Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan Amanah As-Sodiqiyah

Jurnalis : Surono (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Surono (Tzu Chi Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Sinar Mas komunitas PT. Indah Kiat Tangerang melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Amanah As-Sodiqiyah, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang. Dalam kegiatan ini, relawan juga membagikan bingkisan bagi anak-anak penghuni panti.

Cuaca cukup terik pada Selasa (23/7/24) tidak menyurutkan semangat Komunitas Relawan Tzu Chi Sinar Mas dari PT. Indah Kiat Tangerang menuju Panti Asuhan Amanah As-Sodiqiyah, Desa Sukatani, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten. Kedatangan relawan kali ini untuk melakukan kunjungan kasih untuk para penghuni panti asuhan.

Suasana panti tampak meriah. Anak-anak juga telah menanti kedatangan relawan di gazebo panti, tempat untuk acara kunjungan ini. Panti Asuhan Amanah As-Sodiqiyah ini berdiri sejak tahun 2014 dan saat ini dihuni sebanyak 66 anak dari bayi hingga anak-anak yang bersekolah dari TK sampai SMA/SMK. Ada yang yatim, bahkan ada juga yang tidak memiliki orang tua sama sekali.

Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional, yang diperingati setiap tanggal 23 Juli relawan datang ke panti untuk memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak-anak. Setelah sampai di panti, relawan langsung berbaur dan bermain bersama anak-anak panti. Beberapa relawan langsung bercengkrama dan memangku anak panti yang masih balita, mengajaknya bermain hingga tertawa bersama. Selain itu, relawan juga memberikan perhatian dan penghiburan kepada anak-anak panti dengan mengajaknya menyanyi, bermain, dan berkreativitas dengan membuat karya dari kertas kokoru.

Lina Widiastuti, Pendiri Panti Asuhan Amanah As-Sodiqiyah menerima pemberian bantuan secara simbolis dari relawan Tzu Chi Sinar Mas.

Pada kunjungan kasih ini relawan juga memberikan bantuan sembako berupa beras, minyak, telur, alat tulis, peralatan mandi, pampers, susu, makanan ringan, dan paket makan siang. Kehadiran relawan memberi keceriaan dan kebahagiaan di momen hari anak ini meskipun jauh dari orang tua.

Salah satu anak panti, Salbiya Salsabilla (13) yang saat ini kelas 8 SMP, merasa senang dengan kehadiran relawan. Ia sudah 2 tahun tinggal di panti semenjak ditinggal ibunya bekerja di luar negeri. “Senang dan bahagia, main bareng-bareng, tadi bikin kayak mainan gitu, sama dikasih makanan. Bermanfaat banget kunjungannya. Terima kasih relawan Tzu Chi yang sudah memberi barang-barang yang bermanfaat buat kita,” ujar Salbiya ceria.

Salbiya Salsabilla menerima bingkisan dari relawan Tzu Chi Sinar Mas. Ia pun merasa senang dan bahagia, bisa main bareng-bareng, membuat karya kreatif, dan diberikan makanan.

Kunjungan kasih ini disambut hangat pendiri dan pemilik Panti Asuhan Amanah As-Sodiqiyah, Lina Widiastuti (76). Ia sangat mengapresiasi dan bersyukur relawan bersedia berkunjung ke panti ini. “Alhamdulillah sekali, saya sangat bersyukur, karena yang begini ini jarang ya, karena tempatnya terpencil, ini kan dipojok banget, orang jarang tahu juga, tapi alhamdulillah juga, ada yang kemari, anak-anak juga terhibur. Terima kasih banyak atas kepeduliannya, kedatangannya relawan Yayasan Tzu Chi,” ucap Lina dengan penuh bersyukur.

Lina juga menambahkan bahwa pantinya saat ini lebih memerlukan dana, sembako, pampers untuk bayi. Apalagi sekarang ini masa awal tahun pelajaran bagi anak-anak yang sudah sekolah. Banyak memerlukan biaya pendidikan, seragam sekolah, dan alat tulis menulis. Bahkan pengurus panti pun juga berdagang di depan panti untuk membantu pembiayaan operasional panti ini.

Dalam kunjungan ini, relawan Tzu Chi Sinar Mas komunitas PT. Indah Kiat Tangerang juga bermain dan menghibur anak-anak penghuni Panti Asuhan Amanah As-Sodiqiyah.

Kunjungan ke panti ini memberi pelajaran tersendiri bagi relawan. Melihat anak-anak yang tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya, membuat relawan banyak bersyukur. Apalagi banyak anak-anak penghuni panti tinggal di sini sejak masih bayi. Inilah yang dirasakan Febra Jeksianola, salah satu relawan.
”Saya merasa terharu. Ternyata mereka juga sangat antusias gitu, mereka senang kita datang, beberapa anak juga ingin dipeluk, mereka ada yang ingin diperhatikan gitu. Saya sangat senang bisa berbagi sedikit kebahagiaan dengan mereka. Saya sangat bahagia,” pungkas Febra sambil melepas senyum.

Dengan berbagi perhatian dan cinta kasih, pemberi dan penerima cinta kasih akan merasakan kebahagiaan yang sama dan jalinan jodoh akan terjalin dengan baik di hati. Hal ini senada dengan Kata Perenungan Master Cheng Yen. “Dengan memberikan lebih banyak cinta kasih dan mengucapkan lebih banyak kalimat penuh penghiburan, berarti telah menanamkan jalinan jodoh baik dalam hati orang.”

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Pelukan Seorang Ibu yang Dirindukan

Pelukan Seorang Ibu yang Dirindukan

11 Juli 2024

Relawan Tzu Chi di Xie Li Indragiri memberikan bantuan paket sembako, perlengkapan mandi, kebutuhan rumah tangga, buku dan alat alat tulis untuk Panti Asuhan Puri Kasih yang berlokasi di Jalan Sobrantas, Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau.

Senyum Terindah Dari Panti Asuhan  Muhammadiyah

Senyum Terindah Dari Panti Asuhan Muhammadiyah

30 Mei 2015

Sebanyak 30 insan Tzu Chi yang dikoordinatori oleh Ami Haryatmi bermain bersama 35 anak panti. Mereka sangat bersukacita. Terlihat pula beberapa anak asuh yang masih jauh di bawah umur yang seyogyanya masih sangat membutuhkan kepedulian dari masyarakat yang peka akan penderitaan mereka.

Muda-mudi Tzu Chi Berbagi Cinta Kasih di Panti Asuhan Putra Setia

Muda-mudi Tzu Chi Berbagi Cinta Kasih di Panti Asuhan Putra Setia

27 September 2024

Muda-mudi Tzu Chi di He Qi Pusat dan Tunas He Qi Pusat mengunjungi Panti Asuhan Putra Setia untuk berbagi kebahagiaan dan semangat kepada anak-anak panti melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan inspiratif.

Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -