Layanan Kesehatan Bagi Warga Korban Banjir

Jurnalis : Veronika (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Veronika (Tzu Chi Singkawang)

Relawan Tzu Chi dan TIMA Singkawang bersama mengadakan pelayanan kesehatan untuk warga yang terdampak banjir di kawasan bantaran sungai Komplek Pasar Baru, Kelurahan Pasiran, Singkawang.

Pada Rabu, 22 Maret 2023 TIMA Singkawang bersama relawan Tzu Chi Singkawang mengadakan pelayanan kesehatan untuk warga yang terdampak banjir di sebagian Kota Singkawang. Pelayanan ini menyasar khususnya warga dari kawasan bantaran sungai Komplek Pasar Baru, Kelurahan Pasiran, Singkawang.

Hingga pertengahan bulan Maret 2023, banjir masih melanda kawasan bantaran sungai Komplek Pasar Baru. Hal ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan warga yang tinggal di daerah terdampak banjir dan sekitarnya. Dengan curah hujan yang cukup tinggi, banjir di kawasan tersebut masih terpantau tinggi ketika relawan Tzu Chi Singkawang mengunjungi rumah-rumah warga sebelumnya pada Sabtu, 18 Maret 2023.

Sebanyak 160 warga yang terdiri dari balita, anak-anak, orang dewasa, hingga para Lansia mendaftar untuk mendapatkan layanan kesehatan dari Tzu Chi Singkawang.  

Setelah sebelumnya juga memberikan bantuan makanan dan logistik, TIMA Singkawang beserta relawan Tzu Chi Singkawang kemudian juga berinisiatif untuk melakukan pelayanan kesehatan gratis bagi warga daerah terdampak banjir tersebut.

Sejak pagi warga mulai memadati meja pendaftaran pemeriksaan kesehatan gratis Tzu Chi Singkawang. Dipandu oleh relawan, warga dengan tertib menerima rangkaian pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh TIMA Singkawang. Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan yaitu tensi darah, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dengan para dokter, pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan gula darah, serta pembagian obat-obatan gratis.

Tim Medis TIMA Singkawang memeriksa kondisi salah satu warga bantaran sungai Komplek Pasar Baru yang terdampak banjir.

Sebanyak 160 warga Komplek Pasar Baru yang dilayani terdiri diantaranya balita, anak-anak, orang dewasa, hingga para Lansia. Selain melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan gratis, relawan Tzu Chi Singkawang juga membagikan makanan ringan kepada warga sambil menunggu giliran pemeriksaan oleh tim TIMA Singkawang.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bantuan Bencana Banjir Desa Jak Luay

Bantuan Bencana Banjir Desa Jak Luay

31 Mei 2022

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Timur 2 menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Desa Jak Luay, Kecamatan Muara Wahau.

Banjir Sentani: Perhatian Bagi Keluarga Korban Banjir Bandang

Banjir Sentani: Perhatian Bagi Keluarga Korban Banjir Bandang

01 April 2019

Selama dua hari (28 – 29 Maret), relawan Tzu Chi memberikan perhatian kepada 40 keluarga korban meninggal akibat musibah banjir bandang di Sentani, Jayapura, Papua.

Perhatian untuk Korban Banjir Tanjung Balai

Perhatian untuk Korban Banjir Tanjung Balai

21 Desember 2020
Akibat tingginya curah hujan di hulu Sungai Asahan dan jebolnya tanggul pengendali air di Suka Raja, Simpang Empat, Kab. Asahan menyebabkan banjir kiriman di dua kecamatan di Kota Tanjung Balai. 14.340 keluarga terkena dampak dari bencana tersebut. Relawan Tzu Chi Tebing Tinggi dan kisaran segera turun membantu warga. 
Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -