Layanan Kesehatan bagi Warga Desa Tanjung Miring

Jurnalis : Isywalsyah Lani (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : Kent Ewaldo Nasson, Isywalsyah Lani (Tzu Chi Sinar Mas)

Bakti sosial ini melayani 180 pasien dengan rentang usia beragam dari anak-anak, dewasa hingga lansia.

“Daripada melewati satu hari dengan sia-sia, lebih baik menggunakan satu detik untuk hal yang bermanfaat.”
(Kata Perenungan Master Chen Yeng)

Hujan mengguyur Desa Tanjung Miring pada Kamis pagi (12/9/24). Namun kondisi ini tak menyurutkan relawan Tzu Chi di Xie Li Sumatra Selatan (Sumsel) 1 mengadakan bakti sosial pengobatan umum. Warga juga sudah berkumpul menanti kedatangan relawan dan para dokter.

Ini adalah kedua kalinya relawan mengadakan bakti sosial bagi warga Desa Tanjung Miring. Desa Tanjung Miring yang berada di Kecamatan Rambang Kuang, Kabupaten Ogan Ilir merupakan salah satu desa yang letaknya tak jauh dari operasional PT Bumi Sawit Permai (BSP). Sebanyak 15 relawan berbagi tugas memberikan pelayanan kesehatan. Mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, penebusan resep obat, hingga memberikan santap makan vegetarian kepada warga yang memeriksakan kesehatannya.

Dokter Chandra memeriksa kesehatan warga desa.

Dokter Waston Ade Chandra yang merupakan dokter region Sumsel 1 memimpin langsung bakti sosial ini. Dibantu dr. Alfia dan dr. Tere yang berasal dari RSUD Prabumulih, bakti sosial ini berhasil melayani 180 pasien dengan rentang usia beragam, mulai anak-anak, dewasa hingga lansia.

Bisa kembali memberikan layanan kesehatan bagi warga Desa Tanjung Miring membawa kebahagiaan tersendiri bagi relawan. “Ini kedua kalinya kami melayani kesehatan Warga Desa Tanjung Miring. Meski hujan tapi mereka tetap antusias datang memeriksakan kesehatannya. Semoga dengan kegiatan bakti sosial ini kami dapat membantu menjaga kesehatan warga di desa ini. Dan semoga kegiatan seperti ini dapat terus berkesinambungan kami lakukan,” ujar Heriyanto, relawan Xie Li Sumsel 1 yang juga Estate Manager PT Bumi Sawit Permai.

Relawan memayungi warga yang sudah selesai memeriksakan kesehatan mereka dan hendak kembali pulang.

Pengobatan kesehatan yang diberikan relawan disyukuri warga, salah satunya Amri. “Terima kasih kepada PT Bumi Sawit Permai dan Tzu Chi yang telah membantu masyarakat Desa Tanjung Miring untuk pengobatan gratis ini,” tuturnya.

Hujan yang mengguyur sepanjang bakti sosial tidak saja menyejukkan Desa Tanjung Miring yang sudah lama kemarau, namun juga membawa kesejukan di hati relawan yang bersumbangsih hari itu.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Baksos Kesehatan ke-135 Tzu Chi Berlangsung di Palembang

Baksos Kesehatan ke-135 Tzu Chi Berlangsung di Palembang

05 Desember 2022
Relawan Kantor Penghubung Tzu Chi Palembang bersama Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Indonesia yang bekerjasama dengan RS. Bhayangkara Moh. Hasan Palembang mengadakan baksos kesehatan ke-135.
Bakti Sosial dan Bantuan Beras untuk Warga Kampung Warung Loa

Bakti Sosial dan Bantuan Beras untuk Warga Kampung Warung Loa

10 September 2024

Relawan Tzu Chi dari Bank Sinarmas menggelar bakti sosial kesehatan umum dan bantuan beras 5 kg bagi warga Kampung Warung Loa, Desa Sukaluyu, di Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, Minggu (25/8/24).

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-142 di Lampung: Pterygium Hilang, Senyum Sumiyati pun Mengembang

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-142 di Lampung: Pterygium Hilang, Senyum Sumiyati pun Mengembang

05 Desember 2023

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-142 kembali diadakan di Kota Lampung. Sebanyak 269 pasien katarak, pterygium, hernia, benjolan, serta bibir sumbing berhasil ditangani dalam baksos yang diadakan di RS Budi Medika Lampung.

Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -