Melawan Rasa Takut untuk Dapat Berdonor Darah

Jurnalis : Tson Rirutolmo Chen (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Tson Rirutolmo Chen (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Minggu, 22 Mei 2022, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan kegiatan donor darah yang dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain yang membutuhkan. Sementara manfaat kesehatan yang didapat oleh pendonor seperti menjaga kesehatan jantung, sirkulasi darah, meningkatkan produksi sel darah merah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, membantu mendeteksi dini penyakit tertentu, dan masih banyak lagi.

Minggu, 22 Mei 2022, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan donor darah. Sebanyak 22 peserta berpartisipasi pada kegiatan ini.

Sebelum mendonorkan darahnya, calon pendonor harus mengambil nomor antrean, dan menunggu untuk dipanggil. Setelah itu melakukan pemeriksaan tensi dan hemoglobin (Hb) yang dilakukan oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI). Dari 22 orang yang mengikuti pemeriksaan, yang berhasil lolos untuk mendonorkan darahnya ada 18 orang.

Lisa yang pertama kali mendonorkan darahnya ini berhasil melawan rasa takutnya terhadap jarum.

Ada beberapa orang yang pertama kali mendonorkan darahnya. Salah satunya Lisa (32) yang mengaku sangat takut dengan jarum, namun ia berhasil melawan rasa takutnya. Awalnya ia diajak oleh temannya yang sudah sering mendonorkan darahnya di Tzu Chi.

“Saya tiba-tiba di-chat sama teman saya katanya ada donor darah di Tzu Chi. Saya sangat takut jarum tapi akhirnya memutuskan untuk coba donor darah, karena jika kita bisa membantu orang lain kenapa tidak,” ucapnya.

Seperti diketahui, banyak sekali orang yang takut dengan jarum, namun ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melawan rasa takut. Salah satunya fokus saja pada dampak positif yang didapatkan dari donor darah, lalu berusaha tenang seperti berbincang dengan petugas.

Nurul Huda, seorang petugas PMI memberikan tips kepada para pendonor untuk melawan rasa takut dengan merubah mindset, bahwa darah yang didonorkan akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang yang membutuhkan.

Hal ini dibenarkan Nurul Huda (22) salah seorang petugas Palang Merah Indonesia (PMI). Menurutnya takut pada jarum merupakan hal yang wajar, kunci utama untuk melawan rasa takut pada jarum tergantung pada mindset seseorang.

“Kalau takut sama jarum wajar, mungkin sebelum donor darah bisa ubah mindset untuk tidak takut jarum, dan merasakan manfaat donor darah,” ungkapnya.

Seperti Kata Perenuangan Master Cheng Yen yang berbunyi, “Tidak memohon segala hal sesuai dengan harapan hanya memohon untuk memiliki cukup banyak keberanian dalam menghadapi kenyataan hidup.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Baksos Donor Darah di Tzu Chi Jambi

Baksos Donor Darah di Tzu Chi Jambi

11 Agustus 2022

Untuk mendukung ketersediaan stok darah ini, relawan Tzu Chi Komunitas Jambi bekerja sama dengan PMI Kota Jambi mengadakan Bakti Sosial Donor Darah pada 7 Agustus 2022 di Gedung Serba Guna Karunia Global School Jambi.

Donor Darah Menuju Pola Hidup Sehat

Donor Darah Menuju Pola Hidup Sehat

22 Desember 2022

Tzu Chi Makasar bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan donor darah di kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar pada 17 Desember 2022. 

Menciptakan Berkah Baru Melalui Donor Darah

Menciptakan Berkah Baru Melalui Donor Darah

26 Maret 2024

Relawan Tzu Chi Tangerang kembali mengadakan kegiatan donor darah bersama Relawan Summarecon Mall Serpong. Kegiatan ini untuk mendukung kebutuhan stok darah di PMI di bulan Ramadan.

Kehidupan masa lampau seseorang tidak perlu dipermasalahkan, yang terpenting adalah bagaimana ia menjalankan kehidupannya saat ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -