Bantuan Banjir di Desa Tumbang Kaminting

Jurnalis : Fathurrahman (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Fathurrahman (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Dengan menumpang kapal ponton, relawan mengangkut bahan pangan untuk didistribusikan ke Desa Tumbang Kaminting yang tengah dilanda banjir.

“Kurangi sikap saling perhitungan dan perbanyaklah bersumbangsih. Inilah  kehidupan yang menarik dan menyenangkan.”
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Banjir yang melanda Desa Tumbang Kamiting, Kalimantan Tengah mengundang kepedulian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 5 untuk mendistribusikan bantuan pangan ke wilayah terdampak banjir tersebut. Distribusi ini dilakukan pada Kamis, 17 November 2022.

Jalanan tanah tak menyurutkan semangat relawan mengirimkan bantuan.

Akses jalan yang rusak akibat banjir menyulitkan relawan menuju Desa Tumbang Kaminting. Mereka kemudian memutuskan untuk memutar jalan melewati Kecamatan Telaga Antang, tepatnya di Tumbang Sangai untuk selanjutnya menyeberang menggunakan kapal ponton. Truk yang mengangkut sembako sempat tidak diperbolehkan ikut melintas dengan alasan kapasitas kapal ponton tidak boleh melebihi batas beban tertentu. Namun setelah menjelaskan isi muatan truk dan tujuan pengiriman bantuan ini, pemilik kapal ponton memperbolehkan truk turut menyeberang.

Dengan segala usaha akhirnya pukul 14.00 WIB, relawan sampai di Desa Tumbang Kaminting. Relawan kemudian disambut oleh Sarjono, Sekretaris Desa. Dengan dibantu warga, relawan segera menurunkan barang bantuan dari truk.

Dibantu warga Desa Tumbang Kaminting, relawan menurunkan bahan bantuan.

Sarjono, Sekretaris Desa Tumbang Kaminting menerima bantuan dari relawan secara simbolis.

Dalam sambutannya, Sarjono mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah bersedia membantu meringankan beban warga Desa Tumbang Kaminting yang terdampak bencana banjir. “Terima kasih untuk semua relawan yang sudah jauh -jauh dari Bukit Santuai Estate datang ke sini untuk membantu kami. Bantuan ini tentu sangat meringankan warga kami yang sudah beberapa hari ini terkepung banjir,” ujarnya.

Tak berselang lama, relawan segera pamit undur diri mengingat masih harus perjalanan yang cukup jauh. Kegiatan ini telah menumbuhkan cinta kasih antara relawan dan warga, juga memupuk kebersamaan yang tulus dalam berbagi kepada sesama.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Perhatian untuk Korban Banjir Tanjung Balai

Perhatian untuk Korban Banjir Tanjung Balai

21 Desember 2020
Akibat tingginya curah hujan di hulu Sungai Asahan dan jebolnya tanggul pengendali air di Suka Raja, Simpang Empat, Kab. Asahan menyebabkan banjir kiriman di dua kecamatan di Kota Tanjung Balai. 14.340 keluarga terkena dampak dari bencana tersebut. Relawan Tzu Chi Tebing Tinggi dan kisaran segera turun membantu warga. 
Kepedulian Bagi Warga Desa Sungai Cambai

Kepedulian Bagi Warga Desa Sungai Cambai

06 Desember 2022

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Lampung menyalurkan 100 paket berisi beras dan mi instan untuk warga Desa Sungai Cambai, Kecamatan Mesuji Timur, Lampung yang terdampak banjir.

Bantuan Pascabanjir Bangka: Baksos Pertama di Sungai Selan

Bantuan Pascabanjir Bangka: Baksos Pertama di Sungai Selan

13 Februari 2016

Hari Jumat, 12 Februari 2016, relawan Tzu Chi  melakukan pembagian kupon paket bantuan kepada setiap keluarga di dua posko pengungsian yaitu di Gedung Serbaguna Sungai Selan dan SDN 23 Sungai Selan. Total 1.475 kupon dibagikan pada hari itu dan sebanyak 300-an pengungsi mengikuti pengobatan gratis dalam Bakti Sosial Kesehatan Tzu Chi yang digelar di Gedung Serbaguna Sungai Selan, Bangka Tengah.

Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -