Donor Darah Tzu Chi di Depok Town Square

Jurnalis : Widosari, Suwanti, Muara, Farida, Merry (He Qi Pusat), Fotografer : Felicite,Widosari, Suwanti Endah Rini (He Qi Pusat)

Berkat sosialisasi yang gencar, donor darah yang digelar Xie Li Selatan ini berlangsung sukses yang dihadiri 121 peserta.

Sebanyak 89 kantong darah berhasil dikumpulkan pada donor darah yang digelar oleh komunitas relawan Tzu Chi, Xie Li Selatan di Depok Town Square (Detos) pada 27 April 2024.  Donor darah ini merupakan kerja bersama dari beberapa instansi dan organisasi seperti PMI Depok, Cetiya Dhammajala, Yayasan Jantung Indonesia, Komunitas Terapis dan Jumat Berkah, Alumni dan Kelompok Mahasiswa Buddhist (KMB) Universitas Gunadarma, Pancasila, Atmajaya, LSPR dan Nalanda.

Sebelumnya sejak Sabtu 20 April 2024, sebanyak 17 relawan Tzu Chi mengadakan sosialisasi kegiatan donor darah tersebut kepada pengunjung mall dan tenant. Hasilnya, peserta donor darah bisa melampaui target yang diharapkan yakni sebanyak 121 peserta.

Pengalaman baru Tasya menjadi panitia donor darah.

Helena datang untuk mendonorkan darahnya meski rumahnya jauh.

Helena Margaretha salah satunya. Setelah mendapat informasi tentang donor darah dari relawan saat berkunjung ke Detos pekan lalu, ia berusaha datang walau hujan deras dan tempat tinggalnya pun agak jauh, “Ini adalah ke-5 kalinya saya mendonor di usia 47 tahun. Setelah mendonor badan terasa lebih enak dan saya harap kegiatan ini ada terus,” ujarnya.

Bukan hanya para donor yang bersemangat, para relawan juga. Tasya Chanda, relawan baru, merasa happy mendapat pengalaman baru sebagai panitia donor darah ini. Begitu juga Firdiansyah, “Semua itu panggilan hati untuk kegiatan kemanusiaan.” katanya.

Depok Town Square dipilih menjadi lokasi donor darah karena letaknya strategis yang mana banyak universitas di sekitarnya.

Tri Mulyono dan Muara Sianturim koordinator dari Xie Li Selatan merasa sangat senang dengan suksesnya donor darah ini yang tidak terlepas dari kerjasama dan bantuan semua pihak. “Depok Town Square, yang dipilih menjadi lokasi kegiatan karena mall ini letaknya sangat strategis. Banyak universitas di sekitarnya, serta manajemen Mall yang sangat mendukung. Diharapkan dengan adanya acara ini, maka akan mengetuk hati kaum muda agar mau ikut menjadi relawan dan bersama-sama melakukan kebajikan,” jelas Tri.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Usia Senja Bukan Halangan Untuk Bersumbangsih

Usia Senja Bukan Halangan Untuk Bersumbangsih

31 Mei 2023

Donor darah telah menjadi kebiasaan hidup sehat di masyarakat, Tzu Chi pun tidak mau ketinggalan untuk mendukung  rogram hidup sehat tersebut. Seperti donor darah yang diadakan di Tzu Chi Center.

Tetesan Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

Tetesan Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

16 Juni 2022
Relawan Tzu Chi Palembang (komunitas Xie Li Kemuning) mengadakan kegiatan donor darah di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech.
Demi Kemanusiaan, Donor Darah Tetap Berjalan

Demi Kemanusiaan, Donor Darah Tetap Berjalan

26 Februari 2020

Merebaknya wabah virus Corona di Tiongkok dan beberapa negara lainnya menyebabkan dibatalkannya banyak kegiatan donor darah. Tidak ingin memperparah kondisi tersebut, Tzu Chi Batam memutuskan untuk tetap mengadakan baksos donor darah untuk membantu memenuhi stok darah PMI Batam yang semakin menipis.

Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -