Donor Darah di Tengah Keramaian Palembang Indah Mall

Jurnalis : Vaness Jhonathan (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Vaness Jhonathan (Tzu Chi Palembang)

Relawan kembang Tzu Chi ikut berpartisipasi mendonorkan darah. Kegiatan donor darah ini berkat kerjasama dengan  RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang dan pihak Palembang Indah Mal.

“Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri”
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Relawan Tzu Chi Palembang dari komunitas Ilir Barat bekerja sama dengan RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang pada Minggu 14 Juli 2024 mengadakan donor darah di Palembang Indah Mal. Kegiatan ini baru kali pertama dilakukan relawan Komunitas Ilir Barat yang bekerja sama dengan RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang dan Palembang Indah Mal.

Willy Leo Purnama koordinator kegiatan donor darah mengatakan masyarakat Palembang dapat lebih tergerak untuk membantu dengan mendonorkan darah. “Manfaatnya banyak untuk diri sendiri, peredaran darah lebih lancar, darah kita diperbarui, badan lebih rileks, berdonor darah itu dapat membantu badan kita menjadi lebih rileks,” ungkap Willy di tengah-tengah kegiatan donor darah.

Toni Wijaya dan Martina Suharsini Sepasang suami istri yang berhasil mendonorkan darahnya merupakan pendonor rutin setiap tiga bulan sekali.

Tzu Chi Palembang bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin  melakukan kegiatan donor darah di Palembang Indah Mal untuk membantu memenuhi kebutuhan bank darah di RSUP Mohammad Hoesin Palembang.

Warga yang datang untuk mendonorkan darahnya disambut ramah oleh relawan Tzu Chi. Relawan mendampingi calon donor untuk mengisi formulir, pemeriksaan berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin (HB) dan pemeriksaan kondisi badan dalam keadaan sehat jasamani dan rohani.

Toni Wijaya beserta Martina Suharsini (istri) yang rutin berdonor setiap tiga bulan sekali merasa senang bisa membantu nyawa orang yang membutuhkan melalui donor darah. “Saya senang selain sehat bisa membantu orang yang membutuhkan darah,”ucap Toni.

Menurut Toni kegiatan aksi donor darah yang dilakukan oleh Yayasan Tzu Chi sangat baik dan berharap kegiatan donor darah ini menjadi rutinitas. “Kegiatan ini menurut saya bagus ya, kegiatan ini harus lebih diseringkan supaya banyak orang lebih tahu ada donor darah karena banyak orang yang tidak tahu kapan dilaksanakannya,”ujar Toni.

Relawan Tzu Chi ikut membantu dalam kegiatan donor darah di bagian pendaftaran serta mendampingi para pendonor.

Pada kegiatan donor darah ini relawan Tzu Chi sekaligus menyosialisasikan celengan bambu Tzu Chi kepada peserta donor.

Dari total 53 calon pendonor, ada 49 orang berhasil mendonorkan darah. Artinya ada 49 kantong darah berhasil dikumpulkan oleh tim medis dari RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan bank darah di RSUP Mohammad Hoesin Palembang untuk masyarakat Palembang yang membutuhkan darah.

Kegiatan donor darah ini melibatkan 35 orang relawan Tzu Chi 10 orang perawat dari RSUP Mohammad Hoesin Palembang dan pihak manajemen Palembang Indah Mal yang sejak pagi hari membantu mempersiapkan lokasi donor darah.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

25 Agustus 2020

Pada 15 Agustus 2020 Tzu Chi Bandung mengadakan bakti sosial donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) yang berlangsung di Jing Si Tzu Chi Bandung, Jl. Jend. Sudirman no 628.

Tzu Chi Biak Kembali Mengadakan Donor Darah

Tzu Chi Biak Kembali Mengadakan Donor Darah

11 Mei 2022

Tzu Chi Biak bekerja sama dengan Bank Mandiri KC Biak, Permabudhi Papua, KBI Biak, dan PMI Biak mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 7 Mei 2022

Berdana Lewat Setetes Darah

Berdana Lewat Setetes Darah

24 April 2024

Tzu Chi Lampung kembali mengadakan donor darah yang kali ini diikuti oleh 80 peserta. Para relawan yang turut menyukseskan jalannya donor darah tak mau ketinggalan untuk mendonorkan darahnya.

Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -