Belajar untuk Tampil Percaya Diri

Jurnalis : Charlin (Tzu Ching Medan), Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan), Fotografer : Charlin (Tzu Ching Medan), Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan)

Mr. Tin memberikan games untuk meningkatkan fokus peserta.

Di era komunikasi global saat ini, kemampuan berbicara di depan umum menjadi keterampilan yang sangat penting. Untuk menjawab kebutuhan ini, Tzu Ching UNPRI (Universitas Prima Indonesia) mengadakan Workshop Public Speaking, Minggu 9 Juni 2024, bertempat di Lt.12 Gedung Universitas Prima Indonesia,  Kota Medan. Acara ini diikuti oleh banyak mahasiswa dari berbagai kampus, serta peserta umum dari kalangan usia 18 – 25 tahun. Para peserta memiliki semangat dan antusias yang tinggi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi mereka.

Ir. Martinus Tjendana, BNSP, M. Psi. atau disapa Mr. Tin merupakan Top Mindset Motivator sejak tahun 2005. Dengan keahlian dan pengalamannya, Mr. Tin memberikan wawasan dan keterampilan penting dalam public speaking kepada para peserta.  Mr Tin menyampaikan bahwa perasaan takut salah, takut gagal, tidak berani mencoba membuat ketakutan dalam diri membesar dan akhirnya menjadi glossophobia atau ketakutan yang berlebihan untuk tampil di depan umum.

“Jangan dengarkan apa kata hati yang negatif tadi sembari berusaha mencoba, berlatih, berlatih dan terus berlatih. Parang tumpul saja kalau diasah pasti akhirnya bisa tajam juga. Demikian dengan ketrampilan public speaking kita,” terangnya.

Ebhalina Wijaya mendapat masukan dari Mr. Tin, apa saja yang harus diperhatikan saat maju ke depan.

Sembari menyampaikan materi, Mr.Tin juga memberikan games yang dirancang unruk meningkatkan fokus dan keterlibatan terhadap materi yang disampaikan. Mr. Tin juga memberikan kesempatan bagi peserta yang bersedia untuk langsung mempraktikkan public speaking di depan audiens.

Kesempatan ini memberikan pengalaman berharga bagi peserta untuk menerapkan teori yang telah dipelajari dalam situasi nyata. Setiap peserta yang berani tampil diberikan apresiasi berupa suvenir. Salah satunya Ebhalina Wijaya, mahasiswa jurusan Manajemen Keuangan UNPRI yang tampil ke depan tanpa ragu.

“Setelah saya mengikuti kelas ini saya akhirnya tahu bahwa gugup itu adalah hal lumrah akan tetapi bisa diatasi dengan mindset kita. Saya juga mendapatkan tips sebelum maju ke depan adalah percaya diri, penguasaan materi yang akan kita sampaikan, dan jangan takut sebelum kita mencobanya,” ujar Ebhalina.

Mr. Tin menerima suvenir yang diberikan dari Pembina Tzu Ching UNPRI.

Di akhir acara, Muda-mudi Tzu Ching UNPRI memberikan suvenir kepada Mr. Tin sebagai bentuk penghargaan atas ilmu dan wawasan berharga yang telah dibagikannya. Gagasan dan inspirasi yang diberikan Mr. Tin diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam kemampuan komunikasi publik para peserta.  Dengan mengutip sebuah Kata Perenungan Master Cheng Yen, “Jika memiliki keyakinan, keuletan, dan keberanian secara bersamaan, tidak ada hal yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Workshop Fotografi Humanis 2013

Workshop Fotografi Humanis 2013

30 Oktober 2013 ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei memberikan hadiah kepada para pemenang Lomba Foto Aula Jing Si pada Minggu, 27 Oktober 2013 lalu.
Belajar untuk Tampil Percaya Diri

Belajar untuk Tampil Percaya Diri

14 Juni 2024

Di era komunikasi global saat ini, kemampuan berbicara di depan umum menjadi keterampilan yang sangat penting bagi semua orang. Untuk menjawab kebutuhan ini, Tzu Ching UNPRI (Universitas Prima Indonesia) mengadakan Workshop Public Speaking.

Merangkai dan Memaknai Keindahan Bunga

Merangkai dan Memaknai Keindahan Bunga

01 Maret 2017

Jumat, 24 Februari 2017, Tzu Chi University Continuing Education Center (TCUCEC) mengadakan workshop Hand Tied Bouquet Armature yang bertempat di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara. Kegiatan workshop yang diikuti 25 peserta dari berbagai wilayah di Jakarta ini terselenggara berkat kerjasama TCUCEC dengan DPC IPBI (Ikatan Perangkai Bunga Indonesia) Jakarta Pusat.

Mendedikasikan jiwa, waktu, tenaga, dan kebijaksanaan semuanya disebut berdana.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -