Membangun Kedekatan Orang Tua dan Anak

Jurnalis : Robby Mulia Halim (Tzu Chi Medan), Fotografer : Robby Mulia Halim (Tzu Chi Medan)

Tim juri, Rusi (kanan) dan Elsa Huang (kedua kanan), berkeliling dan menghampiri tiap meja serta bertanya jawab dengan peserta sambil memberikan penilaian.

Kelas Kata Perenungan di Tzu Chi Medan mengadakan Lomba Kreasi Jajanan Vegetarian, Minggu (25/8/2024) di Depo Pelestarian Lingkungan Mandala. Ada 11 grup anak-anak dan orang tua yang berpartisipasi dengan menu andalan masing-masing, di antaranya salad buah, salad Thai, shake salad vegetarian, coconut island dan tortilla vegetarian.

“Tujuan utama diadakan lomba ini sebenarnya untuk memupuk keakraban dan kekompakan antara xiao pu sa (murid) dan orang tua mereka, juga momen kebersamaan untuk lebih mendekatkan orang tua dan anak. Sekaligus menggiatkan pola hidup vegetarian yang merupakan bagian dari misi pelestarian lingkungan,” ungkap Meutia, koordinator kegiatan.

Di atas tiap meja telah disediakan celemek untuk anak-anak dan orang tua serta sarung tangan plastik. Semua peserta tampak bersemangat dan siap berkompetisi. Acara dibuka oleh Elisabeth Lily selaku MC merangkap juri.

Silvia Irawaty (kedua kiri), ibu dari Evelyn Honkley (kiri) dan Regina Honkley (ketiga kiri), terkesan dengan kegiatan lomba ini karena dapat membangun kedekatan dan kekompakan dengan anak-anak.

Ju Fang (kanan), ibu dari Edric (kedua kanan) berharap lebih sering diadakan kegiatan yang melibatkan orang tua bersama anak-anak seperti lomba ini.

Setelah perkenalan tim juri dan pengarahan MC mengenai peraturan lomba dan sistem penjurian berupa kategori penilaian dari segi kekompakan, kerapian / kebersihan, penyajian (plating) dan citarasa (taste), lomba pun dimulai dengan durasi 40 menit.  Tanpa membuang waktu, para peserta langsung menyiapkan menu masing-masing. Suasana yang semula hening seketika menjadi riuh. Anak-anak dan ibu dari tiap grup kompak bekerja sama demi mencapai hasil terbaik.

Tim juri yang terdiri dari Rusi, Elsa Huang dan Elisabeth Lily berkeliling menghampiri meja tiap grup untuk memberikan penilaian atas kekompakan dan kerapian sambil bertanya jawab dengan peserta mengenai bahan yang digunakan, persiapan dan cara pengolahannya. Citarasa dan penyajian dinilai setelah menu selesai dibuat.

Dalam kesempatan ini, para peserta diajak menyaksikan demo membuat mi sehat yang dipandu Elisabeth Lily. Mi yang dihasilkan bebas gluten dan bebas kasein sehingga sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi. Setelah pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah kepada para pemenang, acara berakhir dengan penyerahan suvenir kepada peserta lomba, foto bersama dan makan siang bersama.

Salah satu menu kreasi peserta lomba yang dinilai dari kekompakan, kerapian / kebersihan, penyajian (plating) dan citarasa (taste).         

Peserta berkesempatan menyaksikan demo membuat mi sehat.

Lomba Kreasi Jajanan Vegetarian ini memberi kesan mendalam bagi para peserta, salah satunya Silvia Irawaty, ibu dari kakak beradik Regina Honkley (Teen Class) dan Evelyn Honkley (Kids Class). Baginya kegiatan seperti ini merupakan momen quality time dengan anak-anak. Menu yang disajikan dalam lomba ini adalah Coconut Island yang terinspirasi dari media sosial, berupa irisan buah kelapa dan beberapa buah lainnya dalam saos sirsak.

Menurut Silvia, menu ini terbilang unik dan rasanya susah ditebak dari penampilannya. Karena belum pernah mencoba menu ini sebelumnya, sehari sebelum lomba, ia bereksperimen dengan anak-anak dari segi bahan sampai diperoleh citarasa yang sesuai. Ia membagi tugas dengan anak-anak langkah demi langkah sehingga didapat hasil yang maksimal. Kerja sama tim dan koordinasi yang baik dengan anak-anak mengantarkannya meraih peringkat kedua.

Hal yang sama dirasakan Ju Fang, ibu dari Edric (Teen Class) yang juga relawan Tzu Chi sejak akhir tahun 2008. Menu andalannya adalah Salad Thai yang berupa aneka sayuran hijau segar, wortel, tomat ceri, mentimun ditambah sedikit kismis dan rumput laut dibungkus dalam rice paper dan dibalur saos vegan dan mayonais vegan.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba oleh Ketua Hu Ai Mandala, Elsa Huang.

Ketua Hu Ai Mandala, Elsa Huang, yang juga salah satu dari tim juri, sangat mengapresiasi kegiatan lomba ini. Ia terkesan dengan suasana kekompakan dan kebersamaan yang ditunjukkan para murid dan orang tuanya selama lomba berlangsung. “Semoga dengan kegiatan ini xiao pu sa semakin dekat dan kompak dengan orang tuanya dan termotivasi untuk bervegetarian,” kata Elsa.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Belajar Memasak, Makan Cermat, dan Hidup Sehat

Belajar Memasak, Makan Cermat, dan Hidup Sehat

13 September 2024

Belajar memasak dengan Master Chef, Tjoeng Sioe Fong dan Erine Fabiand, Juara II lomba masak Vegetarian di bulan Tujuh Penuh Berkah. Cara Masak Spaghetti Bolognese Vegetarian di Tzu Chi Center PIK Jakarta bersama orang tua murid Kelas Budi Pekerti Tzu Chi.

Relawan Tzu Chi Adu Kebolehan Memasak Vegan, Hasilnya Semua Enak!

Relawan Tzu Chi Adu Kebolehan Memasak Vegan, Hasilnya Semua Enak!

12 Agustus 2024

Menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah, Tzu Chi Indonesia menyelenggarakan Tzu Chi Vegan Cooking Competition 2024 yang merupakan perlombaan memasak menu vegan yang pertama diadakan di Tzu Chi Center.

Berhasil Menang! Inilah Kreasi Tempe Terenak

Berhasil Menang! Inilah Kreasi Tempe Terenak

13 Agustus 2024

Tzu Chi Vegan Cooking Competition 2024 telah menghasilkan 12 menu tempe yang bervariasi dan super kreatif. Walaupun semua tim tampil maksimal, tapi bukan kompetisi namanya kalau tidak ada pemenangnya. Tak perlu berlama penasaran, inilah para juaranya.

Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -