Kebahagiaan Warga Pancur di Serang Terima Paket Lebaran Tzu Chi

Jurnalis : Khusnul Khotimah , Fotografer : Khusnul Khotimah
Relawan Tzu Chi dan prajurit TNI begitu ringan tangan membantu Hasarudin, membawakan paket lebaran yang ia terima hingga ke rumahnya.

Kokok ayam terdengar bersahutan ketika Hasarudin (47) berjalan pulang dengan tongkat bambunya, dari masjid yang tak jauh dari rumahnya di Desa Pancur, Kecamatan Taktakan, Serang. Glaukoma telah merampas penglihatannya.

Pada Oktober 2019, Glaukoma mulai menyerang mata Hasarudin, terutama mata kiri. Tahun 2021, ia sempat menjalani operasi untuk mata kanannya dan berhasil. Namun sebuah insiden terjadi, saudaranya yang saat itu marah memukul dan mengenai mata kanannya. Mulanya samar-samar namun kemudian menjadi gulita. Tak hanya perasaannya yang hancur, ekonomi keluarganya pun limbung karena ia tak bisa bekerja lagi.

“Kadang-kadang saya menangis di dalam batin. Anak masih sekolah, berhenti dua-duanya yang nomer 1 dan 2.  Yang satu masuk SMA, saya pas kena musibah, mengundurkan diri anak itu. Satu lagi di pesantren enggak terus lagi melihat orang tua tidak ada penghasilan, dia kasihan,” tuturnya lirih.

Sementara si bungsu saat ini kelas 4 SD. Hasarudin berharap pihak sekolah dapat memberikan keringanan agar ia tak bernasib sama seperti kedua kakaknya. Sebelumnya Hasarudin bekerja sebagai tukang parkir di Kawasan Pocis. Kini istrinya lah yang menjadi tulang punggung keluarga, sebagai buruh cuci dan gosok.

Tak banyak yang bisa dilakukan Hasaruddin saat ini selain berdiam di rumah, mencuci baju, masak air, dan menanam singkong. Namun ia juga bersyukur masih bisa berjalan ke masjid untuk menunaikan salat lima waktu.

Hasarudin berharap suatu hari akan ada jalan yang memungkinkannya untuk operasi mata kanan sehingga dapat kembali bekerja. Ia optimis mata kanannya masih dapat diobati.

“Masih ada harapan mata yang kanan ini. Berhubung tidak ada uang, ya saya.. InsyaAllah (yakin), namanya ikhtiar,” tambahnya.

Setibanya di rumah, rupanya sang cucu telah menunggunya. Cucu dari keponakannya itu hendak mengantarnya mengambil bantuan paket lebaran di SDN Pancur. Setibanya di SDN Pancur pada pukul 8.30 pagi, warga lainnya juga sudah berdatangan. Hari itu, Minggu 26 Maret 2023, komunitas relawan Tzu Chi dari He Qi Tangerang membagikan 810 paket lebaran untuk warga Kelurahan Pancur.

Melihat Hasarudin dan cucunya tiba di SDN Pancur sembari menunjukkan kupon, seorang relawan Tzu Chi dan anggota TNI bergegas menuntunnya berjalan. Mereka juga membawakan paket lebaran yang Hasarudin terima itu hingga ke rumahnya. Paket tersebut berisi 10 kilogram beras dan 20 bungkus DAAI Mie.

Alhamdulillah dikasih rejeki, bisa dimasak selama 10 hari. Saya enggak bisa ngomong apa-apa ya, saya terima kasih sekali,” tutur Hasaruddin yang tampak berkaca-kaca. Bantuan ini begitu berharga baginya.

Syahroni mengapresiasi cinta kasih universal yang ditunjukkan para relawan Tzu Chi.

Warga lainnya adalah Syahroni (40) yang merupakan guru mengaji. Ia sangat mengapresiasi kebaikan para relawan Tzu Chi yang membantu warga Pancur melalui paket lebaran ini.

“Dalam Islam itu harus saling tolong menolong, jadi memang sangat dianjurkan. Apalagi kayak sekarang ini kan usaha kadang-kadang agak susah. Jadi yang sangat membutuhkan ya sangat senang dengan adanya ini,” katanya.

Bahu Membahu Dalam Kebajikan

Kelurahan Pancur dipilih sebagai lokasi penyaluran paket lebaran oleh komunitas He Qi Tangerang mengingat di kelurahan ini banyak warga yang secara ekonomi membutuhkan uluran tangan.

Mahdi, Lurah Taktakan hari itu tersenyum begitu semringah. Ia sangat bahagia menyaksikan ratusan warganya pulang membawa paket lebaran dari Tzu Chi. 

“Kebetulan bulan ini bulan suci Ramadan, masyarakat sedang butuh-butuhnya, yang namanya sembako dan beras ini Alhamdulillah ada yayasan yang bisa memberikan bantuan kepada warga kami. Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali,” ujarnya.

Mahdi menuturkan, mayoritas warga penerima paket lebaran ini adalah buruh harian, baik sebagai buruh petani, asisten rumah tangga, maupun yang berjualan asongan di pasar.

“Terima kasih kepada para relawan, mudah-mudahan upaya mereka dicatat sebagai amal ibadah mereka, apresiasi saya kepada para relawan,” sambungnya.

Ada pemandangan yang sungguh elok pada pembagian paket lebaran ini. Sebanyak 15 prajurit TNI dari Koramil Taktakan tampak tak kenal lelah memindahkan 810 paket lebaran meski keringat bercucuran di kening mereka. Para relawan dari komunitas He Qi Tangerang yang pada pembagian paket lebaran ini kebanyakan wanita pun merasa sangat terbantu.

“Kalau sudah urusan membantu masyarakat, wajib hukumnya untuk semangat. Di sini kami diperintahkan Dandim (Komandan Kodim -red) untuk pendampingan. Bagi saya (pembagian paket lebaran) ini juga bisa jadi contoh, para relawan ini langsung terjun ke masyarakat, sehingga sampai pada yang berhak mendapat bantuan ini. Ini sangat mengena," kata Danramil 0602-04/Taktakan Kapten Inf Farid.

Mahdi, Lurah Taktakan bersyukur warganya mendapatkan paket lebaran dari Tzu Chi.

Kekompakan para relawan Tzu Chi, prajurit TNI, anggota polisi juga dan pihak kelurahan.

Pembagian paket lebaran yang berjalan sangat lancar ini juga tak lepas dari dukungan penuh Polsek Taktakan.

“Polsek Taktakan bekerja sama dengan Koramil Taktakan berterima kasih kepada Tzu Chi yang sudah hadir di masyarakat kami di Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan untuk memberikan sembako lebih dari 800 paket sehingga masyarakat kami sangat terbantu dengan peran serta dari yayasan ini,” ujar Kapolsek Taktakan AKP Makhrus Ngubaidah.

AKP Makhrus Ngubaidah juga berharap di tahun-tahun mendatang, Tzu Chi dapat kembali menyalurkan bantuan ke kelurahan-kelurahan lainnya Kecamatan Taktakan.

Sementara itu, kelegaan tampak di wajah Viona, relawan yang adalah koordinator penyaluran paket lebaran di Kelurahan Pancur ini. Kelancaran pembagian paket lebaran ini membuatnya bahagia karena warga yang hampir semuanya berpuasa ini tak perlu berlama-lama antre dan berpanas-panasan.

“Yang saya rasakan walaupun capek tapi saya senang karena masayarakat di sini juga senang menerima ini. Saya berharap setelah menerima ini, mereka lebih mengenal Tzu Chi. Dan untuk kedepannya itu kami bisa melakukan banyak kegiatan di sini,” pungkas Viona.

Editor:  Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2016

Paket Lebaran 2016

27 Juni 2016
Memahami kesulitan masyarakat kurang mampu, Tzu Chi memberikan bantuan berupa sembako murah kepada masyarakat.
Pembagian 650 Paket Sembako Ramadan untuk Warga Jembatan Besi

Pembagian 650 Paket Sembako Ramadan untuk Warga Jembatan Besi

10 April 2023

Sebanyak 650 paket Lebaran diberikan kepada warga Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. Sekolah Candra Naya menjadi tempat pembagian kupon, juga tempat pembagian paket.

Bantuan Cinta Kasih untuk Guru Mengaji dan Marbot Masjid

Bantuan Cinta Kasih untuk Guru Mengaji dan Marbot Masjid

02 Mei 2023
Bulan Ramadan dimanfaatkan relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung untuk memberi perhatian kepada guru mengaji dan marbot masjid di Desa Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan.
Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -