Melestarikan Bumi Mensucikan Batin

Jurnalis : Lina N.A (He Qi Pusat), Fotografer : Liany Lie, Setiawati (He Qi Pusat)

Lie Sioe Ing (baju biru) bersama relawan lainnya melepaskan label botol plastik dengan menggunakan cutter.

Relawan komunitas Xie Li Bogor mengadakan kegiatan pelestarian lingkungan dengan melakukan pemilahan barang dan pakaian layak pakai di Depo Pelestarian Lingkungan, Jl. Siliwangi No.97 Bogor, Rabu, 12 Juli 2023. Sebanyak 13 relawan hadir melakukan kegiatan mencintai bumi yang dimulai dari pukul 09.30 hingga 12.00 siang ini.

Relawan mengeluarkan bermacam jenis barang yang dikirim para donatur untuk dipilah di halaman depo. Pemilahan dilakukan sesuai jenis barang seperti botol dan gelas plastik air minum, kardus, kertas dan karton, kantong plastik dan kresek, botol kemasan sampo atau deterjen, ember dan barang plastik lainnya.

Djindy dan Ibu Yenny (orang tua anak asuh) meremas botol agar lebih mudah dalam proses pengepakan di karung. Gerakan ini ternyata juga bermanfaat untuk melatih gerak motorik tangan.

Relawan memeriksa pakaian untuk dipisahkan mana yang masih layak pakai.

Selain bermanfaat untuk mengurangi dampak barang menjadi sampah bagi lingkungan sekitar, melakukan daur ulang juga dapat melatih kesabaran. Dari tumpukan barang yang ada para relawan dengan sabar memilah sesuai jenis. Tidak sampai di situ saja, seperti botol plastik air minum setelah dikumpulkan relawan melepaskan label yang ada, lalu tutup botolnya dikumpulkan secara terpisah. Untuk gelas plastik, relawan menggunakan cutter untuk membersihkan tutupnya.  Tapi selain kesabaran diperlukan juga kehati-hatian dan konsentrasi.

Selanjutnya relawan melakukan pemilahan pakaian layak pakai. Dari banyak pakaian dipilah mana yang masih layak pakai atau pun tidak. Relawan memeriksa satu persatu pakaian dan melipat kembali untuk dikumpulkan dalam keranjang atau karung.  Dengan partisipasi relawan melakukan kegiatan daur ulang, barang dan pakaian dapat dipilah dan dirapikan sehingga bisa bermafaat kembali.

Levina (berdiri) relawan tunas bersama adiknya Mitha membantu memilah kertas di atas meja.

“Kegiatan pelestarian lingkungan seperti ini harus sering disuarakan agar semakin banyak relawan bisa turut berpartisipasi, karena kan dengan kita menjaga kelestarian Bumi kita juga menyucikan batin kita, melatih kesabaran untuk lebih bisa mencintai bumi,” ujar Lie Sioe Ing, Ketua Xie Li Bogor.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Semangat Melestarikan Lingkungan

Semangat Melestarikan Lingkungan

27 Februari 2020

Relawan Tzu Chi Tangerang Xie Li Cipondoh mengadakan Kegiatan Pelestarian Lingkungan sekaligus merayakan HUT ke-2 Titik Pemilahan Barang Daur Ulang di Perumahan ModernLand, Taman Golf 2 Blok AG IV No. 5, Tangerang.

Pelestarian Lingkungan di Bio Hok Tek Tjeng Sin

Pelestarian Lingkungan di Bio Hok Tek Tjeng Sin

27 Juli 2016
Relawan Tzu Chi bersama-sama menlakukan pelestarian lingkungan di halaman Bio Hok Tek Tjeng Sin (klenteng) Kebayoran Lama pada Minggu, 24 Juli 2016. Ini dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global akibat menumpuknya sampah daur ulang. Para donatur juga antusias mengantarkan barang daur ulang milik mereka.
Belajar Banyak Hal dari Kegiatan Pelestarian Lingkungan

Belajar Banyak Hal dari Kegiatan Pelestarian Lingkungan

18 Juli 2022

Berbagai kisah tentang relawan dalam aksinya menjaga bumi melalui pelestarian lingkungan, mereka banyak belajar hal baru yang berguna bagi lingkungan dan masyarakat.

Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -