Bervegetarian Sambil Beramal

Jurnalis : Pipi (Tzu Chi Padang) , Fotografer : Pipi (Tzu Chi Padang)

Relawan Tzu Chi Padang menjual makanan vegetarian dalam kegiatan pekan amal bertema “Bervegetarian Sambil Beramal”. Selain menjual makanan vegetarian, relawan juga membagikannya kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam memperingati Hari Bervegetarian Sedunia yang jatuh pada 1 Oktober 2022, Tzu Chi Padang mengadakan pekan amal bertema “Bervegetarian Sambil Beramal”. Dalam kegiatan ini, relawan membuat makanan vegetarian yang nantinya akan di jual kepada masyarakat umum dengan sistem open order. Makanan vegetarian tersebut di buat di Kantor Tzu Chi Padang dari hari Senin-Jumat selama 1 bulan (13 Oktober - 13 November 2022).

Makanan yang dibuat relawan beraneka ragam antara lain, Nasi Kapau, Mie Maharaja, Nasi Hainam, Martabak Mesir, Mi DAAI, Nasi Uduk, dan Roti Prata. Setiap harinya menu yang di jual juga berbeda-beda sehingga para pembeli tidak merasa bosan. Masyarakat juga sudah banyak yang tau apa itu vegetarian, sehingga mereka tidak ragu untuk membeli karena mereka juga sekalian ikut beramal.

Semua makanan yang dijual dalam pekan amal bertema “Bervegetarian Sambil Beramal” dibuat oleh relawan di Kantor Tzu Chi Padang.

Dalam waktu 1 bulan tersebut, relawan Tzu Chi Padang dapat menjual makanan sebanyak 1.297 porsi yang harganya bervariasi mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 20.000 perporsinya. Seluruh hasil penjualan juga akan digunakan untuk kegatan Misi Amal Tzu Chi Padang. Dari keseluruhan makanan yang dibuat, tidak semuanya di jual. Relawan juga membagikannya kepada pengemudi ojek online, becak motor (Bentor), tukang parkir, serta masyarakat yang membutuhkan.

Selain menjual makanan vegetarian, Tzu Chi Padang juga mengadakan sosialisasi pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB. Sosialisasi tersebut bertemakan tentang gizi dan bervegetarian. Peserta yang ikut pada acara sosialisasi ini sebanyak 100 orang dan di pandu oleh dr. Sinta dari Rumah Sakit Umum Bunda Padang.

Salah satu menu makanan vegetarian yang di jual kepada masyarakat dalam pekan amal bertema “Bervegetarian Sambil Beramal”.

Dalam sosialisasi tersebut, dr. Sinta menjelaskan berbagai hal yang terkait dengan vegetarian. Para peserta juga sangat antusias mendegarkan penjelasan dari dr. Sinta. Dalam sosialisasi ini juga diadakan sesi tanya jawab sehingga banyak peserta yang bertanya tentang vegetarian dan kesehatan salah satunya adalah Chaidir Chua.

‘’Sosialisasi yang diadakan sangat bermanfaat apalagi saat ini dengan banyaknya makanan cepat saji tentu akan berpengaruh pada kesehatan. Lewat kegiatan ini, kita dapat banyak pengetahuan tentang makanan vegetarian dan gizi sehingga kita dapat menjaga kesehatan kita,” jelas Chaidir Chua.

Selain menjual makanan vegetarian, Tzu Chi Padang juga mengadakan sosialisasi bertemakan tentang gizi dan bervegetarian.

Pada kesempatan itu Chaidir Chua juga mengajak para relawan dan peserta untuk belajar bervegetarian. Karena dengan bervegetarian berarti kita dapat menjaga kesehatan dan ikut melindungi bumi. Pada akhir kegiatan sosialisasi, para peserta diajak untuk ikut menyanyikan dan memperagakan isyarat tangan Satu Keluarga.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Semangat Cinta Kasih dari Timur

Semangat Cinta Kasih dari Timur

16 Desember 2016

Selain menggelar berbagai produk panganan vegetaris juga menyediakan barang-barang keperluan rumah tangga dan sembako. Relawan yang berpartisipasi pun tidak hanya dari Jakarta tetapi relawan luar kota juga turut hadir menggalang dana galang hati ini.

Pekan Amal Tzu Chi 2016: Menularkan Pola Hidup Vegetarian dan Cinta Lingkungan

Pekan Amal Tzu Chi 2016: Menularkan Pola Hidup Vegetarian dan Cinta Lingkungan

21 Desember 2016
Pekan Amal Tzu Chi yang digelar 10-11 Desember lalu tidak hanya sebagai bentuk kegiatan amal semata. Namun kegiatan ini juga ingin menularkan pola hidup vegetarian dan pelestarian lingkungan.
Semangat Bersumbangsih

Semangat Bersumbangsih

23 Desember 2016

Dua relawan yang turut bersumbangsih memanfaatkan waktu libur dalam Pekan Amal penggalangan dana pembangunan rumah sakit Tzu Chi tanpa melihat sekat-sekat agama, ras, golongan di dalamnya. 

Meski sebutir tetesan air nampak tidak berarti, lambat laun akan memenuhi tempat penampungan besar.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -