Bersama Bersinergi untuk Generasi yang Sehat dan Cerdas

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak) , Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)

Para relawan menyiapkan makanan sehat dan bergizi bagi 250 anak di Distrik Samofa.

Sarlota Dina Barani (34) beserta anaknya Evano Yensenem (3) warga Desa Anjereuw, Distrik Samofa Biak telah bersiap sedari pagi untuk mengikuti kegiatan bertajuk Pemberian Makanan Tambahan Anak di Kantor Kelurahan Samfofa, Senin, 24 Juni 2024. Ia bersama warga Desa Anjereuw lainnya telah disurvey beberapa hari sebelumnya untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

Pada Mei 2024, Tzu Chi Biak bersama instansi pemerintah dan swasta mendapat kepercayaan dari Kanwil BKKBN Papua sebagai bapak asuh dan ibu asuh dari beberapa anak di Distrik Samofa. Kegiatan kali ini pun merupakan salah satu wujud kepercayaan tersebut.

Sebelum Pemberian Makanan Tambahan Anak ini digelar, Tzu Chi Biak, KODIM 1708 BN dan Distrik Samofa telah melakukan beberapa kali rapat membahas kegiatan apa yang bisa dilaksanakan bagi anak-anak di Distrik Samofa. Akhirnya disepakati bersama untuk memberikan makanan sehat dan bergizi kepada anak usia dini.

Sebelum diberikan makanan bergizi, anak-anak juga ditimbang berat badannya serta diukur tinggi badannya.

Ketua Tzu Chi Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono didampingi Komandan KODIM 1708 BN Letkol Inf. Marsen Sinaga dan Sekda Biak, Aner Rumakito SH, PLH memberikan makanan sehat dan bergizi kepada anak-anak.

Tzu Chi Biak dan KODIM 1708 BN dipercaya mengurus makanan sehat tersebut dan Distrik Samofa bertanggung jawab perihal anak. Pemberian makanan sehat ini direncanakan diberikan tiga kali sepekan, pada Senin, Rabu, dan Jumat) selama satu bulan. Kemudian setelahnya akan dievaluasi hasilnya. Kegiatan ini pun tidak bertabrakan dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dan Posyandu yang ada.

Pemberian makanan sehat dan bergizi ini disepakati berupa makanan vegetarian dan menunya sudah disetujui bersama. Menu yang diberikan juga tidak sama tiap hari. Ketua Tzu Chi Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono dalam sambutan cinta kasihnya mengatakan, Pemberian Makanan Tambahan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak.

“Sinergitas yang telah terjalin ini semoga dapat terus terjaga, sehingga maksud baik yang kita cita-citakan bersama ini dapat menghasilkan tunas bangsa yang cerdas untuk generasi mendatang,” ujarnya.

Sarlota sangat bersyukur anak-anak di distrik mereka mendapat perhatian dari banyak pihak.

Seorang ibu tampak menyuapi anaknya dengan makanan sehat dan bergizi.

Mewakili Pemda Biak Numfor, Aner Rumakito SH, PLH Sekda Biak bersyukur atas dukungan banyak pihak dalam mewujudkan niat yang mulia ini. “Pemda Biak Numfor mengucapkan terima kasih atas peran Tzu Chi Biak, Kodim 1708 BN serta instansi swasta lainnya membantu masyarakat,” kata Sekda Biak.

“Kami berharap kegiatan ini tetap diteruskan sehingga makin banyak yang terlibat membantu, karena ini masih permulaan saja. Masih banyak daerah kelurahan dan anak yang harus kita bantu,” sambung Komandan KODIM 1708 BN Letkol Inf. Marsen Sinaga, S.Hub, Int, M.Han.

Sarlota menyambut baik makanan sehat dan bergizi yang diberikan pada anaknya. “Saya senang bisa mendapatkan makanan bergizi tambahan ini untuk anak saya. Terkadang karena kegiatan kerja saya agak terlambat menyiapkan makanan untuk anak saya. Terima kasih kepada semua atas perhatian kepada anak-anak kami,” tutur Sarlota mewakili orang tua lainnya.

Sebanyak 250 anak di Distrik Samofa telah terdaftar mendapatkan makanan vegetarian bergizi ini. Mereka juga mendapatkan 250 bingkisan yang didukung oleh Bank Papua dan Bank Bank BRI. Kegiatan ini secara simbolis dilakukan di kantor Kelurahan samofa. Untuk selanjutnya pemberian makanan bergizi tambahan ini akan diberikan di setiap posyandu yang berada di Kelurahan Samofa.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Membangun Generasi Sehat dan Cerdas

Membangun Generasi Sehat dan Cerdas

06 Maret 2024

Relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 dari Unit Seirindu terus memberikan perhatian pada pemenuhan gizi seimbang bagi anak dan balita. Sebagai rangkaian peringatan Hari Gizi, relawan memberikan makanan tambahan.

Bersama Bersinergi untuk Generasi yang Sehat dan Cerdas

Bersama Bersinergi untuk Generasi yang Sehat dan Cerdas

26 Juni 2024

Sarlota beserta anaknya Evano Yensenem, warga Desa Anjereuw telah bersiap sedari pagi mengikuti kegiatan bertajuk Pemberian Makanan Tambahan Anak di Kantor Kelurahan Samfofa, Senin 24 Juni 2024.

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

29 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 menggelar penyuluhan kesehatan ibu dan anak di Desa Pantap, Kecamatan Mentaya Hulu. Penyuluhan ini juga disertai pemberian makanan tambahan (PMT).

Menyayangi diri sendiri adalah wujud balas budi pada orang tua, bersumbangsih adalah wujud dari rasa syukur.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -