Berbagi Kepedulian Lewat Donor Darah

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny Wijaya (Tzu Chi Makassar)

Relawan Tzu Chi Makassar membantu para peserta mengisi formulir pendaftaran kegiatan donor darah yang diselenggarakan bersama UPT Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk menambah ketersediaan stok darah, Tzu Chi Makassar kembali mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah pada 4 Maret 2023 di Kantor Tzu Chi Makassar.  Kegiatan ini rutin diadakan setiap tiga bulan sekali dan bekerja sama dengan UPT Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Persiapan awal dilakukan oleh tim relawan Tzu Chi Makassar dengan berbagi tugas seperti pemasangan spanduk hingga persiapan konsumsi seperti bubur kacang ijo, telur rebus, makanan ringan, serta paket bingkisan untuk pendonor. Selain itu, relawan membagikan informasi kegiatan donor darah ini melalui media sosial (Facebook, Whatsapp, Instagram), dan menginformasikan lewat pesan singkat kepada pendonor darah aktif.

Sebelum mendonorkan darah, para peserta yang mendaftar diperiksa terlebih dahulu kondisi kesehatannya.

Donor darah kali ini diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat mulai relawan Tzu Chi, pegawai swasta, hingga Aparatur Sipil Negara (ASN). Para peserta sangat antusias sekali mengikuti kegiatan ini, sehingga sebelum acara dimulai mereka sudah berdatangan di lokasi. Sebelum mendonorkan darah, para peserta  mendaftaran diri, mengisi formulir, dan pengecekan kesehatan.

Salah satu pendonor, Jefri juga mengajak 7 orang teman yang tergabung dalam komunitas sepeda CRBC dalam lam kegiatan ini. Ia pun menuturkan manfaat mengikuti kegiatan donor darah. “Manfaat donor darah yang pertama itu adalah kesehatan, badan saya jadi terasa bugar, terus dapat membantu orang yang membutuhkan darah. Lewat kegiatan ini kita bisa berbagi darah kepada yang membutuhkannya,” jelas Jefri.

Donor darah kali ini selain diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat, juga diikuti oleh para relawan Tzu Chi Makassar.

Hal serupa juga diungkapkan Edy Wijaya yang baru pertama kali mendonorkan darah di Tzu Chi Makassar. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kemanusiaan dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

“Donor darah ini merupakan contoh kegiatan kemanusiaan yang patut ditiru. Ini sangat bermanfaat bagi tubuh dikarenakan dapat mengeluarkan sel darah lama dan memproduksi sel darah yang baru. Sehingga orang yang mendonorkan darahnya dapat segar dan menjaga kesehatan jantung,”ungkap Edy Wijaya.

Koordinator Lapangan (Korlap) UPT Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kamal juga menjelaskan bahwa darah yang terkumpul dalam kegiatan ini akan disalurkan kepada penerima bantuan transfusi darah di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Para peserta menunggu giliran untuk mendonorkan darahnya. Dalam kegiatan ini, Tzu Chi Makassar berhasil mengumpulkan 60 kantong darah.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh Tzu Chi Makassar ini sangat bermanfaat dan berjiwa sosial. Hal ini karena di waktu yang bersamaan, kantong darah yang terkumpul akan didonorkan kepada pasien yang sedang membutuhkan darah di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar,” kata Kamal.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 60 kantong darah berhasil dihimpun. Kegiatan donor darah ini pun merupakan salah satu cara bersumbangsih kepada orang lain dan mencerminkan kalimat dalam salah satu Kata Perenungan Master Cheng Yen. “Hidup manusia tidaklah kekal, bersumbangsihlah pada saat anda dibutuhkan dan lakukanlah selama anda bisa melakukannya.”

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Setetes Darah, Berharga untuk Kemanusiaan

Setetes Darah, Berharga untuk Kemanusiaan

22 Desember 2023

Donor darah kembali digelar relawan di Xie Li Kutai Barat (Kubar) di Balai Pengobatan Sungai Kedang pada Sabtu (16/12/23). Kali ini relawan berhasil menghimpun 33 kantor darah.

Dapat Mendonorkan Darah adalah Sebuah Berkah

Dapat Mendonorkan Darah adalah Sebuah Berkah

02 Maret 2023

Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li Radial kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Kegiatan donor darah rutin ini terus berlanjut karena masih dibutuhkannya pasokan darah di PMI.

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

22 Maret 2019
Tzu Chi Sinar Mas kembali mengajak para karyawan sekitar gedung perkantoran MSIG Tower di Jakarta Selatan untuk berbuat kebaikan melalui donor darah dan Penuangan Celengan Bambu, 12 Maret 2019. 
Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -