Jumat Bersih Menambah Nyamannya Rumah Ibadah

Jurnalis : Nurhayati Monita (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Tyas Ayu Rahadila (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Irsyan, imam masjid Pondok 2 turut membersihkan masjid bersama relawan. Membersihkan masjid ini ditujukan agar warga sekitar masjid bisa melakukan salat dengan khusyuk.

“Menyayangi dan merawat benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas.”
(kata perenungan Master Cheng Yen)

Jumat sore yang cerah dimanfaatkan oleh relawan lintas iman dari Xie Li Kutai Barat (Kubar) wilayah 3 untuk menebar benih cinta kasihnya. Jumat (5/4/24), bertepatan dengan hari ke-25 Ramadan relawan melakukan kegiatan Jumat bersih di Masjid Pondok 2 Sungai Basung Estate (SBAE). Kegiatan ini untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri yang tidak terasa 5 hari lagi tiba. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat toleransi umat beragama.

Relawan segera memasuki perkarangan masjid disambut oleh senyuman Irsyan, imam masjid. “Silahkan masuk ibu-ibu,” sapa Irsyan. “Iya pak, kami relawan Tzu Chi sore ini akan melakukan jumat bersih untuk membersihkan masjid kita pak ustad,” jawab Susan sembari memperkenalkan dan memberi tahu tujuan kegiatan hari ini.

Karpet masjid dibersihkan relawan dengan vacuum cleaner agak kebersihan masjid lebih maksimal.

“Alhamdulillah sekali bu, 5 hari lagi kami melaksanakan sholat Idul Fitri di sini,” jawab Irsyan. “Iya Pak Ustaz, untuk menyambut Idul Fitri kami para relawan Dharma Wanita (Dhawa) ingin melakukan kegiatan yang bisa bermanfaat, masjid yang bersih pasti akan meningkatkan kenyamanan ibadah,” jawab Susan dengan ramahnya. “Iya Bu, apalagi ini adalah malam-malam terakhir Ramadan, pasti jemaah bisa nyaman dalam meraih Laaitul Qadr,” ucap Irsyan. “Iya Pak Ustaz semoga banyak pahala yang didapatkan,” sambung Susan sambil tersenyum.

Kegiatan Jumat bersih pun dimulai dengan melakukan pembersihan dalam masjid. Karpet sejadah untuk salat dibersihkan dengan vakum dan disapu dengan sapu lidi agar lebih bersih. Langit-langit juga dibersihkan. Lantai disapu lalu dipel dengan air yang dicampur karbol. Kaca jendela dilap dari debu dan kotoran. Halaman pekarangan masjid dibersihkan dari rumput-rumput liar dan sampah.

Beberapa relawan tengah menjalankan ibadah puasa. Namun hal ini tidak menghalangi semangat membersihkan masjid.

Selain di masjid, relawan juga bersama membersihkan pekaranan perumahan warga.

Tak terasa hari semakin petang. Waktu maghrib dan berbuka puasa hampir tiba. Masjid pun telah selesai dibersihkan. Lantunan ayat suci Al-Qur’an dari pengeras suara di masjid berkumandang, tanda adzan magrib segera tiba. Sebelum berpamitan pulang, Susan sebagai Ketua Dharma Wanita Kubar dan Panji menyerahkan beberapa makanan dan minuman untuk takjil buka bersama jamaah masjid.

“Mohon diterima Pak Ustaz makanan berbuka dari kami untuk para jemaah salat magrib di sini,” ucap Susan. “Alhamdulillah terima kasih banyak Tzu Chi, semoga Allah balas kebaikan ibu bapak semua,” jawab Irsyan, imam masjid.

Sebelum pulang para relawan menyempatkan untuk membersihkan halaman pekarangan rumah karyawan, berharap kegiatan bersih-bersih ini akan dicontoh kepada seluruh karyawan lainnya, sehingga tercipta perumahan yang bersih dan sehat. Selesai kegiatan para relawan pulang dengan senang dan siap-siap untuk berbuka puasa. Harapannya semoga rumah ibadah selalu terjaga kebersihannya, sehingga para jemaah yang beriabadah dapat merasa nyaman dan lebih bersemangat dalam beribadah.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Jumat Bersih untuk Lingkungan Sehat

Jumat Bersih untuk Lingkungan Sehat

05 Januari 2024

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 menjalankan program Jumat Bersih di Pondok 1 Muara Dua.

Jumat Bersih Menambah Nyamannya Rumah Ibadah

Jumat Bersih Menambah Nyamannya Rumah Ibadah

07 Mei 2024

Relawan Xie Li Kutai Barat (Kubar) bergotong royong membersihkan Masjid Pondok 2 Sungai Basung Estate di Kutai Barat untuk semakin menambah kenyamanan dalam beribadah.

Jumat Bersih Bersama Tzu Chi

Jumat Bersih Bersama Tzu Chi

21 Februari 2017

Guna meningkatkan kesehatan dan kebersihan serta mencegah perkembangan nyamuk Aedes Aegypti, para relawan beserta warga pondok 1 di Bukit Subur, Kalimantan Timur bersama-sama berpartisipasi dalam kegiatan Jumat Bersih pada tanggal 27 Januari 2017.

Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -