg. Stanley terlihat beberapa kali mengambil foto puterinya yang sedang melakukan tindakan gigi kepada santri.

Anak dari drg Stanley Halim, yakni drg Josephine yang mengikuti jejak ayahnya menjadi anggota tim medis Tzu Chi atau TIMA.  

Para relawan Tzu Chi yang bertugas di bagian konsumsi dengan sukacita menyiapkan makanan siang bagi para santri.

Perkenalan drg. Stanley Halim dengan Tzu Chi bermula ketika sepuluh tahun lalu tim dokter TIMA menggelar baksos kesehatan di Sukabumi, Jawa Barat, kota tempat tinggalnya. Dalam kesempatan itu dr. Stanley diajak bergabung oleh seorang dokter TIMA asal Jakarta yang dikenalnya. Dengan latar profesinya sebagai dokter gigi berstatus PNS yang berpraktik di sebuah Puskesmas di Sukabumi, dr. Stanley Halim pun tertarik dan menerima tawaran untuk menggarap ladang berkah yang lebih besar lagi dalam melayani sesama. Berbagai kegiatan baksos kesehatan TIMA di Bandung, Cianjur diikuti drg. Stanley Halim. Dan baksos kesehatan di Pondok Pesantren Nurul Iman sudah keempat kaliinya ia ikuti.

Kecintaannya pada misi kemanusiaan Tzu Chi membuat dr. Stanley Halim mendorong puterinya Josephine yang mengikuti jejaknya berprofesi sebagai dokter gigi untuk bergabung ke Tzu Ching ketika masih kuliah di FKG Universitas Trisakti Jakarta. Ketika lulus kuliah dan menjadi dokter gigi pun drg. Josephine pun bergabung dengan TIMA dan sering bersama-sama ayahnya turut serta dalam baksos kesehatan TIMA di Sukabumi.

Para santriwati saat turut mempraktikkan isyarat tangan Satu Keluarga.

Baksos Kesehatan di Pondok Pesantren Nurul Iman ini sudah kali ketiga diikuti drg. Josephine bersama ayahnya. Sejak dua tahun lalu drg. Josephine kembali kuliah spesialisasi konservasi gigi di FKG Universitas Trisakti. Bekerja bersama para relawan Tzu Chi dan TIMA membuat drg Stanley Halim dan puterinya drg. Josephine merasa nyaman dan bertekad untuk terus berada di jalan Dharma menolong sesama dan mengembangkan sifat-sifat kebijaksanaan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Baksos dalam Rangka Ulang Tahun DAAI TV Ke-10 di Ponpes Nurul Iman

Baksos dalam Rangka Ulang Tahun DAAI TV Ke-10 di Ponpes Nurul Iman

20 Maret 2017

Pagi itu, seribu lebih santri Pondok Pesantren Nurul Iman berduyun-duyun memasuki lapangan pondok. Tampak tenda-tenda Tzu Chi telah terpasang rapi. Puluhan relawan Tzu Chi Tangerang, anggota TIMA Indonesia juga tengah bersiap menyambut para santri.

Baksos Kesehatan Umum dan Gigi di Ponpes Nurul Iman

Baksos Kesehatan Umum dan Gigi di Ponpes Nurul Iman

16 Mei 2024

Relawan Tzu Chi Tangerang bersama Tim Medis Tzu Chi kembali mengadakan baksos kesehatan umum dan gigi di Ponpes Nurul Iman, Bogor. Kali ini juga ada penyuluhan kesehatan mulut dan gigi serta penyakit kulit.

Ademnya Melihat Persahabatan Ponpes Nurul Iman dengan Tzu Chi

Ademnya Melihat Persahabatan Ponpes Nurul Iman dengan Tzu Chi

25 Mei 2023

Persahabatan Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah terjalin selama 20 tahun ini menjadi cerminan toleransi umat beragama yang indah di Indonesia. Kali ini Tzu Chi kembali memberikan pelayanan kesehatan kepada 1.000 santri/wati. 

Hakikat terpenting dari pendidikan adalah mewariskan cinta kasih dan hati yang penuh rasa syukur dari satu generasi ke generasi berikutnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -