Berbagi Kebahagiaan di Pesantren Hidayatullah, Kutai Timur

Jurnalis : Hani Juwita Sari (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Hani Juwita Sari (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Xie Li Kalimantan Timur 2 membagikan bantuan beras kepada santri Pondok Pesantren Hidayatullah.

Jumat adalah hari yang diyakini umat Islam sebagai hari yang baik untuk menanam berkah. Untuk itu relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Xie Li Kalimantan Timur 2 membagikan bantuan 50 karung beras (ukuran 5 kg) bagi para santri di Pesantren Hidayatullah yang terletak di Kongbeng, Muara Wahau, Kutai Timur pada Jumat, 7 Juni 2024.

Jarak sekitar 28 KM ditempuh 13 orang relawan yang berasal dari Unit Jak Luay Mill,  Bukit Subur Estate,  Jak Luay Estate, dan Rantau Panjang Mill menuju pesantren yang menampung 115 santri ini.

Roy A. Sitompul Shixiong dalam sambutannya mengungkapkan bantuan beras ini sebagai wujud kepedulian untuk para santri yang menuntut ilmu di pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 2016 ini. “Tujuan kedatangan kami bukan hanya tentang memberi bantuannya, tetapi kami ingin mempererat silaturahmi, membangun rasa kepedulian dan kebersamaan diantara kita,” ujarnya.

Roy A. Sitompul Shixiong memberikan sambutan dan menjelaskan bantuan beras ini sebagai wujud kepedulian bagi para santri.

Kegiatan pembagian bantuan beras ini tidak hanya menyentuh hati para penerima, tetapi juga menginspirasi beberapa masyarakat sekitar yang hadir. Ustaz Ali, Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Kongbeng, menyampaikan rasa syukurnya, “Bantuan ini sangat membantu kami dan memberikan semangat baru untuk terus berjuang dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari,” ucapnya seusai penyerahan bantuan beras.

Ustadz Ali menjelaskan bagaimana proses Pondok Pesantren Hidayatullah ini berdiri pada tahun 2016.  “Pesantren ini dibuat karena kami melihat masih kurangnya pendidikan agama Islam,” tuturnya. Ia melanjutkan jika Pondok Pesantren Hidayatullah sendiri berdiri di atas tanah wakaf yang terpisah antara asrama dan masjid. “Masjidnya ini dibangun di atas tanah wakaf yang lokasinya di pinggir jalan. Tujuannya agar memudahkan musafir dan masyrakat sekitar untuk ikut beribadah di masjid ini,” jelas Ustadz Ali.

Setelah sambutan dari pimpinan pondok pesantren, sekitar 50 karung beras mulai dibagikan. Para santri dan pengajar tampak antusias menerima bantuan tersebut. Ustad Ali menyampaikan ungkapkan rasa terima kasihnya. "Kami sangat bersyukur atas bantuan ini. Semoga Allah membalas kebaikan para relawan, ini adalah pertama kalinya pondok pesantren ini mendapat kunjungan dari perusahaan dan menerima bantuan," katanya dengan senyum lebar.

Tidak hanya pembagian beras, acara juga diisi dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Ali. Suasana khidmat dan penuh haru menyelimuti doa tersebut sekaligus mempererat ikatan batin.

Setelah pembagian beras, para relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Xie Li Kalimantan Timur 2 dan pengurus serta santri Pondok Pesantren Hidayatullah berfoto bersama.

Kehadiran relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas komunitas Xie Li Kalimantan Timur 2 yang harus menempuh jarak 28 KM menunjukkan bahwa jarak bukanlah penghalang untuk berbagi dan peduli. Semoga kegiatan mulia ini terus berlanjut dan menggerakkan hati lebih banyak orang untuk membantu sesama.

Jumat Berkah ini menjadi hari yang tak terlupakan bagi Pondok Pesantren Hidayatullah Kongbeng, yang kini semakin yakin bahwa kebersamaan dan kepedulian adalah kunci membangun pendidikan yang lebih baik.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Satu Ton Beras untuk Pesantren Fatihatul Qur’an Bogor

Satu Ton Beras untuk Pesantren Fatihatul Qur’an Bogor

21 Desember 2021

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan ICRP menyerahkan bantuan 1 ton beras kepada Pondok Pesantren Fatihatul Qur’an Education Centre di Kemang, Bogor.

Berbagi Cinta Kasih untuk Warga Kampung Sumur

Berbagi Cinta Kasih untuk Warga Kampung Sumur

10 November 2022

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas menyalurkan cinta kasih untuk warga Kampung Sumur, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (5/11/2022). Relawan menyalurkan beras 300 paket dan 500 paket makan siang. 

Berbagi Kebahagiaan dengan Paket Beras Imlek

Berbagi Kebahagiaan dengan Paket Beras Imlek

24 Januari 2022

Tzu Chi memberikan bantuan 300 paket beras kepada warga Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang yang merayakan Imlek dan yang membutuhkan.

Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -