Dua Sukacita Dalam Donor Darah

Jurnalis : Shelfi (He Qi Utara 1), Fotografer : Vionita Gunawan, Surianto Tan (He Qi Utara 1)
Para calon donor mengisi form lembar riwayat kesehatan dan data-data pribadi lainnya sebelum mendonorkan darah.

Donor darah telah menjadi gaya hidup sehat bagi sebagian warga masyarakat. Darah yang didonorkan bukan hanya sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan, seperti mereka yang mengalami kecelakaan, kebutuhan operasi, transplantasi organ, kanker, anemia, dan lain-lain. Jika dilakukan rutin pendonor juga mendapatkan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuhnya sendiri, yaitu dapat mendeteksi penyakit serius, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, juga membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendukung program gaya hidup sehat sekaligus berbuat kebaikan, relawab Tzu Chi secara rutin mengadakan kegiatan donor darah di berbagai kota dan komunitas. Salah satunya dilakukan di Tzu Chi Hospital, ruang Onkologi lt. 6, PIK, Jakarta Utara pada hari Minggu, 4 Februari 2023.

Pihak Palang Merah Indonesia (PMI) sendiri men-support kegiatan donor darah di Tzu Chi Hospital ini dengan menyediakan 8 ranjang.

Para calon donor diperiksa kondisi kesehatannya, mulai dari pengukuran tensi hingga kadar Hb (kekentalan darah). Jika terlalu rendah atau tinggi dari batas normal maka belum bisa dilakukan donor darah.

Para donor rela datang pagi-pagi untuk registrasi dan ambil nomor antrian, bahkan ada yang menyempatkan diri di sela-sela rutinitas kantor mereka. Begitu penting dan besarnya manfaat melakukan donor darah dirasakan oleh Santi (43 tahun) asal Palembang. “Happy lah ya....., senang banget secara pribadi dan spiritual juga, merasa terpanggil buat menolong orang. Kita nggak pernah tau, banyak yang disana yang mungkin kita nggak tau (mereka) butuh darah kita,” ungkap salah satu karyawan swasta ini.

Santi (43 tahun), salah seorang karyawan swasta merasa senang dan bahagia bisa mendonorkan darahnya. “Kita nggak pernah tau, banyak yang disana yang mungkin kita nggak tau (mereka) butuh darah kita,” ungkapnya.

Dokter Alan, dokter spesialis kandungan di Tzu Chi Hospital juga ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Donor darah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita sendiri, seperti yang dikemukakan oleh dokter Alan, dokter spesialis kandungan di Tzu Chi Hospital yang kebetulan ikut mendaftar sebagai peserta donor darah. “Dengan mendonorkan darah itu sebenarnya secara fungsi kesehatan lebih baik untuk kita sendiri karena sumsum tulang akan terangsang untuk memproduksi sel darah merah yang lebih baru lagi, jadi untuk kesehatan pendonor juga baik,” terangnya. Dokter Alan juga memberikan kiat-kiat yang harus dilakukan sebelum donor darah, diantaranya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, istirahat yang cukup, olahraga yang cukup, dan yang terpenting donor darah sebaiknya dilakukan secara rutin.

Pihak Palang Merah Indonesia (PMI) sendiri men-support kegiatan donor darah kali ini dengan menyediakan 8 ranjang. Peserta donor yang hadir diantaranya dari kalangan umum, karyawan Tzu Chi Hospital yaitu dokter dan perawat, juga relawan Tzu Chi. “Ini adalah donor darah kedua kalinya yang kita adakan di Tzu Chi Hospital. Sebelum-sebelumnya kita lakukan di Sekolah Permai,” kata Asni, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1 yang menjadi koordinator kegiatan ini.

Para donor juga dapat menyerahkan isi celengan bambunya untuk mendukung kegiatan kemanusiaan Tzu Chi.

Acara berlangsung dengan baik dan berjalan dengan tertib dan lancar. Sebanyak 95 orang berhasil mendonorkan darahnya, mereka pulang bukan hanya dengan membawa tanda terima kasih (goodie bag) yang diberikan, tetapi juga rasa bahagia karena bisa membantu sesama, sekaligus menjaga kesehatan diri sendiri.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Selalu Berupaya Sepenuh Hati

Selalu Berupaya Sepenuh Hati

21 Januari 2021

Tzu Chi Batam berhasil menggalang 189 kantong darah untuk cabang PMI Kota Batam di awal tahun 2021. Relawan menjalankan protocol kesehatan yang sangat ketat didampingi para dokter agar pendonor dan relawan merasa aman dan nyaman salama menjalani donor darah.  

Setiap Tetes Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

Setiap Tetes Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

26 April 2021

Kelangkaan darah sering terjadi di Bulan Suci Ramadan. Untuk mendukung pasokan darah di Kota Batam, Tzu Chi mengadakan Donor Darah yang ke-2 di tahun 2021 pada 18 April 2021 di Aula Jing Si Batam.

Memberikan Keramahan Melalui Donor Darah

Memberikan Keramahan Melalui Donor Darah

29 Maret 2016
Pada tanggal 5 Maret 2016, sebelum jam 8.00 WIB, sudah banyak donor yang hadir di Jing Si Books & Café Pluit untuk mengikuti kegiatan “Aksi Sosial Donor Darah untuk Semua”.
Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -