Di Surabaya, Para Gen Z Tak Mau Ketinggalan Audisi Vegetarian Chef Indonesia

Jurnalis : Rahayu Wulandari (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Diyang, Sheila, Santoso, Hendra, Sophie, You Natan, Ermin, Eddy (Tzu Chi Surabaya)

Hasil Masakan para peserta audisi Vegetarian Chef season 2 Kota Surabaya.

Ajang pencarian bakat memasak vegetarian bertajuk Vegetarian Chef Indonesia masuk season ke-2. Audisinya diadakan di beberapa kota besar salah satunya di Surabaya pada 9 Juni 2024 di Depo Pendidikan dan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Surabaya. Mulanya sebanyak 20 peserta mendaftar, namun saat acara berlangsung, beberapa peserta berhalangan hadir hingga menyisakan 9 peserta.

Sebelum audisi dimulai, para peserta diberikan sedikit informasi mengenai Tzu Chi dan pola hidup vegetaris yang digalakkan oleh Tzu Chi. Audisi kemudian diadakan dalam 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 09.30, dilanjutkan sesi kedua pukul 10.35 WIB. Setiap peserta diberi waktu yang sama yaitu selama 25 menit untuk menyiapkan hidangannya. 

Menariknya, audisi ini tak luput dari perhatian para Gen Z. Michael Immanuel Deck Lela dan Vicky Gabriela Sutanto adalah dua di antaranya. Michael membuat sajian Steak Tahu Jamur sedangkan Vicky menyajikan hidangan bertema "Based on a Plant"



Para peserta dan masakan vegetarian yang telah selesai dibuat.

"Audisi ini sangat keren. Saya menyiapkan bahan-bahan untuk kompetisi ini sejak tadi malam. Saya memang suka memasak dan biasanya saya masak untuk mama,” kata Michael. 

Sementara itu Vicky yang sudah menjalani pola hidup vegetarian selama beberapa waktu mengungkapkan bahwa supporter terbesarnya dalam mengikuti kompetisi ini adalah orang tuanya.  "Dan juga menjadi supporter terbesar saya dalam menjalani pola hidup vegetarian. Saya berharap para Gen Z berhenti mengkonsumsi junk food meskipun enak, karena akan membuat kita sakit. Cobalah untuk memulai pola hidup sehat dan bervegetaris karena sangat berdampak tidak hanya pada diri kita tetapi untuk dunia juga, salah satunya mengurangi penderitaan hewan," ujar Vicky.

Relawan dengan hangat menyambut peserta audisi.

Ida Sabrina selaku koordinator audisi senang melihat Gen Z mengikuti acara ini. Mereka sangat antusias dan kebetulan memiliki hobi memasak sehinggga memahami kandungan nutrisi dan cara mengolah setiap bahan makanan. “Saya berharap dengan keikutsertaan mereka dalam audisi ini dapat memotivasi rekan-rekan Gen Z lainnya bahwa memasak tidak hanya dapat dilakukan orang dewasa tetapi mereka bisa juga menjadikan hobi sebagai suatu kebiasaan dan usaha.” Kata Ida Sabrina.

Antusiasme juga terlihat ketika para peserta mulai memasak. Keluwesan dalam mengolah makanan dan kelihaian mereka untuk multitasking karena memasak sambil berbicara ke kamera juga diperlihatkan. Semerbak wangi masakan memenuhi Depo Pendidikan dan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Surabaya. Berbagai jenis masakan vegetarian dengan bumbu-bumbu khas Indonesia sampai dengan bumbu khas mancanegara pun akhirnya tersaji di akhir waktu. 

Foto bersama relawan yang hadir dalam Audisi Vegetarian Chef Season 2 Kota Surabaya.

Para relawan Tzu Chi Surabaya berharap agar semua peserta asal Surabaya yang mengikuti audisi dapat lolos ke babak selanjutnya. Dan tentunya ada yang menjadi juara dalam ajang pencarian bakat memasak vegetarian yang diadakan DAAI TV Indonesia tersebut.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Vegetarian Club: Bervegetaris Jadi Lebih Seru!

Vegetarian Club: Bervegetaris Jadi Lebih Seru!

05 September 2017
Vegetarian Club adalah komunitas vegetarian di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng. Komunitas ini ada sejak tahun lalu. Banyak manfaat ikut komunitas ini, terutama membuat anggotanya makin mantap bervegetaris.
Bazar Vegetarian: Bersumbangsih dengan Sukacita

Bazar Vegetarian: Bersumbangsih dengan Sukacita

23 Juni 2015 Bing Ai hanya memiliki 3 kata pusaka yang memotivasinya hingga bisa begitu bersemangat melakukan kegiatan Tzu Chi. Kata tersebut adalah Hua Hi Cue yang berarti bersumbangsih dengan sukacita.
Mengajar dengan Cinta Kasih

Mengajar dengan Cinta Kasih

25 Juli 2017

Setelah mengikuti pelatihan Ayo Belajar SMART dan mempelajari modul-modul yang diberikan, para relawan Tzu Chi siap berbagi ilmu dengan peserta didik dari kelas 1 hingga kelas 6 di SDN 06 Belutu, Siak. Kehadiran relawan Tzu Chi disambut begitu positif, baik dari pihak sekolah maupun para pelajar.

Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -