Berbagi Berkah di Pondok Pesantren Hidayatullah

Jurnalis : Noni Syahdini M. Irvan (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : 3 in 1 Xie Li Kalimantan Timur 1

Relawan bersama para santri bergotong royong menurunkan bahan sembako dari mobil ke teras pondok pesanteren Hidayatullah dan lainnya ke gudang gudang pesantren. Relawan menyerahkan paket sembako berupa 80 Kg beras, 10 dus mi instan, 12 papan telur, dan 5 dus minyak goreng.
 

“Bila menginginkan kehidupan yang selalu berlimpah berkah, kita harus bersumbangsih terlebih dahulu untuk membantu orang lain”. Selaras dengan Kata Perenungan Master Cheng Yen tersebut, relawan Xie Li Kalimantan Timur 1 berbagi untuk para santri di Pesantren Hidayatullah Kongbeng, Muara Wahau, Kutai Timur pada 8 Agustus 2024. Kedatangan relawan kali ini ingin menyerahkan bantuan paket sembako berupa  80 Kg beras, 10 dus mi instan, 12 papan telur, dan 5 dus minyak goreng.

Bantuan sembako dari relawan Xie Li Kalimantan Timur 1 ini disambut hangat oleh Ustaz Ali, Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah. Ustaz Ali bercerita jika pesantren ini berdiri sejak tahun 2016 di atas tanah wakaf dan saat ini menampung 50 orang santri dan 10 orang staf pendidik. “Kami sangat bersyukur atas bantuan ini. Semoga Allah membalas kebaikan para relawan. Ini memberikan semangat kami untuk belajar dan melangkah lebih giat lagi dalam kehidupan,” ujar Ustaz Ali penuh rasa syukur.

Relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas dai komunitas Xie Li Kalimantan Timur 1 meneyrehakan bantuan paket sembako sebagai wujud rasa kepedulian relawan Tzu Chi terhadap dunia pendidikan di  lingkungan kerja Kalimantan Timur 1.

Jhon Oberlin Damanik, Ketua Xie Li Kalimantan Timur 1 (berkacamata) menyerahkan secara simbolis kepada santri dan pengurus pesantren berupa bantuan paket sembako. Pondok pesantren Hidayatullah ini di huni oleh 50 orang santri dan 10 orang staf pendidik.

Kedatangan relawan ini juga membawa kebahagiaan bagi para santri. Nabil, salah satunya, “Terima kasih atas kedatangan bapak ibu semua ke pondok kami. Saya dan teman-teman sangat senang mendapat bantuan sembako. Semoga Allah membalas semua kebaikan para relawan,”ucap Nabil tersenyum penuh haru.

Bisa turut berbagi dengan para santri membawa kesan tersendiri bagi para relawan. Seperti yang dirasakan Ni Luh Sanidariyanti. Meski jarak yang ditempuh cukup jauh, namun bisa berbagi berkah membawa kebahagiaan tersendiri. “Ikut senang pastinya ya bisa ikut mengirimkan bantuan sembako ini ke pesantren. Selain saya belajar berbagi, yang penting saya juga belajar untuk bersyukur atas hidup yang saya miliki,” ucap Ni Luh penuh bahagia.

Relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas dari komunitas Xie Li Kalimantan Timur 1 menyerahkan paket sembako untuk para penghuni pondok pesantren Hidayatullah yang berada di Desa Kongbeng, Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Para relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas dari komunitas Xie Li Kalimantan Timur 1 berfoto bersama dengan para penghuni pondok pesantren Huidayatullah dan para guru dan pengurus pesanteren.

Perjalanan sekitar 26 KM ditempuh 18 orang relawan menuju pesantren Hidayatullah, termasuk Jhon Oberlin Damanik, Ketua Xie Li Kalimantan Timur 1. Dalam sambutannya Jhon Oberlin mengatakan bantuan paket sembako ini sebagai wujud cinta kasih relawan Tzu Chi kepada para santri yang menuntut ilmu di pondok Pesantren Hidayatullah. “Ini merupakan bentuk silahturahmi untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap anak-anak pondok pesantren yang berada di lingkungan kerja Kalimantan Timur 1,” jelas Jhon Oberlin.

Matahari sudah sudah tegak lurus di atas kepala. Relawan pun segera berpamitan. Terik matahari menemani langkah relawan menuju kediaman masing-masing. Meski terik, namun hati relawan diliputi rasa kebahagiaan yang dibawa pulang.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Bantuan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu di Kota Bandar Lampung

Bantuan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu di Kota Bandar Lampung

06 Mei 2020
Tzu Chi Lampung mengadakan serah terima bantuan sembako sebanyak 5.000 paket bagi warga kurang mampu yang terdampak Covid-19, khususnya di Kota Bandar Lampung kepada TNI dan Polri. Serah terima ini berlangsung pada Selasa, 05 Mei 2020, di Lapangan Garuda Hitam, Bandar Lampung. 
Pembagian Kupon Sembako di Bulan Ramadan

Pembagian Kupon Sembako di Bulan Ramadan

06 April 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat membagikan kupon sembako dalam rangka menyambut Lebaran 2022. Sebanyak 610 kupon dibagikan kepada 8 RW di Kelurahan Duri Pulo, Jakarta Barat.

Banjir 2020: Korban Banjir di Teluk Naga Terima Bantuan Sembako

Banjir 2020: Korban Banjir di Teluk Naga Terima Bantuan Sembako

06 Januari 2020

Tzu Chi memberi bantuan kepada korban banjir di Desa Pangkalan, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang. Bantuan tersebut berupa sembako yang terdiri dari 40 dus Mi DAAI, 5 dus air mineral, 5 dus minyak goreng, 470 makanan hangat, dan 20 kg beras.

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -