Bekerja Sama Mengemban Misi Pendidikan (Bag.1)
Jurnalis : Metta Wulandari, Fotografer : Metta Wulandari
|
| ||
Video tersebut diawali dengan adegan seorang guru yang menghukum muridnya dengan memukulkan sebatang rotan ke tangan karena ujian si murid yang terus menerus mendapatkan nilai yang rendah atau bahkan karena perilaku tidak disiplin murid di kelas. Saat itu Fang Laoshi masih menjadi guru baru di sekolah tersebut, dan setelah melihat bagaimana cara guru lain mengajar, Fang Laoshi memutuskan untuk tidak melakukan hal yang sama (menghukum murid). Namun masalah demi masalah hadir di sekolah, nilai murid menurun dan murid-murid tidak bisa disiplin di dalam kelas, ia kemudian mendapat teguran dari kepala sekolah mengenai hal tersebut. Sebenarnya iia merasa idealismenya akan luntur apabila ia akhirnya mengikuti metode pengajaran dengan menghukum murid, namun ia juga berpikir bahwa apa yang ia lakukan nanti akan dapat memberikan pengaruh baik bagi anak muridnya. “Dulu saya terlalu peduli pada nilai tes ujian, kalau hasilnya tidak bagus saya bisa memukul murid, dan ini semua bukanlah hal yang benar. Jadi saya mengalami secara keseluruhan perubahan yang besar. Lalu senyuman, dulu juga tidak ada. Dulu bicara lebih galak,” cerita Fang Laoshi. “Dalam pengalaman saya mengajar, 22 tahun pertama saya galak, tahun pertama tidak galak, tapi karena itu nilai murid-murid tidak bagus, maka sejak tahun kedua saya berubah menjadi galak hingga tahun ke-22,” tambahnya. Setelah menerapkan metode pembelajaran yang ia yakini benar, Fang Laoshi memang mendapatkan apa yang ia inginkan, nilai murid-muridnya meningkat dan kedisiplinan di kelasnya bagus, namun hal lain yang timbul adalah ketakutan dan kebencian para murid pada dirinya. Metode pengajaran yang salah juga ia terapkan pada anak perempuannya hingga akhirnya sang anak memberontak dan ia merasa hampir putus asa untuk mendidik anaknya. Suatu saat, dia mengenal Tzu Chi melalui sharing pengajaran kata perenungan Master Cheng Yen. Dalam kata perenungan ditulis: “Perkataan baik disampaikan dengan tutur kata yang baik. Harus bersikap lembut walau berada di pihak yang benar, sampaikan perkataan baik dengan tutur kata yang baik – mengatakan hal yang benar dengan nada suara dan sikap yang lembut.” Kemudian ia merasa bahwa setiap kata perenungan Master Cheng Yen terasa begitu nyata dengan kehidupannya. Mulai saat itu juga, ia memutuskan untuk meninggalkan metode pengajarannya dan mendalami Tzu Chi. “Semenjak saya masuk dalam Tzu Chi, Asosiasi Guru Tzu Chi, saya telah mempelajari banyak sekali cara-cara yang bagus. Setelah 22 tahun itu, saya lebih banyak mengajar mereka budaya humanis, cara bertingkah laku dalam masyarakat, dan menurut saya setelah mengajarkan budaya humanis dengan baik sehingga tingkah laku mereka dalam masyarakat pun baik, mereka akan lebih rajin belajar, karena mereka mengetahui bahwa untuk menjadi orang yang baik, mereka perlu membantu lebih banyak orang, maka akan lebih rajin. Ini perbedaannya, sangat bahagia, tidak perlu galak-galak. Setelah menginspirasi niat untuk berbuat kebajikan, mereka akan mengikuti guru untuk bersama-sama melakukan kebajikan. Sebelum masuk ke Tzu Chi, saya tidak se-happy ini, sebelum masuk Tzu Chi, tubuh tidak sesehat sekarang,” ujar Fang Laoshi seraya mengumbar senyum di wajahnya.
Keterangan :
Pengalaman yang diceritakan oleh Fang Laoshi mungkin banyak terjadi di kelas-kelas atau di sekolah-sekolah tempat putra/putri kita belajar, di mana guru memberikan pengajaran dengan metode yang salah dan justru membuat mereka tertekan, terbebani, dan merasa takut untuk bersekolah atau pun takut untuk bersosialisasi. Padahal seharusnya melalui pendidikan, guru dapat menyucikan hati manusia (murid) dan dengan pendidikan yang berjalan baik akan memberikan harapan baik bagi masyarakat. Dari sanalah pelatihan untuk memberikan bekal bagi para guru ini diberikan bagi tenaga pendidik di Tzu Chi, selain agar mereka dapat mengenal metode pendidikan Tzu Chi lebih dalam, mereka nantinya diharapkan akan dapat menerapkan pendidikan berbudaya humanis dalam kelas mereka.
Keterangan :
Pelatihan yang dilaksanakan pada 5-9 Juli 2013 di Xi She Ting, Aula Jing Si, PIK, (dua hari untuk guru Sekolah Cinta Kasih, Cengkareng dan dua hari untuk guru Sekolah Tzu Chi Indonesia) ini dihadiri oleh 94 guru Sekolah Cinta Kasih dan 109 guru Sekolah Tzu Chi Indonesia. Dengan materi yang sama namun waktu pembawaan yang berbeda, para guru mendapatkan masukan dan pengetahuan baru mengenai cara mendidik dan memperlakukan murid. Bersambung ke Bagian 2. | |||
Artikel Terkait
Setetes Darah Penuh Kasih Tiada Batas
23 Juli 2014 Yayasan Buddha Tzu Chi Pekanbaru mengadakan kegiatan donor darah, dengan setetes darah penuh kasih tiada batas ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap tenggang rasa sesama. Sebanyak 114 Bodhisatwa yang masuk kriteria pendonoran darah sudah siap untuk berpartisipasi tuk berbuat kebajikan pada acara ini.PAT 2022: Menjadi Murid yang Master Inginkan
10 Januari 2023Relawan Tzu Chi Batam mengadakan acara Pemberkahan Akhir Tahun 2022 pada 8 Januari 2023. Acara Pemberkahan Akhir tahun ini dihadiri warga pulau Lingka (pulau kecil di sisi barat Pulau Batam) dan warga Batam.