Dukungan Perawatan Balai Basarah Tajahan Lampang Hindu Kaharingan

Jurnalis : - Imelda Virgo Vintia (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : - Imelda Virgo Vintia (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Tampak Depan Balai Basarah Tajahan Lampang Hindu Kaharingan.

"Kelelahan jiwa dan raga kita akan lenyap seketika ketika bantuan tukus ikhlas kita disambut dengan dengan penuh sukacita oleh orang yang menerima bantuan tersebut."
Kata Perenungan Master Chen Yen

Bulan puasa tak menghalangi semangat relawan Xie Li Kalimantan Tengah 3 untuk terus menghimpun berkah Ramadan. Seperti yang dilakukan relawan pada Sabtu (30/3/24). Kali ini relawan menuju Desa Bankal, Kecamatan Seruyan Raya. Perjalanan sekitar 2 jam ditempuh relawan untuk menyalurkan bantuan perawatan tempat ibadah umat Hindu, Balai Basarah Tajahan Lampang Hindu Kaharingan. Begitu sampai, relawan disambut sukacita warga, kepala desa dan berapa pengurus rumah ibadah tersebut. Desa Bangkal tersendiri adalah desan binaan Unit Perdana Regional Kalteng 3.

Balai Basarah adalah istilah yang disebutkan untuk tempat ibadah umat Hindu yang merupakan kepercayaan asli suku Dayak di Kalimantan. Balai Basarah yang terletak di Desa Bangkal ini memiliki bangunan gedung atau rumah segi empat yang sebagian besar terbuat dari kayu dengan beratapkan seng. Beberapa bagian tampak sudah usang dimakan usia.

Imim Ananta dan Muhammad Syolihin mengecek kayu yang akan diberikan kepada perwakilan rumah ibadah Balai Basarah Tajahan Lampang Hindu Kaharingan.

Untuk itu relawan membantu perawatan tempat ibadah ini. Bantuan yang diberikan berupa berupa calsiboard 39 lembar, kayu 269 batang, paku 25 kg, compound gypsum 20 kg, lem rajawali 5 kg, cat tembok 4 galon (104 kg), kuas total 17 pcs, cat platon 6 kg, tinner 3 kg, seng galvalum 40 lembar, dan nok rabung 6 lembar.

“Terima kasih banyak atas bantuan yang selalu diberikan oleh PT. BAP khususnya Yayasan Buddha Tzu Chi melalui Bapak Solihin selaku staf PT. BAP. Terima kasih atas dukungannya selama ini. Setiap kali kami berdiskusi terkait kebutuhan tempat ibadah ini, Bapak Solihin selalu memberi respon dan memberi perhatian kepada kami.  Sekali lagi banyak-banyak terima kasih,” ucap Fery (32), Bendahara Pembangunan Rumah Ibadah Balai Basarah.

“Banyak kami ucapkan terima kasih yang tidak terhingga untuk yayasan Buddha Tzu Chi melaui PT BAP Sinar Mas karena selalu memberikan bantuan yang bukan hanya untuk rumah ibadah Balai Basarah dan Gereja tetapi dalam kegiatan posyandu dan kegiatan lainnya untuk warga desa Bangkal. Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat untuk warga,” ungkap Erwin Supendi, Kepala Desa Bangkal.

Penyerahan Bantuan Krisna, relawan Xie Li Kalimantan Tengah 3 kepada perwakilan rumah ibadah Balai Basarah Tajahan Lampang Hindu Kaharingan.

Relawan berharap bantuan ini dimaksudkan agar warga Desa Bangkal yang beragama Hindu bisa beribadah lebih nyaman. “Terima Kasih atas sambutan dari kepala desa dan pengurus semoga bantuan yang diberikan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi bermanfaat bagi warga khususnya warga desa Bangkal. Terima kasih juga untuk para relawan dan Dhawa yang telah meringankan langkahnya untuk memberikan bantuan perawatan rumah ibadah di desa Bangkal,” tutur Albert Y. M.

Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh beberapa pengurus rumah ibadah umat Hindu dan tidak ketinggalan Wakil Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Seruyan Bapak Markuni turut hadir dan memberikan ucapan terima kasih kepada relawan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Mendukung Kenyamanan Beribadah di Desa Bangkal

Mendukung Kenyamanan Beribadah di Desa Bangkal

24 Mei 2024

Relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 menyerahkan bantuan material untuk mendukung pembangunan Masjid Ar-Rahman yang belum selesai di Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Daun Jendela Yang Dinanti, Bantuan untuk Masjid Al-Alawiyah di Indragiri Hilir

Daun Jendela Yang Dinanti, Bantuan untuk Masjid Al-Alawiyah di Indragiri Hilir

26 Juni 2024

Xie Li Indragiri memberikan bantuan daun jendela sebanyak 36 buah untuk Masjid Al – Alawiyah di Dusun Jatimoro, Indragiri Hilir, Riau.

Bantuan Meja dan Kursi untuk SDN 24 Normark

Bantuan Meja dan Kursi untuk SDN 24 Normark

15 Desember 2023

Bangku sekolah merupakan  fasilitas sekolah yang harus dimiliki dalam ruang kelas. Relawan Tzu Chi di Xie Lie Sumatra Utara  (Sumut) Perkebunan Normark memberikan bantuan meja dan kursi untuk SDN 24 Normark.

Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -