Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak-anak Panti Asuhan Al Iman

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Cindy Frisca (Tzu Chi Makassar)

Relawan Tzu Chi Leni Darmawang merasakan kebahagiaan karena dapat berbagi (mengajar) kepada anak-anak di Panti Asuhan Al Iman, Makassar.

Relawan Tzu Chi Makassar melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Al Iman yang berada di Jalan Rajawali, Makassar pada Minggu, 4 September 2022. Selain memberi perhatian kepada anak-anak panti (sekitar 25 orang anak), relawan juga membimbing anak-anak dengan melakukan Kegiatan Belajar Bersama.   

Setelah renovasi Panti Asuhan Al Iman, relawan Tzu Chi dan Muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching) berkomitmen untuk mendampingi adik-adik panti ini. Pendampingan dilaksanakan setiap 2 kali dalam sebulan yaitu minggu pertama dan minggu ketiga pada hari minggu. Kegiatan kelas mengajar bersama adik-adik Panti Asuhan Al Iman berlangsung dari pukul 09.00 - 12.00 Wita. Tujuan pendampingan ini adalah agar dapat meningkatkan semangat belajar adik-adik di panti sehingga nilai pelajaran menjadi lebih baik, dan ke depannya bisa berprestasi lebih baik.

Keceriaan dan kebahagiaan anak-anak panti menyambut kehadiran relawan Tzu Chi di tengah-tengah mereka.

Pelajaran yang diajarkan salah satunya adalah Matematika dan bahasa Inggris.

Salah satu pelajaran yang diberikan yaitu bahasa Inggris dan matematika. Ada beberapa adik di panti yang belum menguasai cara membaca dan menghitung, khususnya yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Setelah itu, akhirnya kami sepakat untuk membagi anak-anak tersebut sesuai tingkatan sekolah dan kemampuan belajar mereka. Relawan mengelompokkan anak-anak menurut jenjang kelasnya di sekolah sehingga memudahkan relawan untuk memberikan materi pembelajaran. Setelah adik-adik ini  dikelompokkan menurut jenjang kelasnya di sekolah, selanjutnya para relawan akan dibagi  ke masing-masing kelompok untuk menjadi mentor mereka, dan dimulailah pembelajaran tambahan selama dua jam ini.

Relawan Tzu Chi yang menjadi Koordinator Kegiatan Belajar Bersama Anak Panti Asuhan ini, Nuraisyah mengatakan jika kegiatan ini menjadi agenda rutin dari relawan Tzu Chi Makassar dan dilaksanakan setiap dua kali dalam sebulan di hari Minggu. “Kami membantu mereka untuk kembali mengingat pelajaran di sekolah, bahkan kami juga memberikan (materi) pelajaranyang mungkin mereka tidak dapatkan di bangku sekolah,” kata Icha, sapaan akrabnya.

Kakak-kakak dari Tzu Chi dengan gembira dan serius mengajar dan membimbing adik-adik, agar adik-adik bisa lebih pandai dan cerdas. 

Selesai kegiatan belajar, relawan Tzu Chi dan Tzu Ching juga mengajarkan adik-adik di Panti Asuhan Al Iman isyarat tangan Satu Keluarga. Relawan juga memberikan penilaian kepada adik-adik dengan cara memberi stiker bintang yang harus mereka kumpulkan di akhir kegiatan. Setelah kegiatan selesai, relawan bersama-sama adik-adik di panti menyantap makan siang bersama. Tak lupa relawan juga mengingatkan kepada adik-adik untuk bertemu kembali pada minggu berikutnya.

Ramlah selaku pengurus Panti Asuhan Al Iman mengungkapkan sangat bangga kepada relawan Tzu Chi karena dapat mengajar dan membimbing anak-anak asuhnya sehingga mereka mendapatkan tambahan pengetahuan dan juga kebahagiaan. “Sangat bangga kepada relawan Tzu Chi, (dari kegiatan ini) sudah ada kemajuan dari anak-anak dalam belajar. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah datang membantu kami sebagai pengurus dalam mendidik anak-anak ini,” ungkap Ramlah.

“Memberi pehatian pada orang lain sama dengan memberi perhatian pada diri sendiri. Membantu orang lain juga membantu diri sendiri.” (Master Cheng Yen)

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Membangkitkan Empati dari Kunjungan Kasih

Membangkitkan Empati dari Kunjungan Kasih

08 Maret 2023

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung memberikn perhatian khusus kepada 50 orang lansia prasejahtera di Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan pada 22 Februari 2023. 

Almeera Anak yang Kuat

Almeera Anak yang Kuat

06 November 2020

Almeera Azzahra masih berusia dua tahun. Namun di usia tersebut, bahkan sejak usia lima hari, Almeera yang merupakan penerima bantuan Tzu Chi ini, sudah bergelut dengan tiga penyakit berat, dari gizi buruk, kelainan jantung, dan asam lambung. 

Harapan Bersama Datangnya Kursi Roda

Harapan Bersama Datangnya Kursi Roda

10 November 2016

Ho Nona adalah seorang wanita yang hidup sebatang kara di Bogor, Jawa Barat. Ia pergi meninggalkan tempat asalnya, Kota Pangkal Pinang untuk mencari sanak saudaranya di Kota Hujan. Namun sayang, ia tidak pernah menemukan saudara yang dicarinya dan kini ia menderita stroke sehingga tidak bisa berjalan dan berbicara.

Melatih diri adalah membina karakter serta memperbaiki perilaku.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -