Lebih Sadar untuk Melakukan Deteksi Dini

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah

Caroline Widjanarko, Kepala Sekolah unit Secondary School membuka penyuluhan tentang deteksi dini kanker payudara. Baginya, penyuluhan yang disertai praktik ini sangat bermanfaat baginya dan para guru serta staf di Sekolah Tzu Chi Indonesia.

Semua perempuan wajib tahu tentang dan bagaimana mempraktikkan Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dengan benar dan teratur. Itulah misi Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) yang datang ke Sekolah Tzu Chi Indonesia, memberikan penyuluhan tentang deteksi dini kanker payudara kepada para guru dan staf, Selasa 14 Maret 2023.

“Sehingga bilamana ada perubahan pada payudara, bisa cepat diketahui dan ditindaklanjuti untuk diperiksakan ke dokter. Dan seandainya ternyata itu adalah suatu kanker, kami harapkan itu yang masih dini sehingga bisa sembuh bila dilanjutkan dengan pengobatan,” terang dr. Martha Roida Manurung dari YKPI.

Dengan media peraga, dr. Martha Roida Manurung menjelaskan dengan lebih detil lagi. Penyuluhan ini menyasar kepada semua perempuan di Indonesia.

YKPI sendiri merupakan organisasi nirlaba mitra pemerintah dalam menggalakkan penyuluhan dan penanggulangan kanker payudara di Indonesia. Sebagaimana data dari Pusat Kanker Nasional, jumlah pasien kanker terbanyak di Indonesia adalah kanker payudara. Karena itu sudah selayaknya, para perempuan Indonesia “melek” akan hal ini.

Kanker payudara adalah tumor ganas yang terbentuk dari sel-sel payudara yang tumbuh dan berkembang tanpa kendali sehingga bisa menyebar di antara jaringan atau organ di dekat payudara atau ke bagian tubuh lainnya.

Venny Lukito, guru mata pelajaran Biologi di jenjang secondary mendapatkan banyak pengetahuan yang membuatnya bertekad menerapkan pola hidup yang sehat.

Penyuluhan tentang deteksi dini kanker payudara oleh YKPI ini membuka wawasan para guru dan staf dari Sekolah Tzu Chi Indonesia. Venny Lukito, guru mata pelajaran Biologi di jenjang secondary mendapatkan banyak fakta tentang kanker payudara dan membuatnya bertekad menerapkan pola hidup yang sehat.

“Sesi ini sangat informatif. Meski saya baru di umur 30-an, mungkin bagi para wanita usia muda mengira tidak ada resiko, tapi dari sesi ini saya lebih mengetahui ternyata kanker itu bisa terjadi bahkan ketika kita umur 20-an, 30-an. Dan juga kami diajarkan cara melakukan early screening Sadari, dan perawatan yang tersedia di zaman sekarang ini,” kata Venny.

Penyuluhan ini merupakan kerja sama YKPI dengan TIMA Indonesia. Misi terkait deteksi dini kanker payudara akan berhasil jika semua perempuan dapat berperan serta mengingat kanker payudara menempati urutan nomor satu dengan kasus terbanyak di Indonesia.

Tak hanya membagikan informasi kepada anggota keluarganya yang perempuan, sebagai seorang guru Biologi, Venny juga akan membagikan cara melakukan deteksi awal kanker payudara kepada para siswinya.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

29 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 menggelar penyuluhan kesehatan ibu dan anak di Desa Pantap, Kecamatan Mentaya Hulu. Penyuluhan ini juga disertai pemberian makanan tambahan (PMT).

Bersih dan Sehat Itu Dimulai dari Kita dan Untuk Semua

Bersih dan Sehat Itu Dimulai dari Kita dan Untuk Semua

24 Januari 2024

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masih menjadi perhatian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas. Seperti yang dilakukan relawan di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 yang memberi penyuluhan tentang kesehatan reproduksi di SMP Eka Tjipta Perdana Estate.

Bekal untuk Generasi Sehat dan Cerdas

Bekal untuk Generasi Sehat dan Cerdas

05 Juli 2023

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas dari unit Sungai Perak Estate di Kutai Barat menggelar penyuluhan kesehatan untuk ibu hamil dan ibu yang memiliki balita agar anak-anaknya tumbuh dan berkembang maksimal pada Jumat, 30 Juni 2023.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -