Donor Darah untuk Sesama

Jurnalis : Beti Nurbaeti, Vivi Angel (Tzu Chi Tangerang), Fotografer : Beti Nurbaeti, Vivi Angel (Tzu Chi Tangerang)

Yek Tju, relawan Tzu Chi sedang mendampingi pendonor darah dengan menyelimuti. Donor darah ini berlangsung di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Ruko Pinangsia Tangerang.

Yayasan Buddha Tzu Chi He qi Tangerang turut membantu stok darah di PMI Kota Tangerang dengan menyelenggarakan donor darah pada 11 Maret 2023 bertempat di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Ruko Pinangsia Tangerang.

Dua puluh dua orang relawan Tzu Chi Tangerang berpartisipasi dengan salahsatunya mensterilkan tempat tidur pasien dengan menyemprot disenfektan. Yek Tju koordinator kegiatan donor darah ini sudah menyiapkan segala sesuatunya satu hari sebelumnya.

“Kami dan relawan dengan suka cita melaksanakan tugas ini, dan kami juga merasa senang dapat membantu ketersediaan darah di PMI Tangerang,” pungkas Yek Tju.

Huang Chia Tsung Peter Tiong sedang melaksanakan kegiatan donor darah di Yayasan Buddha Tzu Chi. Salah satu pendonor mengaku sudah 37 kali donor darah. Huang Chia merasakan tubuh lebih bugar setelah rutin berdonor.  

Huang Chia Tsung Peter Tiong (56) salahsatu pendonor mengaku sudah 37 kali donor darah. Huang Chia merasakan tubuh lebih bugar setelah rutin berdonor. “Manfaat yang saya rasakan badan semakin menjadi sehat,” ungkap Huang Chia Pria yang bergolongan darah A+.

Huang Chia mengaku pertama kali berdonor itu dari tetangganya yang juga relawan Tzu Chi. “Shi Jie Tjai Ing memberi info tentang tempat donor dan saya merasa nyaman berada di sini. Pelayanan para relawan sungguh sangat menyentuh hati” ucap Huang Chia.

Perasaan yang sama di alami oleh relawan Melti (58) yang datang bersama putranya Alexander Anthony (25). “Saya merasa badan saya semakin sehat setelah berdonor. Saya rutin setiap empat bulan sekali donor darah di sini”. Ungkap Melti sedangkan putranya Anthony sudah lima kali donor darah.  “Saya menekuni olah raga Taekwondo badan merasa sangat segar setelah rutin melaksanakan donor darah”, ucap Anthony.

Senyum mengembang para relawan yang bertugas pada kegiatan donor darah di Yayasan Buddha Tzu Chi.

Padakegiatan donor darah ini ada pula yang baru kali pertama mendonorkan darahnya. Hasbul Waton (59) yang juga relawan Tzu Chi ikut mendonorkan darahnya.” Ini pengalaman yang paling mengesankan buat saya. Ketika melihat kegiatan dan senyum para relawan Tzu Chi saya menjadi semakin tertarik ikut Tzu Chi, senyum para relawan sangat adem, damai”, ujar Hasbul Waton. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen “Perasaan sukacita adalah kualitas kepribadian kondisi hati yang mampu membuat orang di sekeliling kita merasakan kegembiraan bagai hembusan angin musim semi yang sejuk.”

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Berdana Melalui Donor Darah

Berdana Melalui Donor Darah

14 September 2011
Suwandy bersyukur bahwa masih banyak orang yang peduli dan berkeinginan menyumbangkan darahnya. “Dengan kerelaan kita mengikuti kegiatan ini dan menjadi donor. Kita memiliki kesempatan untuk membantu orang-orang yang mungkin saat ini sangat memerlukan darah kita untuk bertahan hidup," ucapnya.
Setetes Darah untuk Membantu Banyak Orang

Setetes Darah untuk Membantu Banyak Orang

17 Mei 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) bekerja sama dengan RSUP Fatmawati kembali mengadakan bakti sosial donor darah di Trade Mall Seasons City pada 7 Mei 2023. 

Kegiatan Donor Darah Tzu Chi Jambi

Kegiatan Donor Darah Tzu Chi Jambi

03 April 2023

Relawan Tzu Chi Xie Li Jambi bekerjasama dengan PMI Kota Jambi mengadakan kegiatan donor darah pada minggu, 19 Maret 2023 di Gedung Serba Guna Karunia Global School Jambi. 

Beramal bukanlah hak khusus orang kaya, melainkan wujud kasih sayang semua orang yang penuh ketulusan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -