Green Point Solusi Masalah Sampah Perbankan

Jurnalis : Hidayat Sikumbang (DAAI TV), Fotografer : Lily Hermanto (Tzu Chi Medan)

Sylvia memperkenalkan Tzu Chi Medan kepada pegawai OCBC NISP Polonia.

Persoalan sampah masih menjadi pekerjaan rumah di setiap daerah. Sumatra Utara, memiliki total volume sampah 3,69 juta ton per tahun. Persoalan ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatra Utara pada 2020 lalu. Pemprov menyebut, produksi sampah yang mencapai 10.091 ton per hari ini, baru bisa tertangani dengan signifikan baru 11% saja.

Untuk mengentaskan masalah yang pelik ini, relawan Tzu Chi Medan bersama Bank OCBC NISP Medan Polonia mendirikan titik daur ulang, atau yang biasa dikenal dengan istilah Green Point di areal perkantoran OCBC NISP Medan Polonia pada Jumat (6/8) tahun 2022. Kehadiran titik daur ulang ini, diharapkan mampu meminimalisir limbah daur ulang seperti kertas, styrofoam, hingga botol plastik.

Kehadiran titik daur ulang ini sudah dinantikan sangat lama oleh Sukarman, Pimpinan Wilayah OCBC NISP Medan Polonia. Akan tetapi, ketika hendak menginisiasi peresmian titik daur ulang ini selalu saja terhalang karena pandemi yang beberapa kali menerpa.

Tony menjelaskan urgensi pelestarian lingkungan kepada pegawai OCBC NISP Polonia.

Relawan Tzu Chi Medan dan Pegawai OCBC NISP melakukan isyarat tangan bersama-sama.

“Kami sangat gembira sekali, di mana hari ini, titik daur ulang ini sudah ditaruh di kantor OCBC NISP. Saya sangat bersyukur, di mana pelestarian ini adalah misi dan tanggung jawab semua manusia. Dengan adanya titik green point ini, bisa menjadi awal yang baik untuk karyawan, dan berlanjut ke keluarga, dan ke masyarakat,” ungkap Sukarman.

Henny Teh, selaku penanggung jawab kegiatan dan relawan Tzu Chi Medan mengungkapkan, kehadiran titik daur ulang ini adalah titik yang ke-34. Selanjutnya, Henny berharap lebih banyak lagi pihak-pihak yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar dengan menggandeng Tzu Chi untuk sama-sama membuat perubahan positif sesuai dengan misi Tzu Chi dalam melestarikan lingkungan.

“Ini merupakan green point yang ke-34 yang sudah dikolaborasikan Tzu Chi (di Sumatera Utara). Mereka sangat antusias ya, dan sudah menantikan ini cukup lama. Harapan kita, agar seluruh pegawai bisa sadar akan pelestarian lingkungan. Dan ini sesuai dengan misi Tzu Chi dan harapan Master Cheng Yen,” ungkap Henny.

Lokasi green point di OCBC NISP Polonia.

Relawan Tzu Chi Medan dan Pegawai OCBC bersukacita menyambut dibukanya green point di sekitar kantor mereka.

Relawan Tzu Chi, terus menggandeng berbagai instansi untuk bergerak aktif dalam pelestarian lingkungan. Dalam ceramahnya, Master Cheng Yen selalu menghimbau agar seluruh umat manusia di dunia untuk sadar bahwa bumi sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Untuk itu, Master Cheng Yen menginginkan relawan agar mempunyai tekad, kekuatan, dan peduli serta ikut serta dalam mewujudukan misi melestarikan lingkungan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Pelestarian Lingkungan di Pulau Gusung

Pelestarian Lingkungan di Pulau Gusung

13 Oktober 2016
Tzu Ching (muda mudi Tzu Chi) Makassar menggelar kegiatan pelestarian lingkungan di Pulau Gusung, 8 dan 9 Oktober 2016. Kegiatan yang mengusung tema Mengubah Sampah Menjadi Emas, Emas Menjadi Cinta Kasih ini diikuti sebanyak 47 relawan dari berbagai universitas yang ada di Makassar.
Menggalakkan Titik Pengumpulan Daur Ulang

Menggalakkan Titik Pengumpulan Daur Ulang

25 September 2018

Tzu Chi Medan dewasa ini telah mempunyai tujuh Depo Pelestarian Lingkungan yaitu Depo Pelestarian Lingkungan di Kompleks Cemara Asri, Depo Mandala, Depo Titi Kuning, Depo Binjai. Tiga Depo lagi berada di luar kota yaitu Depo Pelestarian Lingkungan Tebing Tinggi, Pematang Siantar, dan Kisaran. Mengapa Tzu Chi Medan membangun titik pengumpulan daur ulang?

Harapan dan Semangat Baru untuk Pelestarian Lingkungan

Harapan dan Semangat Baru untuk Pelestarian Lingkungan

21 Maret 2019

Minggu, 24 Februari 2019 relawan Tzu Chi He Qi Pusat melakukan pemilahan barang daur ulang di titik baru kegiatan pelestarian lingkungan yang berlokasi di lahan parkir rumah makan vegetarian Yang Sen, Sunter, Jakarta Utara.

Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya; kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -