Memaknai Rasa Syukur Lewat Kunjungan Kasih

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Relawan Tzu Chi Bandung mengunjungi Panti Asuhan Bhakti Luhur Alma, Margaasih, Kab. Bandung. Kehadiran relawan pun menjadi salah satu penghibur bagi para penghuni panti.

Pada Rabu, 26 Juni 2024 Relawan Tzu Chi Bandung mengunjungi Panti Asuhan Bhakti Luhur Alma, Margaasih, Kab. Bandung. Kali ini relawan mengajak serta murid kelas bimbingan budi pekerti sekaligus untuk mengajarkan arti bersyukur atas apa yang telah dimiliki saat ini.

"Kita mau mengajarkan anak-anak lebih bersyukur karena di Panti Alma itu banyak anak yang lebih kekurangan dan anak-anak itu memiliki berkebutuhan khusus dan harus butuh kesabaran yang ekstra. Jadi kita berkeinginan supaya anak-anak Qing Zi Ban dan Tzu Shao bisa melihat secara langsung bagaimana kehidupan dan bagaimana mereka masih bisa bersyukur dengan segala kekurangan,” jelas Intan Vandhery, relawan Tzu Chi Bandung.

Salah satu relawan Tzu Chi Bandung, Intan Vandhery mengajak bercanda salah satu penghuni Panti Asuhan Bhakti Luhur Alma.

Panti Asuhan Bhakti Luhur Alma ini kerap kali selalu dikunjungi oleh Relawan Tzu Chi bahkan merupakan salah satu panti yang menjadi perhatian utama bagi Tzu Chi Bandung. Kepedulian relawan terhadap anak panti membuat kebahagiaan bagi para penghuni. Saking dekatnya relawan dengan mereka, anak-anak relawan juga telah menggapnya sepeti keluar sendiri.

Tidak hanya relawan senior yang begitu senang dengan kunjungan ini, ada salah satu relawan muda yakni Tristan Leander Lie salah satu murid kelas bimbingan budi pekerti yang mengungkapkan kegiatan ini sebagai salah satu tempat untuk berbuat kebaikan.

Tristan Leander Lie, salah satu anak bimbingan kelas budi pekerti bersama relawan sedang menghibur penghuni panti dengan bersentuhan dan berbagi senyum.

“Sangat berkesan bisa mengunjungi panti alma karena bisa menghibur dan bermain bersama mereka. Banyak kegiatan yang kita lakukan disitu, sangat seru ada bernyanyi menari ada juga yang sho yu juga. Sangat berharga bisa menghibur mereka di Panti Alma bisa membuat tertawa dan terhibur. Bangga banget, sebenernya untuk berbuat kebaikan itu susah harus butuh wadah namun di Tzu Chi sudah memberikan wadah ini jadi kita bisa melakukan kebaikan dengan lebih mudah,” kata Tristan bersemangat.

Kunjungan relawan ini juga disambut baik oleh salah satu pengusrus Panti Alma, Monika Sirken. Ia menganggap kunjungan dari para relawan memberkan kebahagian yang begitu besar karean Tzu Chi sudah menjadai bagian keluarga bagi mereka para penghuni panti.

“Saya senang sekali jadi kita seperti keluarga, friendly, dan sangat senang cepat berbaur bersama anak-anak. Yang pasti kami sangat senang sekali karena Tzu Chi sering berkunjung kesini dan itu menjadi sebuah keluarga dan anak anak sangat senang ketika saat datang dan bernyanyi Bersama. Jadi terima kasih sudah mengunjungi kami disini, harapannya Tzu Chi semakin berkembang dan menjadi berkah bagi banyak orang,” ucap Monika Sirken.

Layaknya keluarga sendiri, relawan Tzu Chi Bandung dengan welas asih tak segan-segan memangku dan menimang penghuni Panti Asuhan Bhakti Luhur Alma.

Di akhir kunjungan, para relawan Tzu Chi Bandung mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Satu Keluarga Bersama-sama. Sebelum berpamitan pulang, para relawan juga membagikan bingkisan cinta kasih dan mendoakan penghuni panti selalu dalam keadaan sehat. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini selain menambah rasa syukur dan nilai-nilai kehidupan juga menumbuhkan rasa empati dan welas asih terhadap sesama.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Memaknai Rasa Syukur Lewat Kunjungan Kasih

Memaknai Rasa Syukur Lewat Kunjungan Kasih

05 Juli 2024

Relawan Tzu Chi Bandung mengunjungi Panti Asuhan Bhakti Luhur Alma, Margaasih, Kab. Bandung pada Rabu 26, Juni 2024 dengan mengajak murid kelas bimbingan budi pekerti.

Senyum Terindah Dari Panti Asuhan  Muhammadiyah

Senyum Terindah Dari Panti Asuhan Muhammadiyah

30 Mei 2015

Sebanyak 30 insan Tzu Chi yang dikoordinatori oleh Ami Haryatmi bermain bersama 35 anak panti. Mereka sangat bersukacita. Terlihat pula beberapa anak asuh yang masih jauh di bawah umur yang seyogyanya masih sangat membutuhkan kepedulian dari masyarakat yang peka akan penderitaan mereka.

Pelukan Seorang Ibu yang Dirindukan

Pelukan Seorang Ibu yang Dirindukan

11 Juli 2024

Relawan Tzu Chi di Xie Li Indragiri memberikan bantuan paket sembako, perlengkapan mandi, kebutuhan rumah tangga, buku dan alat alat tulis untuk Panti Asuhan Puri Kasih yang berlokasi di Jalan Sobrantas, Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau.

Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -