Bakti Sosial Donor Darah Perdana di Kota Dumai

Jurnalis : Valentina Angela (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Nicholas Salim (Tzu Chi Pekanbaru)

Tzu Chi Pekanbaru bekerja sama dengan PMI Kota Dumai dan Citimall Dumai mengadakan acara bakti sosial donor darah untuk pertama kalinya di Kota Dumai.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Pekanbaru bekerja sama dengan PMI Kota Dumai dan Citimall Dumai mengadakan acara bakti sosial donor darah untuk pertama kalinya di Kota Dumai, Raiau. Kegiatan yang diadakan Minggu, 22 Mei 2022 ini diikuti 38 relawan dari Tzu Chi Pekanbaru dan relawan Kota Dumai. Dalam kegiatan ini, pendaftaran peserta juga dilakukan secara online beberapa minggu sebelum kegiatan.

Sebanyak 65 pendonor telah mendaftarkan diri secara online dalam kegiatan donor darah ini. Para peserta juga dibagi dalam 3 sesi waktu, dengan tujuan untuk menghindari penumpukan dan antrian panjang pendonor. Sejak pukul 10.00 WIB, para peserta mulai berdatangan secara teratur dan lancar. Setelah mendaftar dan mengisi form dari PMI, para peserta kemudian melakukan screening dengan mengecek hemoglobin dan tensi darah.

Para peserta yang sebelumnya telah mendaftar online, kemudian mengisi form yang disediakan oleh PMI Kota Dumai sebelum screening dan pelaksanaan donor darah.

Salah satu peserta tidak melewatkan kesempatan mendonorkan darahnya dalam kegiatan ini adalah Hasan. Ia merasakan sukacita yang sangat dalam bisa membantu orang lain dengan mendonorkan darah dari tubuhnya. Begitu juga dengan relawan Valentina yang memberi pendampingan ke pendonor dalam kegiatan ini. “Setiap waktu membangkitkan niat pikiran baik, berucap yang baik, dan berbuat yang baik. Untuk itu kita harus menggenggam setiap waktu dan kesempatan untuk berbuat kebajikan,” kata Valentina.

Pada kesempatan ini, relawan Tzu Chi Pekanbaru juga mengadakan sosialisasi dan pembagian celengan bambu Tzu Chi. Beberapa relawan juga mengajak pengunjung mall untuk ikut donor darah dan berhasil mengajak 29 pendonor baru. Dari 94 jumlah pendonor yang terdaftar, sebanyak 66 peserta yang berhasil mendonorkan darahnya.

Mayarakat mulai mendonorkan darahnya setelah lolos screening. Salah satunya adalah Hasan.

Fenzrial, Manager Citimall Dumai menyambut baik kegiatan donor darah ini. Ia pun juga bersedia bersumbangsih dengan mendonorkan darahnya. “Kegiatan ini sangat positif, terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar. Saya berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara berkala demi kemanusiaan dan juga mendukung Tzu Chi mengadakan kegiatan amal sosial lainnya di Citimall Dumai,” ungkap Fenzrial.

Demikian juga dengan UDD PMI Kota Dumai dan Pengurus PMI Kota Dumai sangat mengapresiasi kegiatan acara donor darah ini. Diharapkan kantong darah yang terkumpul dapat membantu masyarakat dan pasien yang membutuhkan.

Setelah kegiatan donor darah selesai, relawan Tzu Chi Pekanbaru memberikan bingkisan cinta kasih kepada petugas PMI Kota Dumai yang berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini.

Kegiatan donor darah ini selesai pukul 14.30WIB dan berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh relawan Tzu Chi Pekanbaru dan relawan Kota Dumai bisa saling bekerja sama, saling gotong royong, bersatu hati, dan bersungguh hati menjalankannya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Donor Darah di Bulan Penuh Berkah

Donor Darah di Bulan Penuh Berkah

28 April 2023

Kelangkaan pasokan darah sering terjadi saat bulan Ramadan, Tzu Chi Batam mengadakan Aksi Sehat Donor Darah dan berhasil menghimpun 100 kantong darah.

Donor Darah, Donor Cinta Kasih

Donor Darah, Donor Cinta Kasih

19 Maret 2015
Kadang saat donor darah, jam kerja berbenturan dengan donor darah di sini jadi sempatnya baru dua kali ini,” ujar Jaka yang telah bekerja sebagai satpam Mal Kelapa Gading selama tiga tahun. Namun, dia juga menjelaskan meski baru bisa mendonorkan darahnya sebanyak dua kali, dia merasa bahagia dapat ikut bersumbangsih. “Selain itu juga, donor darah juga membuah  badan terasa lebih sehat, segar, dan bahagia,” tambahnya.
Tzu Chi Gelar Kegiatan Donor Darah Perdana di Wihara Jetavana

Tzu Chi Gelar Kegiatan Donor Darah Perdana di Wihara Jetavana

16 Agustus 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang bekerja sama dengan Wihara Jetavana menggelar donor darah pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -