Bantuan Bagi Warga Hegarmanah yang Alami Kebakaran

Jurnalis : Eny Herlina (Tzu Chi Bandung) , Fotografer : Firli, Devis, Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Relawan Tzu Chi memberikan 4 paket ember, 8 liter minyak goreng, 4 dus mie instan, 200 pcs masker medis, 20 kg beras, 8 bungkus biskuit, serta pakaian layak pakai.

Kebakaran menimpa dua rumah di Jalan Setiabudi RT 01 RW 03, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap Bandung pada 26 Desember 2023. Menurut Ketua RW 03, Tatang Karuna, api berasal dari sebuah rumah yang mengalami konslet listrik saat anggota keluarga sedang membersihkan rumah akibat banjir usai hujan deras.  Api muncul dari arus pendek kabel yang terbakar menyambar pakaian dan lantai kayu rumah tersebut. Kebakaran terjadi sekitar satu jam setengah dan merembet ke sebelah rumah kost.

“Berkat antipasi petugas pemadam kebakaran tidak melebar kemana-mana, Semoga ke depan ada rezekinya bisa dibangun lagi, untuk sementara keluarga ditampung di rumah RT 01 Dede Rusli,” ujar Tatang Karuna.

Relawan meninjau 4 kamar kost yang terbakar.

Setelah melalui proses survei, relawan Tzu Chi Bandung langsung menyalurkan bantuan berupa 4 paket ember, 8 liter minyak goreng, 4 dus mie instan, 200 pcs masker medis, 20 kg beras, 8 bungkus biskuit, serta baju- baju layak pakai. Relawan Tzu Chi sangat bersimpati, sekaligus ini menjadi pelajaran agar berhati-hati dengan alat-alat listrik di rumah, walau cuaca sedang hujan lebat bukan berarti aman dari bencana kebakaran. Yang terpenting dari kejadian tersebut tetap bersyukur sebab masih diberi keselamatan jiwa dan raga.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Keramahan dan Empati yang Mampu Membangkitkan Semangat

Keramahan dan Empati yang Mampu Membangkitkan Semangat

11 Oktober 2019

Empat hari setelah si jago merah melahap pemukiman di Jalan Kebon Jeruk 13, Kelurahan Maphar, Taman Sari Jakarta Barat, aroma sangit masih menusuk hidung. Warga dibantu petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) Kelurahan Taman Sari masih tampak membersihkan puing-puing rumah yang tersisa dari abu dan arang.

Tidak Larut dalam Sedih

Tidak Larut dalam Sedih

12 November 2014

Kebakaran yang melanda RT 14/06, Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara pada Sabtu malam (8/11) memaksa 121 kepala keluarga mengungsi akibat rumahnya hangus dilalap si jago merah. Selain kerugian materil, kebakaran ini juga memakan korban jiwa.

Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kota Bagansiapiapi

Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kota Bagansiapiapi

13 Februari 2024

Relawan Tzu Chi yang berada di Kota Bagansiapiapi memberikan paket bantuan kebakaran kepada korban kebakaran di Jl. Bintang, Kecamatan Bangko, Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -