Kebahagiaan Ganda dari Berdonor Darah

Jurnalis : Sufenny (He Qi Muara Karang) , Fotografer : Sufenny, Meta (He Qi Muara Karang)

Sebanyak 131 orang berhasil mendonorkan darahnya. Mereka pun menerima goodie bag berupa vitamin dan susu, yang dapat membantu menggantikan cairan yang hilang akibat donor darah serta mengembalikan kekuatan dan energi.

Komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Muara Karang bekerjasama dengan PMI Jakarta Barat mengadakan donor darah di Tzu Chi Hospital PIK, Jakarta Utara, Sabtu 14 September 2024. Donor darah yang berlangsung mulai pukul 8-12 WIB ini diikuti oleh 177 peserta. Sebanyak 131 orang pun berhasil mendonorkan darahnya.

Andy Wahad sudah 76 kali mendonorkan darahnya, sejak tahun 2007 hingga sekarang.

Andy Wahad, salah seorang donor yang bergolongan darah O+, telah 76 kali mendonorkan darahnya dan telah mendapatkan pin dari PMI. Satu buah pin bertanda 10 kali berdonor, 1 buah pin bertanda 25 kali berdonor dan 1 buah pin bertanda 50 kali berdonor, yang disimpannya sebagai kenang-kenangan.

Niatnya berdonor berdasarkan pengalaman buruknya di tahun 2007, ketika ibunya sedang membutuhkan darah, namun selama 2 hari belum juga mendapatkan kantong darah. Akhirnya Andy mendonorkan darah untuk ibunya sehingga ibunya sehat kembali. Berawal dari sini, Andy rutin berdonor untuk menolong orang-orang yang membutuhkan darah.

Veronika mendapatkan double happiness, dengan mendonorkan darahnya bagi yang membutuhkan, serta merasakan manfaat bagi tubuhnya sendiri serta mendapatkan pemeriksaan darah secara gratis.

Donor darah ini sukses berkat kerjasama dari 34 relawan, 10 murid Tzu Chi School dan 10 petugas dari PMI Jakarta Barat.

Ada pula Veronika Sisilia Anggraini Utama (30), seorang ahli gizi. Kesehariannya menentukan kalori makanan bagi pasien Tzu Chi Hospital setiap hari. Sejak kuliah ia sudah sering berdonor. Jika syarat terpenuhi seperti HB cukup dan tekanan darah bagus, dia pasti mendonorkan darahnya. Alasan utama mendonorkan darahnya, ketika masa-masa kuliah, karena dapat pemeriksaan darah secara gratis, begitu pemikirannya. Karena dengan mendonorkan darahnya, tentu PMI akan memeriksa terlebih dahulu, apakah darahnya layak digunakan. Jika ada masalah, tentu PMI akan memberitahu. Sedangkan manfaat yang dirasakan setelah berdonor, badan terasa lebih ringan.

"Saya mendapatkan double happiness, dengan mendonorkan darah, bermanfaat bagi yang membutuhkan. Saya juga merasakan manfaat bagi tubuh serta mendapatkan pemeriksaan darah gratis,” ujar Veronika Sisilia tersenyum bahagia.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berdonor untuk Kesehatan

Berdonor untuk Kesehatan

17 November 2022

Tzu Chi Medan menggelar donor darah di Depo Pelestarian Lingkungan Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara, 6 November 2022. Tidak hanya masyarakat sekitar, insan Tzu Chi juga turut mendonorkan darahnya.

Bersumbangsih Membantu Sesama

Bersumbangsih Membantu Sesama

02 Mei 2016

Relawan Tzu Chi Sinar Mas mengadakan kegiatan donor darah yang diikuti oleh 97 orang pada 21 April 2016. Kegiatan penuh cinta kasih ini membuktikan bahwa bersumbangsih bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tidak harus dalam bentuk materi.

Siklus Cinta Kasih di Tanjung Pinang

Siklus Cinta Kasih di Tanjung Pinang

03 Juni 2014
Pada setiap kegiatan donor darah, relawan selalu memperkenalkan Tzu Chi kepada para peserta melalui kisah Master Cheng Yen beserta Celengan Bambu. Setelah mendengarkan kisah awal Tzu Chi dan Master Cheng Yen, mereka juga diajak untuk menanamkan kebiasaan ‘1 hari 1 kebajikan’ melalui celengan bambu.
Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -