Bekal untuk Generasi Sehat dan Cerdas

Jurnalis : Wahyu Agustina (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Wahyu Agustina, Siti Nur Hasanah (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau dan susu kepada peserta penyuluhan.

Balai Penitipan Anak (BPA) di Pondok 1 Sungai Perak Estate, Kutai Barat, Kalimantan Timur tampak ramai pada Jumat, 30 Juni 2023. Bukan hanya suara celoteh balita, tapi juga guyonan para ibu pondok pun tak luput menghiasinya. Ya, hal ini karena disana diadakan kegiatan penyuluhan kesehatan ibu dan anak oleh relawan Dharma Wanita  bersama dokter kebun dan bidan. Penyuluhan ini ditujukan kepada para ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki anak balita di lingkungan pondok 1 SPKE. Materi penyuluhan yang disampaikan berupa makanan bergizi seimbang untuk ibu hamil dan balita.

Sekitar 27 orang yang terdiri dari ibu-ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki balita tampak antusias menyimak seluruh materi yang disampaikan oleh Bidan Asmarini Syam. Bidan memberikan penjelasan bahwa gizi yang seimbang untuk ibu hamil dan balita perlu diperhatikan agar ibu hamil dan balita selalu sehat.

“Makanan yang bergizi seimbang akan membuat balita tubuh sehat dan cerdas. Makanan sehat untuk balita dan ibu hamil harus mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.  Tentu saja semua itu dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari,” terang Bidan Asmarini Syam dihadapan ibu-ibu.

Bidan Asmarini Syam (kiri) memeriksa salah satu peserta ibu hamil.

Sementara itu Eriprada, salah satu relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) menambahkan bahwa kualitas makanan ibu hamil akan mempengaruhi janin. “Makanan betul-betul harus dijaga ya. Selain itu, ibu hamil juga harus waspada apabila muncul gejala kaki dan muka bengkak harus segera kontrol ke bidan atau dokter,” jelasnya.

Raut berseri terpancar dari peserta penyuluhan karena dengan adanya kegiatan ini, wawasan mereka tentang makanan gizi seimbang untuk ibu hamil dan balita pun bertambah. Selain itu, antusiasme peserta penyuluhan juga luar biasa. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari para peserta.

Salah satu peserta bernama Renti mengungkapkan bahwa penyuluhan seperti ini sangat bermanfaat. “Saya menjadi tahu bahwa makanan yang dikonsumsi anak sehari-hari tidak hanya besar jumlah porsinya, tapi yang paling penting harus mencakup gizi yang seimbang,” ungkapnya.

Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) berfoto bersama setelah kegiatan penyuluhan kesehatan untuk ibu hamil dan ibu yang memiliki balita selesai.

Kegiatan penyuluhan ditutup dengan memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau dan susu. Tentu saja, makanan tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil dan balita. relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) berharap, semoga dengan adanya penyuluhan ini, wawasan ibu-ibu pondok tentang makanan yang bergizi seimbang semakin meningkat. Sehingga, kedepannya anak-anak akan semakin sehat. Tubuh yang sehat akan membawa jiwa yang kuat. Jiwa yang kuat akan bermanfaat bagi orang banyak.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Perhatian untuk Ibu dan Balita

Perhatian untuk Ibu dan Balita

13 September 2022

Sebanyak 46 Balita mendapatkan vitamin A dalam kegiatan penyuluhan kesehatan yang diadakan relawan Tzu Chi Sinar Mas di Indragiri Hilir, Riau. Anaknya mendapatkan vitamin, para ibunya mendapatkan tambahan pengetahuan kesehatan.

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di TK Perdana Mandiri

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di TK Perdana Mandiri

04 Maret 2024

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 melakukan penyuluhan gigi dan mulut bagi 55 siswa TK Perdana Mandiri pada Sabtu, 17 Februari 2024.

Penyuluhan Kesehatan di Balai Penitipan Anak

Penyuluhan Kesehatan di Balai Penitipan Anak

07 Juni 2024

Di BPA Divisi 1 BPME PT Bumipalma Lestaripersada, para relawan Tzu Chi memberikan penyuluhan bagaimana mencuci tangan serta menggosok gigi secara baik dan benar.

Tak perlu khawatir bila kita belum memperoleh kemajuan, yang perlu dikhawatirkan adalah bila kita tidak pernah melangkah untuk meraihnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -