Donor Darah Menuju Pola Hidup Sehat

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny Wijaya (Tzu Chi Makassar)

Petugas UPT Dinas Kesehatan Pemprov Sulawesi Selatan melakukan pemeriksaan awal seperti tekanan darah, berat badan normal, dan Hemoglobin (Hb) darah baik, kepada para pendonor sebelum pengambilan darah untuk memastikan pendonor dalam kondisi badan yang sehat.

Tzu Chi KP Makasar bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan donor darah yang berlokasi di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Makasar. Kegiatan donor darah ini berlangsung 17 Desember 2022 dari pukul 09.00-13.00 WITA. Penggalangan donor darah ini merupakan yang kali ketiga diadakan kembali oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Makasar di tahun 2022.

Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan kegiatan donor darah, diharapkan makin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya berbagi kasih kepada sesama terutama berdonor. Mengikuti kegiatan donor darah merupakan perbuatan yang positif bagi diri sendiri dan orang lain karena dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah sekaligus menolong sesama.

Petugas UPT Dinkes Pemprov Sulawesi Selatan sedang membantu proses pengambilan darah. Pada kegiatan donor darah ini terkumpul 42 kantung darah yang berhasil di kumpulkan oleh UPT Dinkes Pemprov Sulawesi Selatan.

Lamsin Indjawati memberikan perhatian dengan menyelimuti dan berbincang-bincang dengan pendonor ketika proses pengambilan darah sedang berlangsung.

Ada suasana antusiasme dari relawan dan masyarakat umum yang mau berdonor. Ada 18 orang relawan Tzu Chi dan tujuh orang petugas UPT Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan yang bertugas dalam kegiatan donor darah ini. Terdata ada 48 orang calon pendonor yang harus menjalani pemeriksaan kesehatan, dari 48 orang yang terdaftar, ada 42 orang yang lolos pemeriksaan kesehatan dan bisa mendonorkan darahnya.

Andi Maccirinna (40), salahsatu yang berhasil mendonorkan darahnya merupakan karyawan salah satu relawan Tzu Chi Makassar. Andi mendapatkan informasi dari tempat Andi bekerja. Andi sangat antusias dan sudah rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali.

Andi mengungkapkan kondisi badannya merasa lebih sehat setelah rutin mendonorkan darah. “Alhamdulillah, badan saya  menjadi segar dan lebih enteng. Saya sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi karena telah mengadakan donor darah ini untuk kemanusiaan dan rutin dilakukan,” ujar Andi.

Felliyati Gozali relawan Tzu Chi yang juga Ketua Hu Ai memberi air putih kepada salah satu pendonor. Relawan Tzu Chi yang bertugas mendampingi para pendonor menyiapkan segala sesuatunya untuk pendonor agar pendonor merasa nyaman dalam peroses pengambilan darah.

Yayasan Buddha Tzu Chi Makasar mengajak masyarakat yang tergerak dan ingin menyumbangkan darahnya agar berpartisipasi aktif dalam kegiatan donor darah. Relawan Tzu Chi berharap kepada masyarakat agar kegiatan donor darah ini menjadi pola hidup sehat, yang dapat dilakukan rutin sekaligus untuk membantu sesama.

Semangat relawan Tzu Chi dalam menyiapkan kegiatan donor darah patut diacungi jempol karena ada 18 orang relawan dengan sepenuh hati mendampingi pendonor dan menyiapkan segala sesuatunya agar kegiatan donor darah ini berjalan dengan baik.

Suasana ruangan pengambilan darah disiapkan oleh relawan Tzu Chi yang bertugas agar para pendonor yang ingin mendonorkan darahnya merasa nyaman dan tenang dalam proses pengambilan darah. Kegiatan donor darah ini berlangsung di lantai 2 kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar.

Para relawan Tzu Chi mendampingi pendonor dengan memberikan jalinan kasih bagi mereka saat mengalirkan cinta kasihnya (proses pengambilan darah), juga mempersiapkan makanan dan minuman untuk pendonor setelah selesai donor darah.

Fellyati Gosali Ketua Hu Ai menyiapkan bubur kacang hijau dan telur rebus untuk pendonor. Semangat dalam bekerja membuat Fellyati senang dan gembira karena dapat ikut bersumbangsih menyiapkan makanan. “Senang sekali karena bisa menyiapkan bubur kacang hijau dan telur rebus untuk para pendonor supaya stamina mereka cepat pulih lagi” ungkap Fellyati dengan senyum gembira.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Bersumbangsih Terus Menerus

Bersumbangsih Terus Menerus

29 Juli 2015 Sebagian besar dari kita mungkin tidak asing dengan kegiatan donor darah. Tapi, tak semua dari kita pernah mendonorkan darah karena berbagai alasan.
Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga

Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga

09 September 2022

Tzu Chi Lampung mengadakan kegiatan donor darah di Kantor Tzu Chi Lampung. Dalam kegiatan ini, Tzu Chi Lampung berhasil menghimpun 63 kantong darah dari para peserta.

Dari Saat Ini Hingga Nanti

Dari Saat Ini Hingga Nanti

09 April 2018
Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 mengadakan kegiatan donor darah di RPTRA Kembangan Utara, Jakarta pada tanggal 7 April 2018 untuk menyelamatkan jiwa sesama yang membutuhkan darah.
Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -