Ingin Tahu, Para Mahasiswa National Defense Medical Center Berkunjung ke Tzu Chi Indonesia

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah

Tak lupa Dokter Wiliam mengajak para mahasiswa berkeliling melihat berbagai peralatan medis di Tzu Chi Hospital.

Eksistensi Tzu Chi Indonesia yang mampu berkolaborasi dengan pemerintah dan unsur masyarakat yang mayoritas Muslim memantik rasa ingin tahu para mahasiswa National Defense Medical Center, Taiwan untuk bertandang. Tiba di Tzu Chi Center, PIK, Selasa 23 Juli 2024, para mahasiswa dan dosen ini mengunjungi Tzu Chi Hospital, lanjut ke Aula Jing Si Indonesia.

Dokter Wiliam, Asisten Kepala Bagian Pelayanan Medis Tzu Chi Hospital berbagi tentang company profile Tzu Chi Hospital. Ia juga bercerita bahwa staf Tzu Chi Hospital turut menggiatkan pelestarian lingkungan serta melakukan kunjungan kasih ke rumah-rumah pasien.

“Tzu Chi Hospital didirikan bukan untuk prestise, tapi kami di sini untuk menolong orang-orang sekitar. Jadi makanya kenapa kami bisa diterima di lingkungan sekitar ya karena memang tujuannya menolong orang,” kata Dokter Wiliam menjelaskan bahwa Tzu Chi Hospital dijalankan berdasar cinta kasih.

Para mahasiswa ini sangat bersemangat menyimak penjelasan tentang kontribusi Tzu Chi membantu masyarakat.

Di Aula Jing Si, para mahasiswa mendengar pemaparan dari relawan komite Tzu Chi Indonesia, Cia Wen Yu tentang kiprah Tzu Chi di Indonesia. Para mahasiswa ini juga diajak tur Aula Jing Si, yang mana mereka dapat melihat poster-poster besar yang menceritakan berbagai bantuan Tzu Chi bagi masyarakat Indonesia.

Kevin, mahasiswa semester 5 jurusan kedokteran gigi mengaku terkesan dengan apa yang sudah Tzu Chi Indonesia sumbangsihkan bagi masyarakat. Ia juga terkesan bagaimana Tzu Chi Hospital begitu bermurah hati pada pasien yang sangat membutuhkan bantuan.

Para mahasiswa ini juga merupakan kelompok relawan bernama Rumahku, yang memiliki concern melayani dan membantu para pekerja migran Indonesia di Taiwan.

“Ternyata Tzu Chi Hospital sangat besar. Cakupan layanannya cukup baik, trus juga bisa memberikan subsidi kepada pasien yang sangat membutuhkan. Contohnya tadi dijelaskan ada istri sopir truk yang ingin melahirkan tetapi waktu itu tidak tahu mau ke mana trus dibawa ke Tzu Chi Hospital. Sopir truk takut karena Tzu Chi Hospital sangat mewah mungkin biayanya sangat mahal. Tapi ternyata Tzu Chi Hospital membantunya, jadi segala sesuatunya gratis,”tutur Kevin.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Mengajak Para Lanjut Usia Mengenal Aula Jing Si

Mengajak Para Lanjut Usia Mengenal Aula Jing Si

22 Juni 2017

Untuk mengenal lebih dalam dan lebih dekat tentang Tzu Chi, Tan Guan Nio (69) mengajak  83 umat gereja Santo Yoseph Matraman berkunjung ke Tzu Chi Center, Sabtu, 17 Juni 2017. Umat gereja ini berasal dari komunitas Adi Yuswo atau lebih dikenal dengan komunitas para lanjut usia.

Kunjungan Karyawan PT. Kawan Lama Sejahtera ke Tzu Chi Center

Kunjungan Karyawan PT. Kawan Lama Sejahtera ke Tzu Chi Center

13 Juni 2018
Kuncoro Wibowo, relawan Tzu Chi sekaligus presiden komisaris PT. Kawan Lama Sejahtera, mengajak sebanyak 215 karyawannya berkunjung ke Tzu Chi Center untuk memperkenalkan tentang Tzu Chi.
Mengajak Pasien Mengenal Aula Jing Si

Mengajak Pasien Mengenal Aula Jing Si

12 Januari 2015

Pasien yang berasal dari Rumah Singgah Penyakit Kanker di Slipi dan pasien luar kota yang tengah ditampung di Rusun Cinta Kasih diajak ke Aula Jing Si selain untuk memberikan suasana baru diharapkan agar pasien dapat lebih mengenal Tzu Chi. 

Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -