Bantuan Beras untuk Warga Lansia di Desa Jak Luay Kalimantan Timur

Jurnalis : Hani Juwita Sari (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Hani Juwita Sari (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Para relawan berkoordinasi dengan perangkat Desa Jak Luay untuk menentukan warga penerima bantuan beras.

Jelang sore, matahari masih cukup terik. Namun sebanyak 17 relawan Tzu Chi di Komunitas Xie Li Kalimantan Timur (Kaltim) 2 penuh semangat menyalurkan beras kepada 50 warga Desa Jak Luay, Kalimantan Timur, Jumat (10/5/24). Relawan Tzu Chi yang berasal dari Unit Jak Luay Plasma, Jak Luay Estate, Bukit Subur Estate, Long Buluh Estate, dan Rantau Panjang Mill ini bergotong royong menyalurkan bantuan untuk warga yang membutuhkan.

Sebelum pembagian beras, relawan berkumpul di Kantor Desa Jak Luay, mengikuti arahan dari pemerintah desa setempat. Saat pengarahan juga dibahas siapa saja warga yang akan menerima paket beras.  Niat baik dari relawan ini disambut baik oleh pemerintah desa karena mampu meringankan kebutuhan dapur 50 warga Desa Jak Luay.

Para relawan dengan semangat menyalurkan bantuan beras untuk warga yang membutuhkan.

Aurora Goesman berbincang dengan Nenek Sabariah di sela pembagian bantuan beras.

Donatus Liah L selaku Kepala Desa Jak Luay berterima kasih kepada para relawan yang sudah mengadakan program ini. “Terima kasih untuk Tzu Chi dan Sinar Mas telah membantu kebutuhan dapur warga kami yang memang memerlukan uluran tangan,” ujarnya.

Secara door to door relawan membagikan beras sesuai arahan perangkat desa. Dengan cara ini relawan bisa menjalin silaturahmi kepada warga Desa Jak Luay. Kedatangan relawan disambut hangat warga. Salah satunya lansia yang biasa dipanggil Nenek Sabariah yang meluapkan sedikit ceritanya kepada Aurora Goesman, Duta Dharma Wanita Kalimantan-Papua.  

“Umurku sudah banyak, kakakku meninggal, anakku meninggal, aku cuma tinggal sama cucuku,” ucap sang nenek dengan senyum yang masih menghias wajah cantiknya.

Seorang relawan menyalurkan bantuan beras untuk lansia di Desa Jak Luay.

Matahari sangat terik namun relawan tetap semangat melaksanakan tugas mulia ini. Relawan berkeliling dengan penuh suka cita mendatangi rumah warga dan merasakan haru saat disambut baik oleh setiap lansia dan warga penerima bantuan. Bantuan ini akan habis, namun cinta kasih yang telah terjalin semoga tidak akan lekang oleh waktu.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tzu Chi Karimun Bagikan 350 Karung Beras untuk Warga Karimun

Tzu Chi Karimun Bagikan 350 Karung Beras untuk Warga Karimun

12 November 2021

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun bekerjasama dengan Satpolairud Polres Tanjung Balai Karimun membagikan beras cinta kasih kepada warga yang sudah melakukan vaksinasi di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Bantuan Beras dan Masker Medis di Kempek, Cirebon

Bantuan Beras dan Masker Medis di Kempek, Cirebon

22 Maret 2021

Sebanyak 40.000 kg beras dan 80.000 pcs masker medis Bantuan Sosial Peduli Covid-19 disalurkan di Pondok Pesantren KHAS Kempek, Kec. Gempol, Kab. Cirebon serta warga sekitar pada Sabtu, 20 Maret 2021. 

Bantuan Beras untuk Masyarakat Tidak Mampu di Padang

Bantuan Beras untuk Masyarakat Tidak Mampu di Padang

14 Oktober 2021

Tzu Chi Padang bekerjasama dengan TNI, Polri, dan Perkumpulan Sosial Hok Tek Tong (HTT) menyalurkan bantuan 36 ton dan 450 kg beras kepada masyarakat tidak mampu.                      

Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -