Belajar Memasak, Makan Cermat, dan Hidup Sehat

Jurnalis : Sufenny (He Qi Muara Karang) , Fotografer : Henry Tando, Feranika Husodo (He Qi Muara Karang)

Ibu Suri (Mama Chiara) sedang memotong tempe dan bahan-bahan untuk membuat mi Spaghetti.

Relawan dari komunitas He Qi Muara Karang dan He Qi PIK mengadakan kelas bimbingan budi pekerti pada Minggu, 8 September 2024 di Tzu Chi Center Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Kelas bimbingan budi pekerti ini mengusung tema “Makan Cermat, Hidup Sehat”. Ada orang tua murid Qin Zi Ban Kecil, Qin Zi Ban Besar, dan Tzu Shao Ban 32 orang, yang dibagi menjadi lima kelompok memasak.

Para peserta dikenalkan Master Chef Tjoeng Sioe Fong dan Erine Fabiand yang telah memenangkan Juara II dalam lomba memasak vegetarian di Yayasan Tzu Chi Jakarta. Para orang tua murid kelas budi pekerti ini  berkesempatan belajar memasak masakan Spaghetti Bolognese Vegan yang bahan-bahannya terdiri dari tomat, jamur kancing (champignon)  minyak makan, daun salam, sambal tomat, kecap asin, gula, saus tiram vegetarian, oregano, mi spaghetti dan tempe.

Erine shi jie sedang mendampingi siswi kelas budi pekerti cara memotong tempe kotak-kotak besar agar jika di goreng tempe tersebut tidak hancur.

Tjoeng Sioe Fong memberikan bahan-bahan kepada setiap kelompok, lalu Erine Fabiand memberi arahan bahwa mi spaghetti harus dimasak hingga matang merata. Ernie juga mengarahkan para siswa cara memotong tomat kotak-kotak, jamur kancing dibelah menjadi lima bagian dan tempe dipotong dadu besar. Goreng tempe dadu hingga kering, kemudian diblender kasar, ini yang akan menjadi toppingnya.

Kemudian, Tjoeng Sioe Fong memperagakan langsung cara menggoreng tempe, lalu diblender, menggoreng jamur kancing. Tjoeng Sioe Fong menyarankan agar minyak yang digunakan tetap sama dan tidak boleh mencampur minyak dengan merek atau tipe yang bebeda karena bisa menghasilkan gelembung buih-buih.  “Boleh tambahkan minyak jika kurang, tetapi dengan merek yang sama. Karena jamur mengandung banyak air sehingga menggoreng jamur harus agak lama dikit hingga agak kering. Mi Spaghetti direbus terakhir ya,” ucap Tjoeng.

Para orang tua kelas budi pekerti turut mencoba menyiapkan bahan-bahan makanan untuk membuat Spaghetti Bolognese Vegan. Kegiatan kelas memasak kelas budi pekerti dan para orang tua ini bertujuan untuk mempererat hubungan orangtua dan anak dan sekaligus mengajak mempraktekkan masakan sehat vegetarian dirumah masing-masing.

Setelah semua bahan tersedia, tomat dimasak hingga agak mengering, tambahkan bumbu dapur dan rasakan masukkan spaghetti dan aduk rata. Mi Spaghetti  siap disajikan.

Salah satu orang tua kelas budi pekerti Chiara, Ibu Suri mengatakan kegiatan belajar memasak ini sangat seru dan berharap bisa berkelanjutan. “Seru.. baru pertama kali masak team work begini, jadi bisa belajar banyak, serasa Profesional karena Chefnya Profesional,” ucap Suri dengan wajah gembira.

William ikut membantu proses memotong bahan - bahan untuk membuat masakan masakan Spaghetti Bolognese Vegan.

William (Ge Ge) yang membantu proses motong-motong tomat, jamur dan tempe sangat menikmati kegiatan belajar memasak ini. “Ternyata Enak juga karena aku sempat salah motong ukuran, dan khawatir hancur,” aku William puas.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Antusias Wong Palembang Mengikuti Audisi Vegetarian Chef Indonesia Season 2 Bersama Daai TV

Antusias Wong Palembang Mengikuti Audisi Vegetarian Chef Indonesia Season 2 Bersama Daai TV

02 Agustus 2024

Pada 20 dan 21 Juli 2024 telah dilakukan Audisi Vegetarian Chef Indonesia Season 2. Sebanyak 37 Peserta dari 46 pendaftar telah mengikuti audisi langsung di Sekolah Kusuma Bangsa.

Berhasil Menang! Inilah Kreasi Tempe Terenak

Berhasil Menang! Inilah Kreasi Tempe Terenak

13 Agustus 2024

Tzu Chi Vegan Cooking Competition 2024 telah menghasilkan 12 menu tempe yang bervariasi dan super kreatif. Walaupun semua tim tampil maksimal, tapi bukan kompetisi namanya kalau tidak ada pemenangnya. Tak perlu berlama penasaran, inilah para juaranya.

Relawan Tzu Chi Adu Kebolehan Memasak Vegan, Hasilnya Semua Enak!

Relawan Tzu Chi Adu Kebolehan Memasak Vegan, Hasilnya Semua Enak!

12 Agustus 2024

Menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah, Tzu Chi Indonesia menyelenggarakan Tzu Chi Vegan Cooking Competition 2024 yang merupakan perlombaan memasak menu vegan yang pertama diadakan di Tzu Chi Center.

Menggunakan kekerasan hanya akan membesarkan masalah. Hati yang tenang dan sikap yang ramah baru benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -