Berbagi Kasih di Panti Jompo Harapan Kita

Jurnalis : Hendrik Simanjuntak (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Hendrik simanjuntak, Abi (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas Regional Sumatera Selatan melakukan kunjungan kasih ke Panti Jompo Harapan Kita.

Berbagi untuk opa oma di Panti Jompo Harapan Kita dilakukan Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas Regional Sumatera Selatan, Sabtu (25/11/23). Dalam kegiatan ini, para relawan memberikan bantuan berupa pampers, sabun mandi, shampo, pembersih lantai, biskuit, minyak gosok dan lampu penerang. Selain memberikan bantuan tersebut para relawan juga menghibur, bernyanyi, dan menari bersama dengan 59 penghuni panti ini.

Oma dan Opa terlihat sangat antusias bernyanyi dan menari bersama ketika Erlina, salah satu relawan mengundang oma dan opa untuk maju ke depan. Iringan lagu Kopi Dangdut dan Poco-Poco membuat suasana menjadi begitu meriah sehingga tampak senyuman dan tawa diwajah mereka.

Dalam kunjungan kasih ini, relawan menghibur para oma opa dengan bernyanyi dan berjoget bersama dengan diiringi musik.

Setelah selesai acara hiburan, para relawan berkunjung ke kamar oma dan opa sembari melihat keadaan mereka yang terbaring di tempat tidur akibat sakit. Beberapa relawan ada yang mengobrol sambil menggunting kuku, menyuapi, membalur minyak gosok, dan ada juga yang membantu memperbaiki pintu kamar dari oma dan opa.

Kunjungan kasih ini merupakan kegiatan pertama bagi Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas Regional Sumatera Selatan yang sehari sebelumnya baru saja melakukan pelatihan Abu Putih 1. Dalam kunjungan kasih ini, disamping memberi bantuan dan penghiburan bagi oma dan opa yang tinggal di panti, juga merupakan kesempatan bagi para relawan untuk melatih  empati kepada orang lanjut usia.

Relawan membantu menggunting kuku salah satu oma penghuni Panti Jompo Harapan Kita yang hanya bisa terbaring di tempat tidur.

Kesempatan mengunjungi penghuni panti membawa pembelajaran tersendiri bagi relawan. Salah satunya Maria. “Di rumah saya masih memiliki nenek yang sudah Lansia dan dalam kondisi bedrest. Kami di rumah berusaha merawat nenek dengan sebaik-baiknya, walaupun kadang kala nenek masih sering rewel karena terkadang nenek bilang belum diberikan makan padahal nenek yang lupa sudah diberi makan. Hal ini sering membuat kita di rumah jengkel, namun di panti jompo ini ternyata hal seperti itu juga sering terjadi namun para pengasuh tertawa saja menaggapi tingkah para oma dan opa ini. Di sini saya belajar, ternyata tingkah nenek saya yang sering rewel karena lupa belum diberi makan harusnya saya tanggapi dengan tertawa seperti yang dilakukan para pengasuh di sini,” ujar Maria.

Kunjungan kasih ini diapresiasi dan disyukuri para pengasuh di Panti Jompo Harapan Kita. Seperti yang disampaikan Irma yang sudah 5 tahun bekerja di panti ini. “Saya sangat bersyukur atas kunjungan bapak dan ibu semua. Berkat kunjungan bapak dan ibu saya melihat senyum dan tawa dari oma dan opa begitu riang gembira. Mereka memang sangat membutuhkan perhatian dan diajak ngobrol,” ungkapnya.

Bukan hanya menghibur dan memberi perhatian, relawan juga memperbaiki salah satu pintu kamar yang rusak di Panti Jompo Harapan Kita.

Setelah selesai melakukan kunjungan kasih, para relawan kembali ke kantor Regional Sumsel untuk berbagi cerita pengalaman di hari itu. “Ini pengalaman pertama untuk kami Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas Regional Sumatra Selatan melakukan kunjungan kasih ke panti jompo. Kami masih perlu belajar agar di kegiatan berikutnya bisa dipersiapkan lebih baik lagi. Dan harapan saya kegiatan hari ini dapat menjadi pemicu buat kami agar terus bersemangat menyebarkan cinta kasih universal,” ucap Intan ketika memberikan sharing pengalaman.  

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Asa Baru Untuk Raihan

Asa Baru Untuk Raihan

11 November 2014 Setelah Ibu Duryati (36) dan Marta (56) membawa buah hati mereka ini berobat ke RSCM dan diperiksa secara intensif, Raihan didiagnosa menderita  penyakit Atresia Bilier. Atresia Bilier ialah penyakit yang bermula dari  penyempitan empedu dan menyebabkan gagal fungsi hati (lever) sehingga saluran empedu tidak berbentuk secara normal.
Tetes Cinta Kasih Tzu Chi untuk Dian dan Maliki

Tetes Cinta Kasih Tzu Chi untuk Dian dan Maliki

18 Agustus 2020
Melalui tetes cinta kasih yang tulus, relawan Tzu Chi bukan hanya memberikan perhatian bantuan pendidikan kepada Maliki, namun juga dapat menyembuhkan Dian, kakak Maliki dari gangguan kejiwaan. Hal ini memberikan secercah harapan dan luapan semangat bagi ibu mereka untuk tetap tegar berjuang, membesarkan kedua anaknya.
Kaki Prostetik Membuat Hari-Hari Siti Jadi Lebih Baik

Kaki Prostetik Membuat Hari-Hari Siti Jadi Lebih Baik

05 Oktober 2023

Siti Komariah tak menyerah karena amputasi kaki. Ia membuktikan bahwa dengan semangat, hidup tetap akan bisa dijalaninya dengan baik walau dengan satu kaki. Kini, semangatnya itu bertambah besar karena Tzu Chi memberikan bantuan kaki palsu untuknya.

Melatih diri adalah membina karakter serta memperbaiki perilaku.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -