Donor Darah, Penyelamat Hidup

Jurnalis : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Muhammad Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang)

Para peserta donor melakukan registrasi pendaftaran sebelum mendonorkan darahnya.

Relawan Komunitas Xie Li Radial mengadakan kegiatan donor darah rutin bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 13 Agustus 2023, di Kantor Tzu Chi Palembang – Jl. Radial Kompleks Ilir Barat Permai Blok D1 No.19-20, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Kegiatan donor darah ini terus berlanjut dikarenakan masih dibutuhkannya pasokan darah untuk membantu sesama.

Untuk mengikuti kegiatan ini, para donor terlebih dulu melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Mereka kemudian mengecek kadar HB (Hemoglobin) untuk memastikan bahwa mereka siap dan layak mendonorkan darah. Bila hasil kadar HB sesuai dengan standar maka pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Para peserta donor melakukan pengecekan HB (Hemoglobin). Bila sesuai standar maka para pendonor dapat mendonorkan darahnya.

Merida & Abdul Roni merupakan salah satu donor aktif mendonorkan darah, dimana Merida sudah 20 kali donor dan Abdul Roni sudah 57 kali donor.

Salah satu donor yang rutin hadir adalah pasangan Merida dan Abdul Roni. Mereka berdua sangat aktif mendonorkan darah, dimana Merida sudah 20 kali donor dan Abdul Roni sudah 57 kali donor.

“Sejak rutin donor darah rasa sakit kepala sudah hilang terus pegal-pegal di leher juga ikutan menghilang. Pokoknya banyak perubahan sejak rutin donor darah. Betul bahwa donor darah adalah penyelamat hidup orang lain tapi juga membawa kebaikan juga untuk diri sendiri,” tutur Merida.

Selain Merida dan Abdul Roni, total donor hari itu adalah 67 orang.
Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Berbagi Kasih Dengan Donor Darah

Berbagi Kasih Dengan Donor Darah

06 Mei 2019

Banyak calon donor berasal dari lingkungan sekitar dan ada juga yang baru pertama kali datang yang membuat mereka bertanya lebih banyak tentang kegiatan apa saja yang dilakukan relawan di Depo Pelestarian Lingkungan Titikuning, serta bagaimana kegiatan pemilahan barang daur ulang dilakukan sehingga dapat menjaga lingkungan.

Sukacita Donor Darah Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

Sukacita Donor Darah Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

29 November 2023

Relawan Tzu Chi di Kota Dumai, Riau mengadakan Donor Darah di Citimall Dumai, (12/11/2023). Donor darah ini dilaksanakan rutin setahun tiga kali dan untuk tahun 2023 ini total sudah terkumpul sebanyak 167 kantong.

Mari Kita Berdonor Darah

Mari Kita Berdonor Darah

18 Agustus 2011
Minggu, tanggal 14 Agustus 2011, Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Perwakilan Bali mengadakan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis yang rutin diadakan tiga bulan sekali.
Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -