First Step for a Better Future

Jurnalis : Metta Wulandari, Fotografer : Arimami Suryo A.

Direktur Senior Tzu Chi Hospital Prof. DR. Dr. Satyanegara, Sp.BS(K) menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei dalam perayaan hari ulang tahun pertama Tzu Chi Hospital (14 Juni 2024).

Tzu Chi Hospital merayakan hari ulang tahunnya yang pertama dengan sukacita akhir pekan lalu, Jumat 14 Juni 2024 di lantai 23 Tzu Chi Hospital, PIK, Jakarta Utara. Dengan mengangkat tema First Step for a Better Future, kebahagiaan menyelimuti seluruh jajaran direksi, dokter, perawat, juga insan Tzu Chi Hospital juga Tzu Chi Indonesia. Terselip juga harapan bahwa langkah pertama ini menjadi awal yang baik untuk tahun-tahun berikutnya.

Perayaan ulang tahun pertama Tzu Chi Hospital ini mengingatkan peresmiannya tepat satu tahun lalu (14 Juni 2023) dimana dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Pada momen itu, Presiden Jokowi berharap setiap kondisi masyarakat Indonesia tetap sehat, namun apabila sakit tak perlu berobat ke luar negeri, cukup berobat ke Tzu Chi Hospital saja. Mengapa Tzu Chi Hospital? Karena seluruh pelayanan Tzu Chi Hospital mengedepankan profesionalisme dan budaya humanis, serta pelayanan berkualitas internasional, dengan sentuhan kemanusiaan yang hangat dan kekeluargaan.

Direktur Utama Tzu Chi Hospital Dokter Gunawan Susanto Sp.BS memberi sambutan dan mengungkapkan kegembiraannya dalam perayaan hari ulang tahun pertama Tzu Chi Hospital ini.

“Saya bangga karena apa yang diharapkan oleh Tzu Chi Indonesia yang mana menginginkan Tzu Chi Hospital bisa memberikan pelayanan medis yang seprofesional mungkin, itu terwujud,” ucap Dokter Gunawan Susanto Sp.BS, Direktur Utama Tzu Chi Hospital senang.

Dalam perayaan ulang tahun ini, dr Gunawan juga menyinggung bagaimana masyarakat telah menaruh kepercayaan luar biasa pada Tzu Chi Hospital sehingga menambah kesan positif pada rumah sakit di tahun pertama pelayanannya kepada masyarakat. “Saya sangat berterima kasih karena telah memberikan kepercayaan kepada Tzu Chi Hospital, dalam masa enam bulan setelah pembukaan saja pasien semakin hari semakin meningkat. Ini semua berkat kerja sama dan kerja keras, dan dedikasi dari seluruh karyawan, yang terus dipupuk,” tuturnya sukacita.

Tzu Chi Hospital yang Kental akan Nilai-Nilai Tzu Chi
Seperti penuturan dr. Gunawan, kepercayaan yang diberikan masyarakat memang tak hadir secara tiba-tiba, melainkan buah dari dari keseriusan seluruh insan di Tzu Chi Hospital ditambah dengan sentuhan nilai-nilai Tzu Chi (ketulusan, kebenaran, keyakinan, dan kesungguhan) dalam setiap pelayanan. Tiara Sigar, apoteker instalasi farmasi Tzu Chi Hospital di Poliklinik BPJS yang sehari-hari bertugas, memastikan hal tersebut (nilai-nilai Tzu Chi) benar adanya dan berjalan beriringan.

Tiga staf terpilih memberikan sharing-nya. Tiara Sigar (kiri), apoteker instalasi farmasi Tzu Chi Hospital di Poliklinik BPJS berbagi kisah inspiratifnya.

“Ada satu pasien, seorang ibu yang rutin berobat. Ibu ini setiap mau pulang selalu berpamitan, ‘Suster, adek-adek, terima kasih ya untuk pelayanan di sini. Semuanya baik-baik, mulai dari administrasi, kasir, suster, perawat, dan dokter serta farmasi, semua sangat baik di sini. Minggu depan, kalau saya ke sini, izinkan saya bawa makanan kecil ya buat semua yang ada di sini’,” katanya bercerita.

“Kami jawab, ‘Ibu tidak perlu repot, ibu sudah puas dengan pemeriksaan, ibu sudah senang dengan pelayanan, kami pun gembira’. Namun di pekan depan, pasien ini datang sudah membawa makanan kecil, dia sudah hitung jumlah petugas dan membagikan satu-satu kepada kami,” lanjut Tiara Sigar.

Tiara menambahkan bahwa sebuah makanan kecil itu telah mengantarkan rasa haru untuk setiap petugas medis di sana. Dimana mungkin tenaga kesehatan hanya melakukan tugas mereka yang semestinya mereka jalani, namun bagi pasien itu sangat amat berarti untuk kondisi kesehatan mereka. Ditambah, nilai-nilai Tzu Chi menjadi landasan pelayanan maka pasien merasa sangat nyaman menjalani pengobatan.

“Jadi ibu ini mungkin bukan dari keluarga yang mampu, tapi dia mau membagikan sedikit rezeki dia untuk tim kami, kami sungguh bahagia, bersyukur. Memang benar bisa melayani orang lain adalah lebih beruntung daripada dilayani orang lain,” katanya bersemangat.

Selain para staf Tzu Chi Hospital, para relawan dan staf empat badan misi lainnya turut hadir dan bersukacita bersama di momen perayaan hari ulang tahun pertama Tzu Chi Hospital.

Menyentuh Sanubari Pasien
Yang tidak ketinggalan dan berperan penting dalam perkembangan Tzu Chi Hospital adalah para relawan pemerhati yang selalu terlihat di setiap sudut Tzu Chi Hospital. Dalam perayaan ulang tahun Tzu Chi Hospital ini, mereka pun ikut hadir dan berbagi kegembiraan.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk Tzu Chi Hospital. Semoga terus maju, tambah berkembang dan tetap melayani dengan profesional, baik, serta berlandaskan budaya humanis dan cinta kasih universal. Semoga nantinya dapat melayani masyarakat di seluruh Indonesia,” kata Laksmi Widyastuti, Wakil Koordinator Relawan Pemerhati di Tzu Chi Hospital. Selain dia, ada juga Lulu Jong yang mengutarakan harapan serupa.

Baik Laksmi dan Lulu Jong, merasa beruntung bisa memberikan sentuhan lain di Tzu Chi Hospital. “Tzu Chi Hospital ini bisa dikatakan satu wadah untuk memberi sesuatu kepada orang lain (pasien) walaupun yang kami lakukan ya hal-hal kecil tapi ternyata cukup menghangatkan hati mereka. Kami juga sangat bersyukur, ini adalah wadah dalam menjalin jodoh baik dengan banyak orang, bisa mengisi hari dengan bermanfaat,” kata Lulu.

Laksmi Widyastuti, Wakil Koordinator Relawan Pemerhati di Tzu Chi Hospital (memegang mic) ditemani Lulu Jong (sebelah kanan Laksmi), serta relawan pemerhati Tzu Chi Hospital berbagi kisah bahagia memberikan pelayanan di Tzu Chi Hospital.

Adanya relawan pemerhati diyakini membantu sebagian pekerjaan non-medis sehingga kebutuhan pasien terpenuhi secara menyeluruh. Itu satu hal yang dipercaya membuat pasien menjadi nyaman dan memberikan respon positif kepada Tzu Chi Hospital.

“Kami nggak jarang dapat dua jempol dari pasien kalau ketemu. Mereka bilang, pelayanannya best!” kata Lulu semangat, “rasanya senang ya. Bukan senang karena semata-mata dipuji, tapi senang karena cinta kasih, kehangatan, dan kepedulian kita sampai dan dirasakan lho sama mereka.”

Mengisi Diri dengan Semangat Tzu Chi
Sementara itu, Liu Su Mei, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memuji capaian Tzu Chi Hospital dimana selama satuu tahun ini sudah berusaha menjalankan operasional rumah sakit dengan sebaik mungkin. “Hari ini kita merayakan Ultah rumah sakit dengan senang. Kita bisa mempunyai dokter yang baik, perawat yang baik, ada pendampingan dari relawan juga, sehingga Tzu Chi Hospital bisa menjadi rumah sakit yang benar-benar hangat dan penuh cinta kasih. Saya berharap satu tahun ke depannya, rumah sakit kita bisa lebih baik lagi,” tutur Liu Su Mei.

Liu Su Mei juga mengucapkan terima kasih kepada relawan yang telah mengajarkan semangat Tzu Chi di rumah sakit dimana menjadi tempat bagi para dokter, perawat, staf di rumah sakit juga berasal dari latar belakang berbeda-beda. Liu Su Mei menekankan, “Ini adalah soft power Tzu Chi.”

Di akhir pesannya, Liu Su Mei menambahkan, “Master Cheng Yen (pendiri Tzu Chi) juga berpesan, kata kunci dari kesuksesan Indonesia adalah harmonis, bersatu hati, dan yang paling penting adalah ketulusan. Untuk itu, kita jangan terlalu berbangga diri, tapi kita terus mawas diri dan berbuat lebih banyak lagi, lebih mantap lagi untuk masa depan yang lebih baik lagi.”

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

First Step for a Better Future

First Step for a Better Future

18 Juni 2024

Tzu Chi Hospital merayakan hari ulang tahunnya yang pertama. Dengan tema First Step for a Better Future, kebahagiaan menyelimuti seluruh jajaran direksi, dokter, perawat, juga insan Tzu Chi Indonesia. Semoga langkah pertama ini menjadi awal yang baik untuk ke depannya. 

Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -